Thursday, May 23, 2013

Objek Wisata Balikpapan - Pantai Lamaru

Jaraknya bisa ditempuh sekitar 25 km dari pusat kota Balikpapan. Angkot No. 7 berwarna hijau tua dari Terminal Damai Balikpapan juga melewati rute ini.
Cemara Udang dengan background pantai di Lamaru (dok. pribadi)

Inilah Pantai Lamaru. Pantai di pinggiran kota Balikpapan ini memberikan suasana yang kontras dengan hiruk pikuk Balikpapan yang sedang berkembang menjadi kota metropolitan. Pantai ini menyajikan pemandangan Selat Makassar dengan pasir putih yang memanjang di pantai berkontur landai ini. Yang membedakan dengan Pantai yang lain adalah hamparan Cemara Udang yang menghijau membuat udara di pantai ini sejuk.

Luasnya tegakan Cemara Udang yang mendominasi pantai ini, membuat suasana pantai ini cocok untuk kegiatan berkumpul bersama keluarga tercinta ataupun family gathering.

Awal Mei kemarin, aku berkesempatan mengunjungi pantai ini. Kebetulan saat itu aku dan teman-teman kantor sedang mendampingi kegiatan latihan menembak para siswa diklat Kesamaptaan Bea Cukai di Lapangan Menembak Dodikjur Rindam VI Mulawarmandi kawasan Manggar. Karena lokasinya yang relatif dekat, mampirlah kami ke Pantai Lamaru. Kebetulan dari kami berlima, hanya satu teman kami yang pernah ke pantai ini. Aku baru mendengar keindahan Pantai ini dari cerita teman-teman kantor.

Di pintu Gerbang Masuk disambutlah kami oleh penjaga loket. Tertera di tiket per orang dikenai biaya Rp10ribu, sedangkan mobil Rp15rb, Jadilah total Rp65ribu yang harus kami bayarkan. Aku agak terkejut dengan mahalnya tiket di pantai ini, padahal di Pantai Manggar Segarasari di sebelahnya cuma sekitar 3ribu rupiah saja. Usut punya usut, Pantai Lamaru pengelolaannya sudah diambil alih oleh swasta, dan sekarang baru proses pelebaran jalan akses masuk dan pembangunan fasilitas pendukung lainnya.

Sekitar 100 meter dari gerbang masuk, kami disambut hamparan tegakan Cemara Udang yang kira-kira rata-rata berketinggian 15 - 20 meter. Yang menambah segar pemandangan adalah di bawah tegakannya ditumbuhi rumput yang menghijau. Menggodaku untuk menghamparkan tubuh yang capek ini diatasnya sambil menikmati angin pantai sepoi-sepoi.

Pantai berpasir putih dengan tegakan cemara udang di Lamaru (dok. pribadi)
Usai kami memarkir mobil di bawah tegakan cemara, kami berjalan menuju pantai. Tak ingin melewatkan momen ini segera kukeluarkan iphone lawasku untuk memotret berbagai spot menarik di pantai ini. Puas memotret sana sini, segera kuupload foto dengan aplikasi panoramio agar bisa muncul di Google Earth namun berkali-kali mencoba selalu gagal, mungkin koneksinya yang sedang tidak bagus.

Kami berlima kemudian duduk-duduk di rerumputan bawah pohon cemara sambil mengamati tingkah polah beberapa rombongan keluarga ataupun instansi yang sedang melakukan family gathering di pantai ini. Di Pantai ini memang cocoknya duduk-duduk santai di atas tikar sambil menikmati segarnya udara pantai dan sejuknya iklim mikro di bawah tegakan cemara udang.

Pantai Lamaru yang bersih, tegakan cemara udang yang menghampar luas, plus suasananya yang tidak terlalu ramai bagus untuk merefresh pikiran yang suntuk dan cocok untuk menghabiskan waktu bersama keluarga tercinta.

Puas rasanya mengunjungi Pantai Lamaru. Namun yang masih mengganjal di hatiku adalah tiketnya yang relatif mahal untuk ukuran kantongku..... He he....

1 comment:

  1. Artikelnya bagus, ijin share di http://ksmtour.com yaa.. Terima kasih

    ReplyDelete