Tuesday, December 25, 2012

Galau Jadi PNS (part 1)


Aku adalah PNS di sebuah Kementerian yang menurut sebagian besar orang dianggap cukup bergengsi di Negeri ini. Sudah hampir 4 tahun ku-'mengabdikan' diri pada institusi ini. Pengalaman-pengalaman baru, ritme kerja yang dinamis (seperti swasta), dan teman-teman dari berbagai latar belakang menemaniku sejak awal 2009 silam.

Kejenuhan seringkali menghinggapi pikiranku. Walaupun sudah termasuk yang terdepan melakukan transformasi birokrasi, sebagai PNS aku masih belum merasa puas dan bangga akan statusku saat ini. Kadangkala terbesit dalam pikiranku untuk meninggalkan pekerjaan ini, namun aku masih gamang untuk menjalani. Bingung mau bisnis apa jika aku keluar dari PNS.

Sebenarnya take home pay-ku sebagai PNS juga sudah cukup lumayan jika dibandingkan dengan PNS lainnya. Gaji, tunjangan, honor-honor mengajar dan kegiatan lainnya sudah pantas untuk hidup layak di kota besar semacam Jakarta. Namun, batinku serasa ingin memberontak untuk mengeluarkan segala kreativitas dan bakatku yang selama ini terpendam rapi dalam sudut otakku agar bisa kukeluarkan untuk modal berwiraswasta.

Berwirausaha tidak semudah kiat-kiat ataupun tips-tips yang sering dikomersilkan dalam di rak-rak toko buku. Banyak yang berhasil dengan wirausaha berawal dari hobi yang ditekuninya. Aku mulai bertanya-tanya, apa hobiku ya? Apa bakatku ya? Apa yang sering membuatku tertarik ya? Apa.... apa????????

Coba aku korek satu per satu hobi, bakat, ataupun sesuatu yang membuatku tertarik:
1. Bercocok tanam
Aku suka akan kegiatan yang satu ini. Dari kecil aku sudah sering menanam mulai dari tomat, bayam, cabe rawit, ataupun melakukan stek tanaman. Aku juga suka membibitkan tanaman-tanaman buah ataupun pohon-pohon lainnya untuk kemudian menanamnya.
2. Menulis di Blog
Sejak mahasiswa aku sering membuat bermacam-macam blog. Namun seringkali keinginan untuk menulis itu tidak ada sampai berbulan-bulan, tapi terkadang keinginan untuk menulis datang menggebu-nggebu dan bisa menyelesaikan beberapa tulisan dalam sehari. Dari sejumlah blog yang pernah kubuat, blog ini yang masih sering ku-update meski kadang tanpa postingan terbaru dalam beberapa bulan.
3. Mengkoleksi Buku
Aku suka mengkoleksi majalah dan buku, meskipun banyak dari buku yang kubeli belum kubaca tuntas bahkan belum kubuka segel pembungkusnya (parah.....)
4. Jalan-jalan
Aku selalu merasa penasaran akan tempat-tempat baru. Kadang aku jalan-jalan sendirian (seringnya pakai motor) menyusuri jalan yang belum pernah kulalui tanpa tujuan yang jelas yang tidak jarang menemukan tempat-tempat eksotis yang belum banyak terekspos.
5. Belanja Online
Tiga tahun terakhir ini aku sering berbelanja online. Mulai dari antivirus, celana, sprei, koin, nomor perdana, cutter cimcard, kolam renang bayi, buku, sampai dengan tiket pesawat.
6. Dongeng
Menurut beberapa temanku, aku punya bakat untuk mendongeng. Aku pun merasakan hal itu, saat aku membaca suatu cerita di hadapan orang banyak, aku seringkali larut dalam cerita itu tentunya dengan intonasi dan gaya bicara sesuai dengan ceritanya.
7. Arsitektur
Cita-cita masa kecilku adalah menjadi arsitek. Aku senang melihat bangunan yang menarik dan ikonik. Aku pun sering menyambangi forum-forum di internet yang membicarakan bangunan ikonik, landscape kota, maupun bangunan pencakar langit.
8. Wisata Alam
Aku selalu tertarik akan keindahan alam. Hutan, pantai, pegunungan selalu membuatku tertarik untuk mengunjunginya karena bisa memberikan kedamaian hati dan kesejukan mata dan pikiran.
9. Teh Ijo
Aku penyuka minuman yang satu ini. Disamping menyehatkan juga membuatku merasa rileks.

Beberapa hal tadi mungkin perlu kusarikan untuk menjadi sebuah ide kreatif untuk bekal kuberwiraswasta kelak. Ada yang bisa kasih ide?

Balikpapan, 25-12-'12

No comments:

Post a Comment