Tuesday, June 5, 2012

Akad KPR

Ahh....Leganya..... usai juga akad KPR hari ini. 5 Juni 2012, Selasa Kliwon. Akhirnya hari ini telah kujalani akad kredit bersama di BTN Ciputat. Sebetulnya hari ini aku dijadwalkan akad kredit pukul 10.00 WIB tapi sekitar pukul 9.30 aku sudah sampai ke BTN Ciputat ditemani teman kantorku.

Sejak pagi saat aku di kantor, aku sangat bersemangat sekali karena momen yang kutunggu-tunggu selama hampir 9 bulan ini semenjak aku booking sebuah rumah di GS 2 akhirnya datang juga. Aku tak menyangka bisa membayar uang muka, BPHTB dan Biaya KPR yang jumlahnya sekitar 125jt walaupun kucicil sampai 5 bulan, sedangkan plafon kreditku sendiri 285jt. Pagi tadi aku mohon izin ke bosku untuk akad kredit, dan beliau pun mengizinkan dan mendukungku.

Setibanya di bagian KPR BTN Ciputat, disitu sudah ada perwakilan dari bagian legal PT ESL dan selang sekitar 10 menit datanglah sang Notaris yang akan mengesahkan berbagai dokumen akad KPR. Sekitar satu jam lebih aku dijelaskan berbagai macam tentang dokumen2, hak-hak pembeli rumah, dan berbagai permasalahan tentang KPR. Sang Notaris pun dengan sabar menjawab setiap pertanyaanku. Beliau memanduku dalam memparaf dan menandatangani berbagai macam dokumen, lembar demi lembar. Beliau juga membacakan sambil meneliti satu persatu dengan mencocokkan KTP-ku dan poin-poin yang tercatat dalam dokumen-dokumen perjanjian.

Satu hal yang tidak sesuai rencanaku dalam akad kredit tadi siang adalah aku tidak bisa langsung menaikkan status tanahku menjadi SHM dari semula SHGB. Menurut notarisnya dikarenakan developernya sendiri yang mengurus balik nama sertifikatnya, sedangkan jika sang notaris mengurusi akad kredit dengan Bank lain dia selalu menyarankan ke pembeli untuk melakukan peningkatan status tanah menjadi SHM. Nah, solusinya katanya besok jika sertifikatnya sudah atas namaku, aku meminta ke pihak Bank untuk meningkatkan status tanah ke SHM namun menunggu sekitar 6 bulan s.d. 1 tahun biasanya.

Usai akad kredit aku menerima surat perjanjian kredit dengan BTN Ciputat dengan berbagai ketentuan yang sangat banyak yang praktis aku tidak sempat membacanya kala itu, karena aku sudah percaya dengan BTN yang sudah berpengalaman dalam pembiayaan KPR. Aku juga mendapatkan surat keterangan pengambilan kunci dari pihal developer yang rencananya akan dilakukan serah terima kunci pada Sabtu, 9 Juni 2012 esok sesuai permintaanku.

Semoga ini menjadi awal yang baik bagi kehidupan rumah tanggaku yang InsyaAllah Juni ini akan dikaruniai seorang bayi mungil yang akan lahir di dunia ini. Amin.

No comments:

Post a Comment