Friday, January 18, 2013

Menjinakkan Kartu Kredit yang Selalu Menggoda

Berkali-kali aku apply kartu kredit ke BCA dan Mandiri tak pernah sekali pun di-approve. Aku tak habis pikir, apa analis kreditnya goblok-goblok ya.... masak calon nasabah potensial sepertiku tak dilirik sedikitpun, atau mungkin analisnya terlalu pintar, jadi sudah tahu kalau profil nasabah sepertiku tidak akan menguntungkan bisnis mereka, ha ha....

Tidak bisa membuat kartu kredit sendiri tidak masalah bagiku. Kebetulan kakakku malah membuatkan kartu kredit tambahan untukku yang malahan free iuran bulanan/tahunan seumur hidup. CIMB Niaga Mastercard, itulah kartu kredit pertamaku, walaupun bukan kartu utama. Kemudian kakakku juga membuatkanku kartu tambahan dari Kartu Kredit BNI Hasanah yang bebas iuran juga.

Lama kiranya aku tak menggunakan kartu kredit yang dibuatkan kakakku, disamping aku masih gamang untuk menggunakannya karena banyaknya informasi di media kalau transaksi menggunakan kartu kredit sangat berisiko, juga karena aku belum terdesak dengan kebutuhan yang menuntutku untuk menggunakan kartu kredit alias uang simpananku masih banyak, he he....

Sampai lah saatnya sekitar pertengahan tahun 2011, saat aku berjalan-jalan di Gandaria City dan lewat toko Global Teleshop dan aku ingin mencoba menggunakan kartu kreditku. Jadilah kubeli HP Nokia seharga 800 ribu, kebetulan ada program cicilan 0% selama 12 x menggunakan kartu kredit CIMB Niaga. "Wah ringan sekali, pasti nggak terasa!", pikirku saat itu.

Memang seiring berjalannya waktu cicilannya tidak terasa sampai lunas, karena cuma sekitar 67ribu per bulan. Nah, aku baru benar-benar merasakan manfaat menggunakan kartu kredit saat aku mulai mengisi rumah baruku dengan perabot-perabot rumah tangga. Uang simpananku yang sudah terkuras untuk DP rumah dan proses Akad KPR, tak mungkin aku bisa membeli perabot, kecuali dengan Kartu 'Sakti' alias credit card.

Aku pun membeli Spring Bed, Kulkas, dan AC dengan kartu kredit. Untungnya untuk spring bed yang harganya lumayan mahal bisa dicicil 12 kali, sedangkan untuk barang elektroniknya hanya bisa dicicil 6 kali dengan bunga 0% tentunya. Baru tahu enaknya punya kartu kredit, bisa ngutang dulu dan nggak terlalu terasa bayar cicilannya, he he......

Manfaat kartu kredit semakin kurasakan saat aku harus pindah tugas ke Balikpapan. Paling tidak sebualan sekali atau saat ada cuti bersama aku pulang ke Jawa menemui anak istriku. Satu-satunya transport yang paling cepat tentu harus memakai jasa pesawat terbang. Dulu jika aku membeli tiket pesawat secara online lebih sering memakai kartu debit, namun sekarang aku lebih memilih memakai kartu kredit karena lebih praktis, tidak kena bunga jika tidak telat bayar, dan tentunya yang paling asik bisa ngutang, he he......

Akhirnya aku sekarang mempunyai kartu kredit atas namaku sendiri, karena pihak Bank CIMB Niaga menawariku untuk dibuatkan secara terpisah, tidak gabung lagi sebagai kartu tambahan dari kakakku. Malahan sekarang aku sekarang punya 2 kartu kredit dari CIMB Niaga, Mastercard Gold dan Syariah Mastercard yang keduanya gratis iuran seumur hidup.

