Saturday, April 27, 2013

Asiknya Lounge Gratis di Bandara dengan Kartu SKYZ

Beberapa tahun yang lalu aku apply kartu kredit mandiri tidak berhasil disetujui. Ketika itu aku masih bertugas di Jakarta. Aku juga heran kala itu, kok bisa-bisanya nggak disetujui ya.... Padahal payroll-ku lewat Bank Mandiri, aku pun tidak punya pinjaman ke bank. Aneh..... Kali aja analis kartu kreditnya sedang 'khilaf' saat itu, he he.....

Selang beberapa tahun aku sudah melupakan hal itu. Dan sekarang aku bertugas di Balikpapan. Aku pun sudah punya kartu kredit CIMB Niaga yang sudah cukup membantu keperluanku. Namun dua bulan yang lalu tiba-tiba ada tawaran membuat kartu kredit Mandiri ke kantor dengan promo free annual fee 3 tahun pertama. Aku pun tak mau menyia-nyiakan kesempatan itu. Ku apply kartu kredit mandiri tipe SKYZ yang memberi berbagai benefit bagi orang yangh sering melakukan perjalanan udara. Satu fiturnya yang paling menarik perhatianku adalah Lounge Free di berbagai Bandara di Indonesia.

Aku pun cuma melampirkan fotocopy name tag kantor dan form pendaftaran. Aku pun tak terlalu berharap banyak diapprove oleh Bank Mandiri. Tapi ternyata pertengahan bulan Maret 2013, aku dikirimi Kartu Kredit SKYZ Mandiri yang ternyata free annual fee for life, plus satu kartu kredit Visa Mandiri Gold yang sampai saat ini belum kuaktifkan.

Awal april kebetulan aku melakukan perjalanan ke Jakarta. Saat mau membayar airport tax, pandangan mataku tertuju pada tulisan Blue Sky Lounge di pojok kanan ruang check in Bandara Sepinggan Balikpapan. Kuberanikan diriku untuk sekedar mampir kesitu untuk mencoba fasilitas Lounge Gratis dari SKYZ card. Kutanyakan pada resepsionis Lounge, ternyata benar-benar gratis. Di slip tagihan hanya tertulis Rp 1,- yang menurutku hanya sekedar formalitas untuk bisa tercetak bill-nya. Lumayan bisa makan, ngemil, dan minum gratis plus bisa nge-charge HP dengan nyaman sambil menunggu boarding.

Saat akan kembali ke Balikpapan beberapa hari kemudian, aku juga mampir ke Mandiri Lounge di Terminal 2F Soeta. Kebetulan aku belum makan siang saat itu, dan lagi-lagi gratis aku makan disitu yang menunya hari itu adalah Gudeg Jogja dan berbagai kue-kue dan makanan kecil lainnya. Akses Wifi pun gratis di lounge ini.

Sudah gratis Lounge, dapat diskon jika beli tiket beberapa maskapai penerbangan, juga bisa dapat cicilan 0% selama 12 bulan di berbagai merchant. Beruntung rasanya dulu saat masih di Jakarta apply-ku tidak diapprove oleh Bank Mandiri. Saat aku mudik melalui bandara Juanda Surabaya aku juga mampir di Blue Sky Lounge yang berada di samping Garuda Lounge dekat dengan Gate 8. Malahan Lounge yang di Surabaya ini jauh lebih luas dan lebih komplit makanannya.

Kartu kredit memang perlu penanganan yang bijak dalam penggunaannya. Bayarlah penuh sejumlah tagihan sebelum jatuh tempo agar tidak terkena beban bunga yang relatif besar. Jangan menarik uang tunai di ATM dengan kartu kredit karena bunganya sangat besar, serta jangan kalap dalam berbelanja. Hitunglah kemampuan kita dalam membayar cicilan setiap bulannya sebelum memutuskan membeli barang. Jika tidak cermat, cerdas, dan bijak menggunakan kartu kredit, bersiap-siaplah untuk dikejar-kejar debt collector jika terlilit oleh hutang yang sedikit-sedikit menjadi bukit.

