Tuesday, May 7, 2013

Pengalaman Berbelanja di Zalora

Zalora..... Sebuah toko online yang baru sekitar setahun ini beroperasi di Indonesia. Toko ini mempunyai beberapa cabang di negara-negara Asia Tenggara. Zalora memposisikan sebagai fashion online store.

Iklan Zalora yang bertebaran di laman portal-portal ternama dengan iming-iming diskon yang menggoda, terlihat sangat agresif untuk menggaet customer baru. Free ongkos kirim dan iming-iming voucher 75ribu bagi yang berlangganan newsletter-nya merupakan strategi pemasaran yang cukup menarik.

Ongkos kirim memang faktor yang cukup sensitif dalam bisnis toko online, karena permasalahan yang sering muncul kala seseorang memutuskan akan membeli sesuatu di toko online adalah besarnya ongkos kirim. Bisa jadi harga di toko online lebih murah dari di toko konvensional, namun setelah ditambah ongkos kirim jadilah harga total barang di toko online tersebut tidak jauh beda, sama, atau bahkan lebih mahal daripada harga barang di toko konvensional. Oleh karena itu sudah tepat kiranya Zalora mengambil strategi bebas ongkir ditengah sengitnya persaingan toko online yang sudah memakan korban yaitu tutupnya Multiply.com mulai Mei ini.

Nah, ngomong-ngomong mengenai pengalaman membeli barang di Zalora ada banyak ragamnya. Di forum-forum maya banyak yang membahas keluhan berbelanja di Zalora, seperti halnya pengiriman lama, sudah bayar tapi ternyata stok kosong, barang tidak sesuai dengan spesifikasi yang dipilih konsumen. Namun ada yang memuji pelayanan Zalora, seperti pengiriman cepat, barang berkualitas, barang diskonnya memuaskan. Namun belum lengkap rasanya kalau sekedar membaca review para costumer-nya, jadilah aku mencoba untuk membeli sesuatu di Zalora.

Kebetulan aku baru mencari kaos kaki karena sebagian besar kaos kaki-ku sudah molor, rusak, dan nggak nyaman dipakai. Sewaktu iseng-iseng buka website Zalora, ternyata aku melihat promo kaos kaki merek 'Mundo' seharga Rp151.000,- Setelah kumasukkan voucher diskon 20%, maka harganya menjadi sekitar Rp120ribuan. Nominalnya yang relatif kecil karena memang sengaja aku pesan barang yang nggak terlalu dalam merogoh kocek untuk mengetes kebonafitan sebuah toko online.

Jadilah aku tergoda menggunakan 'kartu Dewa'-ku berwarna Gold dari CIMB Niaga. Ternyata transaksi menggunakan kartu kredit di Zalora setali tiga uang dengan mekanisme di Situs Kakaknya yaitu Lazada. Verifikasi kartu kredit masih dilakukan secara manual, tidak menggunakan sistem yang lebih canggih semacam secure pin yang dikirim langsung ke HP costumer. Repotnya lagi, ternyata transaksiku belum bisa diproses lebih lanjut karena kurangnya data. Zalora pun mengirim email kepadaku untuk mengkonfirmasi kembali Nama Bank penerbit, dan memasukkan 6 angka pertama nomor kartu kredit.

Akhirnya selang sekitar 2 hari aku memverifikasi kembali kartu kreditku, aku telah menerima pesananku yaitu 6 pasang Kaos Kaki merek Mundo dengan berbagai corak warna gelap. Pengemasan yang dilakukan oleh Zalora cukup bagus dan pengirimannya relatif cepat dengan tetap menjaga kualitas barangnya. Hanya satu hal kelemahannya yaitu pembayaran melalui kartu kredit perlu verifikasi yang lebih lama dan ribet yang sempat membakar emosiku. Namun apa yang terjadi di Zalora kok nggak terjadi di Lazada ya? Lha wong sistem pembayarannya sama kok.