                                                                            ******

Mempunyai kartu kredit haruslah bijak dan perlu diperhatikan hal-hal sebagai berikut:

  1. Pilihlah kartu kredit yang mempunyai banyak tawaran menguntungkan dan merupakan partnership tenant-tenant ternama.
  2. Lebih baik memilih kartu kredit yang membebaskan iuran bulanan/tahunan seumur hidup, jadi tidak merasa rugi jika tidak digunakan
  3. Bijaklah dalam membeli barang. Belilah barang yang benar-benar diperlukan dengan tetap memperhitungkan kemampuan membayar cicilannya.
  4. Bayarlah sebelum jatuh tempo, dan jangan membiasakan hanya membayar tagihan minimumnya karena akan semakin membengkak tagihan Anda karena bunga berbunganya.
  5. Pilihlah opsi e-billing melalui email agar tagihan lebih cepat sampai dan mudah terpantau jika kita memang sering mobile. Manfaat lainnya, biasanya kita tidak akan dikenakan charge biaya pencetakan billing.
  6. Rajinlah mengecek rincian tagihan kartu kredit kita, karena seringkali pihak Bank salah dalam melakukan pencatatan, sehingga kita bisa segera komplain ke bank. Misalnya jika ada promo untuk mengubah semua transaksi pembelian tunai menjadi cicilan selama beberapa bulan dengan bunga 0%, kita harus memastikan ke costumer service kartu kredit tersebut agar benar-benar diubah menjadi cicilan serta mengecek rincian di tagihan apa sudah benar diubah menjadi cicilan, karena banyak kasus walaupun nasabah sudah confirm, tapi di billing yang ditagihkan masih tercetak pembelian secara tunai, bukan cicilan.
  7. Manfaatkan pembelian barang-barang dari tenant-tenant yang memberikan cicilan 0%, syukur-syukur dengan tenor yang panjang.
  8. Jika tidak kepepet sekali, jangan menggunakan kartu kredit untuk menarik uang tunai di ATM, karena penarikan tunai akan dibebankan bunga yang relatif besar.
  9. Jika berbicara dengan costumer service, kita sebaiknya mencatat nama si operator, tanggal dan jam berapa waktu pembicaraan kita, untuk berjaga-jaga jika di kemudian hari ada sesuatu yang tidak sesuai dengan hasil pembicaraan bersama si operator.
  10. Jaga baik-baik kerahasiaan 3 nomor terakhir di belakang kartu kredit, karena biasanya untuk transaksi online, 3 nomor terakhir ini sebagai kunci verifikasinya.
  11. Jadilah nasabah yang baik dan disiplin, karena jika kita sekali saja terlambat membayar apalagi sampai default (gagal bayar) maka nama kita akan terekam jelek di database Bank Indonesia, yang akibatnya nantinya jika kita mengajukan kredit ke Bank semisal KPR ataupun kredit lainnya akan mengalami kesulitan.
Kartu Kredit memang menggoda, namun kita harus senantiasa bijak dalam menggunakannya. Namun kartu kredit adalah senjata pembunuh jika berada di tangan orang konsumtif yang tidak bisa mengendalikannya dengan cerdas.

Baca juga:

Cicilan KPR yang Mencekik

37 comments:

  1. Salam hangat, saya pengguna kartu kredit CIMB Niaga Syariah juga. Baru minggu ini aplikasi saya diterima dan kartu dikirim. Yang membuat saya bingung menggunakannya adalah, saya kurang banyak tau merchant mana saja yg bisa dipakai dgn cicilan 0% menggunakan Niaga Syariah. Karena menurut saya sedikit sekali merchantnya. Saya ingin menggunakannya untuk membeli handphone dengan cicilan 0%. Apakah anda bisa membantu saya sebagai org yg punya pengalaman CC Niaga Syariah, kira-kira merchant mana saja yg bisa digunakan untuk cicilan 0%? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berdasar pengalaman saya, untuk promo yang cicilan 0% dan sebagainya kartu kredit CIMB Niaga Syariah bisa digunakan di merchant-merchant yang bekerjasama dengan Bank CIMB Niaga. Jadi jika di merchant tersebut bisa memakai kartu kredit CIMB Niaga yang reguler, yang syariah pun bisa juga digunakan, karena secara entitas setahu saya CIMB Niaga dan CIMB Niaga Syariah masih jadi satu, belum berpisah menjadi anak perusahaan yang berdiri sendiri.

      Contohnya di Electronic solution, home solution, Bhinneka, Lazada, dsb.

