Tuesday, May 21, 2013

10 Layanan Google Pilihanku

Google, raksasa internet yang semakin menunjukkan potensi monopolinya di ranah world wide web. Terlepas dari semua itu, Google telah menjadi bagian hidupku. Banyak aktivitas keseharianku yang tidak terlepas dari layanan Google. Berikut beberapa layanan Google yang sulit kuhindari merasuk dalam denyut warna hidupku:

1. Google Search
Rangkaian bisnis google pada saat ini tentunya bermula dari bisnis mesin pencari ini. Segmen bisnis mesin pencari ini yang lolos dari raksasa teknologi saat itu yakni Microsoft.

Sekarang ini, jika kita mencari suatu informasi apapun darimana pun akan sangat mudah dengan bantuan search engine Google. Tinggal ketik apa yang mau kita cari tahu dan klik, munculah berbagai situs yang menawarkan informasi yang kita butuhkan. Sejatinya tidak hanya Google mesin pencari di dunia internet, melainkan ada Yahoo Search maupun Bing mesin pencari yang masih balita milik Microsoft. Namun, aku sendiri kurang merasa afdol jika tidak memakai google search, meskipun hasil yang ditampilkan Yahoo Search maupun Bing tidaklah berbeda jauh dengan google search namun kurang sreg aja pakai layanan rival google itu.

Jadilah sering kali sekarang ini kalau seseorang ditanya temannya tentang sesuatu yang dia tidak tahu, biasanya berujar "Tanyakan saja sama Mbah Google!".

2. Gmail
surel (surat elektronik) yang lebih beken dengan nama aslinya yaitu e-mail buatan google ini sudah semakin menunjukkan kedigdayaannya terhadap seniornya semacam Yahoo Mail atupun Layanan HotMail dari Microsoft.

Aku sendiri punya banyak alamat email ada email dari instansiku sekarang ini, ada email dari Universitasku terdahulu, ada email Yahoo.com ataupun Yahoo.co.id, ada Email-nya Apple yaitu icloud.com, atau Hotmailnya Microsoft. Namun, aku sudah memilih Gmail sebagai email utamaku dan yang paking sering kugunakan sebagai media komunikasi.

3. Google Map
Peta Google sangat luar biasa. Aku sering menggunakannya sejak mempunyai iPhone 3 tahun yang lalu. Integrasinya Google Map dengan iPhone kala itu memudahkanku untuk mencari rute jalanan Jakarta yang masih asing bagiku jika mengendarai motor sendiri. Google Map juga sangat membantuku saat berwisata ke luar kota dengan teman-teman saat mencari rute terdekat ataupun hotel dan fasilitas umum lainnya, Google Map solusinya.

Dengan Google Map kita mudah menandai suatu lokasi yang pernah kita kunjungi sehingga jika kemudian hari ingin kembali tinggal klik saja. Ataupu mencari rute terdekat atau ternyaman dengan estimasi waktu dan petunjuk arah yang sangat membantu.

4. Google Earth
Layanan yang satu ini butuh install mandiri di PC kita untuk mendapatkan fitur terlengkapnya. Sedangkan jika puas tanpa beragam fitur yang terkadang membuat kebingungan, cukuplah untuk menginstall aplikasi mobile-nya di iPhone atau smartphone lainnya.

Google Earth memberikan kita informasi lengkap mengenai bentuk muka bumi. Seringkali aku iseng penasaran pengen liat lokasi rumahku terlihat dari atas bumi gimana ya bentuknya. Atau ingin lihat suatu kota dengan segala kepadatannya yang dipotret dari angkasa, ataupun objek-objek menarik lainnya.

Satu hal juga manfaat google earth adalah kita bisa melihat ketinggian tanah suatu tempat terhadap muka air laut. Fitur ini jelas sangat membantuku saat hunting rumah. Kulihat dahulu lokasi rumah yang kuincar, apakah berdiri di bekas rawa, empang atau sawah? Apakah ketinggiannya lebih rendah dengan daerah sekitarnya sehingga seperti di tengah mangkok? Apakah lokasi itu dekat dengan sungai yang berpotensi meluap menimbulkan banjir? Itulah segelintir manfaat dari Google Earth.

5. Youtube
Portal video gratis yang diakuisisi Google beberapa tahun yang lalu itu sangatlah populer. Seseorang yang sebelumnya tidak diperhitungkan, bisa menjadi sangat terkenal seperti Justin Biebir ataupun artis lokal dadakan semisal Norman Kamaru yang mantan Anggoita Brimob Gorontalo dengan hitsnya menirukan gaya Shahrukh Khan dengan lipsync menyanyikan lagu Chaiya-Chaiya.