Zalora harus segera membenahi sistem pembayarannya terutama yang menggunakan kartu kredit. Karena kemudahan dalam melakukan pembayaran adalah salah satu key point keberhasilan sebuah toko online. Portal-portal online sudah menerapkan pembayaran kartu kredit yang lebih terjamin keamanannya dengan hanya mengirim kode verifikasi ke nomor HP kita saat melakukan sebuah transaksi, seperti yang telah dilakukan beberapa maskapai penerbangan, Blitz Theater, ataupun beberapa portal online ternama lainnya.

Zalora perlu memperbanyak portofolio merek yang dijual. Seperti halnya saat aku ingin membeli sepatu Kickers di Zalora, eh malah nggak ada. Kasus seperti yang kualami tentunya banyak dialami oleh customer lainnya, kami sudah percaya akan kredibilitas Zalora, namun Zalora tidak menyediakan apa yang kita butuhkan. Dengan kata lain Zalora melewatkan potensial gain terutama dari pelanggan setianya.

23 comments:

  1. Anonymous9:10 AM GMT+7

    Minggu lalu, saya pertama kali belanja pakaian di Zalora. Pesanan cepat sekali sampai (kurang dari 4 hari) dan saya memakai sistem pembayaran bayar di tempat.

    Sayangnya, kualitas bahan tidak seperti yang saya pikirkan ketika saya melihat pakaian tsb di foto.

    Mungkin ini salah satu problem belanja online, kita tidak bisa melihat langsung kualitas barangnya karena terbatas foto saja. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya saya juga pernah merasa kecewa dengan pembelian online untuk produk pakaian, namun bukan di Zalora. Bahkan tidak pernah saya pakai dan akhirnya saya sumbangkan.

      Karena itu, untuk berbelanja online saya mencoba menghindari untuk produk pakaian agar tidak kecewa lagi dengan kualitas bahannya.

      Delete
    2. Saya baru saaja beelanja di Zalora, tapi ALhamdulillah pesanan hanya dalam 2 hari sampai, sepertinya agaar tidaak terlalu waswas, lebih baik menggunkan jasa CODnya saja, saya beberapa kali belanja di lazada dan zalora menggunakan jasa COD.

      Delete
    3. semua hampir sama , di LAZADA ane juga merasa pelayana baik kok gan ,....
      yang penting teliti sebelum membeli

      Delete
  2. belanja dengan kartu kredit di zalora itu sangat panjang prosesnya, karena:

    Proses verifikasinya MANUAL, dan juga akan diminta scan KTP asli juga,
    Harus memberikan data sama seperti data bila kita menelpon ke customer service kartu kredit

    bukankah itu BERESIKO sekali?

    telintas di pikiran saya bagaimana jika cs yg bersangkutan keluar dan menggunakan data Kartu kredit kita untuk kepentingan mereka sendiri?

    Jadi think twice deh kalo mau pake kartu kredit di ZALORA

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang sangat disayangkan, situs belanja online sebesar Zalora masih menggunakan verifikasi manual untuk kartu kredit, tidak seperti merchant-merchant besar lainnya yang sudah memakai verifikasi melalui HP.

      Semoga ke depan sistem pembayaran melalui kartu kredit di Zalora segera ditingkatkan standar keamanannya.

      Terima Kasih telah berkunjung ke Blog saya.

      Delete
    2. https://docs.google.com/forms/d/1J9xrS8RTgEEzNN7z2iaFyZ9hZEzcADdQFY8aD8AjaiY/viewform?c=0&w=1&usp=mail_form_link

      Maaf mengganggu ya agan n sista..
      Mohon bantuannya untuk mengisi kuesioner ini dan sebarkan ke teman2, keluarga, rekan, dll. Ada hadiah menarik untuk 10 orang pemenang \=D/.
      Terimakasih banyak, bantuan Anda sangat berarti ;):).

      Delete
  3. Anonymous2:03 PM GMT+7

    LAZADA sama saja kok. Pembelian dengan kartu kredit menggunakan verifikasi manual yang prosesnya juga cukup lama. sekitar 2 hari.

    Harusnya sekelas lazada sudah harus pakai sistem yang lebih cepat.

    ReplyDelete
  4. Anonymous2:16 PM GMT+7

    Saya masuk yg kecewa belanja di Zalora.Saya pernah beli backpack, dari foto sih bagus, tapi kualitas barangnya tidak seperti harganya. Mungkin di pasaran dengan kualitas Zalora harganya bisa separuhnya.