14 comments:

  1. serius tuh annual fee seumur hidup bang?? terus fasilitas cicilannya sama yang gold nda??

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang free seumur hidup kemarin saat promo untuk pengajuan aplikasi bulan Mei 2013 kalau gk salah. saya kurang tahu untuk ketentuan yang sekarang.

      Terima kasih telah berkunjung di Blog ini.

      Delete
    2. Bener bro, sy jg punya dan free free free

      Delete
  2. fyi & mngkin coba di x check...
    saya jg memiliki skyze mandiri..klo tdk salah baca.. setahun awal free.... dan yg ada adalah fee bulanan.. klo gak salah inget 25.000/bln, dan biaya cetak 5000 (gak tau itu cetak tagihan ato jk kita request cetak)
    tapi saya yg setelah 3bln memiliki dan baru hari ini sempat menikmati fasilitas free lounge..
    seandainya kita memang sering berpergian dan sempat utk menikmati free lounge biaya itu cukup sepadan..(charge hnya Rp 1,- )
    dan skrang di BlueSky Lounge antara terminal 1B dan 1 C bisa dipakai jg...
    selamat menikmati...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima Kasih atas info tambahannya.

      Delete
  3. Anonymous9:26 AM GMT+7

    Update terbaru, bukan cuma pke CC aja yg bisa msk Lounge. Sekarang, smua pengguna Halo dari telkomsel juga bisa masuk Bluesky Executive Lounge (Bandara juanda surabaya) cukup dengan potong 1 poin. Bingung juga kan manfaatin poin dari provider seluler buat apa?! daripada bingung, tinggal dial aja ke *700*31# pas lagi di bandara. Cuz dah tunjukin sms balasan ke reception. Makan dech sepuasnya. Klo di Bluesky yg selalu aku cari mie kluntung. Rasanya maknyus gurih aroma udang...hmmm bener2 khas surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Info yang menarik. Terima kasih atas infonya....

      Delete
  4. Anonymous2:51 PM GMT+7

    Selain kartu sky card nya perlu nunjukin paspor atau ktp ga?

    ReplyDelete
  5. cuma nunjukin SKYZ card n boarding pass saja.

    ReplyDelete
  6. Anonymous7:24 PM GMT+7

    Kalau qta pas udah nyampe bandara tujuan bisa ga masuk dalam lounge?

    ReplyDelete
  7. Anonymous9:36 PM GMT+7

    Setau saya kalau skrg apply kartu yg visa gold akan mendapatkan 2 buah kartu yaitu kartu skyz mastercard dan visa goldnya. Skyz free annual fee seumur hidup, tp annual fee utk visa goldnya tetap ada 25rb sebulan. Jadi kaya apply 1 kartu tp dapat fasilitas lebih banyak.. Gw baru tanya sama call centre mandirinya hehe

    ReplyDelete
  8. Mudah2an fitur free loungenya gak tergerus macam bni hasanah gold dan mandiri gold.dulu gratis,skarang potong poin segala.platinum bni juga cuma bisa buat 1 orang. :-(

    ReplyDelete
  9. Saya coba telp call center, jadi bener,,, ketika kita ajukan mandiri kartu kredit SKYZ ( Titanium ) entar dapet nya 2 kartu dengan Maandiri Visa Gold.

    Nah, Titanium itu Free seumur hidup apabila, visa nya masih aktif atau tidak di non active.

    Annual Fee Visa tersebut sendiri, 28rb/ Bulan. ( Kebeulan saya promo annual visa nya 2 tahun jadi free semua)
    Apabila kita me non aktifkan Visa gold tersebut,, makan SKYZ nya akan dikenakan biaya annual fee sebesar 25/bulan...

    ReplyDelete
  10. Saya mau tanyak..apakah kalau kita masuk free loungenya sama anak istri kena cash..kalau saya aja penguna kartu skyz

    ReplyDelete