      Delete
  2. assalamualaikum, salam kenal.. saya baru buka rekening cimb niaga syariah dan tertarik untuk apply kartu kredit nya.. Biasanya apakah ada nilai maksimum kredit pada penggunaan pertama kali? Terima kasih yaa.. wass

    ReplyDelete
    Replies
    1. nilai maksimum kreditnya ya sebesar plafon kredit yang disetujui oleh pihak bank yang biasanya besarannya tercantum pada surat yang dikirim bersama kartu kredit kepada kita.

      Terima Kasih telah berkunjung...

      Delete
  3. Asslikum salam kenal gan, gan mau tanya dong bru san saya ditawarin kartu chim niaga ini ktanya gratis iuran seumur hidup , nah itu maksudnya tiap bulan dan tahun tidak ada potongn or iuran ya? Cos sya bru jdi masih blum mengerti.soal kartu sakti ini.. Mohon jawabnya.terimakasih..

    ReplyDelete
  4. Benar untuk kartu kredit CIMB Niaga gratis iuran bulanan ataupun tahunan seumur hidup. Dari awal saya punya kartu kredit CIMB Niaga baik itu Silver, Gold, ataupun syariah tidak pernah ditarik biaya bulanan/tahunan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke terimakasih gan jawabnya. ^ ^

      Delete
  5. Kartu big apakah juga sama gratis nya?? Soalnya aku juga di tawari kartu big beserta kartu kreditnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sama-sama diterbitkan oleh CIMB Niaga, biasanya gratis iuran bulanan juga....

      Delete
    2. Selama mastercard, graits, untuk Air asia Big itu visa, ada annual feenya. 350 rb setahun

      Delete
  6. gan mau tanya,ane baru mau apply cc,ane masih bingung untuk bunganya,dan berapa biaya pembayaran cc dengan : tunai(teller),via atm(ane pake bri),sama m-banking(bri).
    salam..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bunga dikenakan jika pembayaran tagihan kita melebihi waktu jatuh tempo. jika membayar melalui internet banking, m-banking dari bank penerbit kartu kredit biasanya gratis. Melalui teller biasanya dikenakan biaya administrasi. Tks

      Delete
  7. Dear Pak Sony,

    Pak mau tanya, minggu kemarin saya juga dikirim CC gold dan syariah mastercard, untuk syariah sudah saya aktifkan tetapi untuk yg gold mastercard belum saya aktifkan karena ketakutan saya untuk yg gold diikutkan kartu tambahan apa sama2 bebas iuran bulanan dan tahunan? pls sharingnya pak

    salam
    Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepengalaman CC gold dan syariah CIMB Niaga saya free iuran bulanan ataupun tahunan seumur hidup, jadi seharusnya kedua CC Pak Bima juga free abonemen. Tks

      Delete
  8. Salam kenal gan, Saya juga baru2 dapat kiriman CC Gold mastercard dan Syariah gold mastercard. kedua kartunya sdh aktif. Yang saya ingin tanyakan bgmn cara mengubah transaksi belanja misal 1 juta di ubah ke cicilan 3,6 atau 12 bulan. apakah hanya bisa dilakukan via telp ke bank penerbit atau bisa diubah lwt mesin ATM atau CC internet banking. soalnya biaya telp ke call Centernya lumayan nyedot pulsa. Thanks before

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fitur di ATM dan internet banking sampai saat ini belum mendukung format pengubahan tagihan menjadi cicilan. Biasanya kalau kita belanja online beberapa toko online besar menyediakan fitur pengubahan pembayaran menjadi cicilan biasanya cicilan 0%. Memang selama ini pengubahan cicilan secara manual lazimnya hanya bisa dilakukan melalui telepon. Tks

      Delete
    2. Thx gan jawabannya. Oya kok tgl penagihan di mastercard glod ane jd berubah ya? di dokumen yang dikirimkan bareng kartux, penagihan tgl 28, jatuh tempo tgl 14. ane transaksi tgl 13 bulan ini, trus dpt email penagihan tgl 20 bulan ini, jatuh tempo tgl 5 bln depan. sebenarnya gmn sih penentuan tgl penagihannya? Untung ane rajin cek email jadi tau lbh awal,ane lsgs byr full tagihannya krn mmg blm seberapa. ntah gmn dgn syariah goldx, apakah nanti akan ikut2n sprt itu juga? agan punya pengalaman kyk gini gak? Thx , mf kepanjangan komennya.