    ReplyDelete
  5. saya beli dompet di zalora. barang cepat sampai dan di packaging dengan rapih. tetapi jadi masalah ternyata barang tidak bagus, bahannya mudah terkelupas. lalu bagian dalam sobek.

    ReplyDelete
  6. Saya juga belanja d zalora blm lama ini, sy belo sepatu boots seharga 600rb lebih tp ada disc jadi 550rb. Pas sy sdh transfer sy dpt konfirm klo brg yg sy pesan habis. Dan dia menawarkan produk lain seharga 800rb. Tp dia jg blg disc sbg permohonan maaf jdi di samain sm hrg sebelumnya yaitu 550. Setelah deal barang d kirim senin, tapi sampai minggu dpnnya blm juga ada sampe hari kamis. Awal2 sih cepet eh skrg malah lama bgt. Gak cuma smpe situ ternyata barang2 yg d jual zalora itu bisa 3x lipat mahalnya. Saya cek k yang lain ternyata harganya 300rb an eh malah ngaku2 800rb. Kapok banget sy belanja di zalora..

    ReplyDelete
  7. Sy sih blm prnh blnja di zalora ato lazada. Biasanya selalu di qoo10. Tapi saya ad rncana mau blnja di lazada mau beli kamera, mknya sy browsing2 dulu pngalaman orang2 yg blnja di sana. Jd sebaiknya pke sistem COD aja ya lbh aman. Tks infonya

    ReplyDelete
  8. Sy sih blm prnh blnja di zalora ato lazada. Biasanya selalu di qoo10. Tapi saya ad rncana mau blnja di lazada mau beli kamera, mknya sy browsing2 dulu pngalaman orang2 yg blnja di sana. Jd sebaiknya pke sistem COD aja ya lbh aman. Tks infonya

    ReplyDelete
  9. Kok saya belanja di Zalora di tgl 12-12 (promo harbolnas) menggunakan jasa bayar ditempat.
    Sampai hari ini belum sampaaaaai :((

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba di hubungi saja customer service-nya mbak melalui email atau telepon, atau coba di tracking di status order. Tks

      Delete
  10. Gw mw beli sepatu kulit,tp gw ragu emg benar ya yg dijual itu bahannya dari kulit.mhon di share penglaman tentang yg udah membeli sepatu kulit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk sepatu kulit asli saya belum pernah membelinya di Zalora, namun saya pernah beli ikat pinggang kulit asli merek LOIS dan LEVI'S kualitasnya sangat bagus, sudah sekitar dua tahun masih bagus kualitasnya karena asli.

      Mungkin untuk kualitas sepatu juga tergantung merek dan harganya. Untuk membeli sepatu secara online terkadang nomor sepatu yang kita pilih ternyata tidak pas di kaki kita, itu perlu dipertimbangkan karena kalau mau retur tentunya agak ribet dan memakan waktu relatif lama. Tks

      Delete
  11. Kode Voucher ZBAP2D55 discount tambahan 15% di www.zalora.co.id tanpa batas harga minimum pembelian, dapat digunakan untuk pembelian pertama (membuat account baru di Zalora, dengan mendaftarkan email pribadi). Silahkan dicoba. Semoga bermanfaat :)

    ReplyDelete
  12. Ini pake kartu kredit stelah di verifikasi udah kan yaa min Apa masih harus gesek kartu lagi ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sudah diverifikasi dan dinyatakan berhasil transaksinya ya prosesnya sudah selesai, tidak perlu gesek kartu kredit. Terima kasih

      Delete
  13. ada yang udah pernah beli jam tangan dk jalorah blm?ori gak sih dia?

    ReplyDelete
  14. wah.. dunia itu memang sempit ya pak sony, saya search zalora free ongkir terus ada review belanja di zalora, setelah saya buka dan saya baca, ternyata ini punya Pak Sony :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello Firda... Lama nggak bersua. Ini tulisan udah lama bgt.... kamu penempatan di Balikpapan atau Samarinda? Sukses selalu ya......

      Delete