Youtube seringkali kupakai untuk mengunduh video-video yang bisa kugunakan sebagai bahan ajar atau sekedar intermezzo dalam memberi pelajaran di kelas. Juga sebagai sarana refreshing melihat video-video lucu ataupun unik yang bejibun jumlahnya.

6. Blogger
Blogger dengan produknya yaitu Blogspot juga merupakan milik Mbah Google. Sejak tahun 2007 aku aktif menulis di Blogspot. Kegemaranku menulis dan menyampaikan uneg-uneg seakan terfasilitasi dengan adanya blogspot.

Blogspot sangat mudah penggunaannya dan kaya akan fitur. Blogspot juga menawarkan update artikel melalui email, jadi aku tidak perlu repot-repot membuka laptop dan internet hanya sekedar memposting tulisan. Seperti halnya websiteku ini menggunakan platform blogspot dan baru ku ubah nama domainnya sesuai keinginanku agar tidak ada lagi embel-embel blogspotnya.

7. Panoramio
Dengan mengupload foto suatu tempat terbuka di panoramio, jika foto kita di-approve oleh Google pasti akan ditampilkan di layanan Google Earth. Google Earth kurang afdol jika tidak dilengkapi foto-foto tentang daerah setempat untuk mempermudah pengunjungnya agar tahu gambaran nyata tentang daerah yang dia lihat di Google Earth. Tidak hanya terlihat atapnya dari atas.

Sudah ratusan foto yang kuupload dan sekitar 90% diapprove oleh Google dan ditampilkan di Panoramio. Setiap kali aku pergi keluar kota ataupun tempat-tempat yang menarik, aku biasanya langsung mengupload foto ke Panoramio melalui HP, namun jika koneksinya gagal baru kuupload melalui komputer.

8. Google Drive
Layanan penyimpanan data oleh Google secara Cloud Computing ini sangat membantuku akhir-akhir ini. Semula aku menganggap remeh fitur Google yang satu ini. Sekarang Google Drive kugunakan sebagai tempat penyimpanan arsip digital dari seksiku di kantor agar mudah diakses dan disinkronisasi kapanpun dan dimanapun.

9. Google Places
Ini adalah layanan Google untuk menandai suatu tempat agar ditampilkan dalam pencarian suatu lokasi di Google Map. Aku mencoba baru 2 lokasi yang kumasukkan ke Google Map yaitu lokasi perumahanku dan lokasi kantorku saat ini .

10. Chrome

Google Chrome umurnya memang baru 4 tahun lebih, namun dengan simplisitasnya yang user friendly, menjadikan Chrome browser pilihanku sejak 2009. Sebelumnya aku sempat memakai Opera, Safari, Firefox bahkan IE yang biasanya default di komputer windows. Dengan keluarnya chrome yang menurutku lebih cepat loadingnya dan simpel daripada pesaingnya, kedigdayaan Internet Explorer buatan Microsoft semakin tegerogoti dan kesannya IE hanya cocok buat generasi tua, dan chrome berhasil mem-branding mereknya sebagai browser-nya anak muda yang melek IT. Integrasi Chrome dengan Google Search cukup membantu dalam searching. Aku tidak perlu membuka dulu halaman google search untuk mengetik apa yang kucari. baik mengetik alamat web ataupun mencari sesuatu, tinggal ketik di kotak yang sama, dan muncullah apa yang kita cari.

Jika Lokasi yang kita buat dan kita tandai sudah diapprove oleh Google maka orang lain pun akan mudah mencari lokasi itu di layanan Google Map dengan mengetik lokasi nama lokasi yang kita tandai tadi. Kita juga bisa menambahkan informasi nomor telepon, website bahkan range jam buka-tutup untuk kantor, toko, ataupun unit usaha lainnya.

Layanan Google lainnya seperti Google+, Google Translate, ataupun Google News masih jarang sekali kugunakan, karena Google+ masih kurang populer dibandingkan Facebook ataupun Twitter bahkan Instagram atau Linkedin sekali pun. google+ mempunyai navigasi yang tidak user friendly menurutku. Sedangkan untuk Google Translate aku masih ragu dengan terjemahannya jika terlalu banyak. Paling efektif memang menerjemahkan satu dua kata saja, tidak separagraf seutuhnya. Google news sendiri kuanggap masih kurang greget dibandingkan situs berita yang sudah populer sebelumnya seperti nytimes.com, reuters.com, apnews.com ataupun time.com dan sejumlah portal berita ternama lainnya.

Kesimpulannya Google sudah sangat membantuku selama ini.

No comments:

Post a Comment