      Delete
    3. kalau tagihan CC mastercard gold saya juga setiap tanggal 20 dan jatuh tempo setiap tgl 5 . klo hal itu yg terjadi pada mbak Diftah, kemungkinan besar untuk tagihan selanjutnya akan diterbitkan setiap tgl 20. Tks

      Delete
  9. Maaf gan mau nanya,pnarikan tunai cc gold maximal brp ya.
    Thanks

    ReplyDelete
  10. Just info ajja konversi cicilan bisa diubah sendiri via cimb cliks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima Kasih Mbak Eryana atas info tambahannya.....

      Delete
    2. gimana caranya mbak Eryana? saya sudah registrasi untuk e-statement dan lainnya, pas saya klik view transaction malah ga ada yang keluar cuma "view unbilled transaction" di klik installment yg ada malah "no installment data"
      jadi bingung, soalnya males banget kalo kudu nelpon 14041 mulu. trima kasih

      Delete
  11. Saya juka merasakan manfaat CC Cimb Syariah, tapi kekuranagnnya customer (saya) jadi sering belanja, hampir tiap bulan nyampe sekitar 3jutaan . T_T

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya punya CC terkadang bikin kita kalap mata, hehe..... Terima Kasih mas kunjungannya

      Delete
  12. saya numpang tanya juga ya...
    Kalau kita aktifkan cc. trs gag dipake sama sekali beberapa bln itu gmn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepengalaman saya nggak apa-apa, tapi mungkin ada kebijakan khusus dari masing-masing bank penerbit kartu kredit. Lebih baik ditanyakan langsung ke customer care dari bank penerbit kartu kreditnya. Terima kasih

      Delete
  13. Maaf saya mau tanya kenp.cc blm sya terima tpi saldo tabungan saya sudah berkurng 300rb.sdangkn saya blm mnerima krt krdtny? Mhn sharingny

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus segera menghubungi customer care bank penerbit kartu kreditnya mas. Sebagai pemegang kartu kredit kita harus aktif konfirmasi ke pihak bank manakala ada semacam transaksi atau apapun itu yang berkaitan dengan CC kita yang sekiranya mencurigakan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

      Delete
  14. Permisi pak Sony Saya Mau Nanya.. kalau Limit CC 5.000.000 Bisa Ga Ya.. Saya Credit HP Yang Harga Nya 10.000.000 Untuk Tenor 12 Bulan.. Terima Kasih Mohon Jawaban Nya ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nilai maksimal transaksi adalah sebesar limit kartu kredit, jadi Mas Eka tidak bisa menggunakan CC berlimit 5 juta untuk transaksi senilai 10 juta meskipun pembayarannya dicicil sekalipun. Terima Kasih

      Delete
  15. Pak sony...apakah kartu cimb syariah gold bisa untuk ngajuin pinjaman dengan tenor 12,24 bln.berapa bisa dapat pinjaman limit sy 8 jt ,apakh bunganya ringan.bagimana proses pencairanya apakah lama.terima kasih atas penjelasanya

    ReplyDelete
  16. Pak sony...apakah kartu cimb syariah gold bisa untuk ngajuin pinjaman dengan tenor 12,24 bln.berapa bisa dapat pinjaman limit sy 8 jt ,apakh bunganya ringan.bagimana proses pencairanya apakah lama.terima kasih atas penjelasanya

    ReplyDelete
  17. Pak sony...apakah kartu cimb syariah gold bisa untuk ngajuin pinjaman dengan tenor 12,24 bln.berapa bisa dapat pinjaman limit sy 8 jt ,apakh bunganya ringan.bagimana proses pencairanya apakah lama.terima kasih atas penjelasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Bisa minimal disisakan limit 1jt

      Delete
  18. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  19. Transaksi yang sudah tercetak di billing tagihan apakah bisa di ubah menjadi cicilan d cmb clicks? Karena udah gak ada transaksinya di menu cimb clicks..

    ReplyDelete