Tuesday, April 29, 2014

Mobile Apps Citilink : Mobile Check in dan Mobile Ticket Reservation

Homepage Aplikasi Citilink di iOS (dok. pribadi)
Dalam hal memberikan kemudahan untuk check in dan reservasi tiket, Citilink termasuk yang terdepan dalam memberikan pelayanan. Selain dengan web check in melalui internet, proses check in calon penumpang Citilink sekarang dapat dilakukan melalui aplikasi Mobile Apps Citilink yang tersedia di App Store untuk IOS, Google play untuk Android, dan Balckberry world untuk handset Blackberry. Begitu pula dengan reservasi tiket bisa langsung dilakukan dengan aplikasi ini, alias tidak perlu lagi repot-repot membuka website Citilink.

Kebetulan saya menggunakan handset IOS, dan merasa sangat terbantu dengan adanya aplikasi ini. Aplikasi ini sangat praktis dan cepat serta hanya membutuhkan koneksi internet yang standar. Berbeda manakala membuka website Citilink untuk check in yang jika dilakukan di ponsel agak berat dan lambat dengan koneksi yang biasa.


Term of Use aplikasi Cilitink (dok. pribadi)
Mobile check in dibuka mulai 14 hari sebelum jadwal terbang dan ditutup 2 jam sebelum jam terbang. Nah, ada pengecualian bahwa untuk penumpang hamil, yang membawa bayi, orang dengan pergerakan terbatas (cacat), anak di bawah usia 16 tahun, ataupun untuk penumpang dengan jumlah tiket lebih dari 9 dalam satu order. Kita hanya perlu memasukkan kode booking dan nama belakang kita. Selanjutnya muncul keterangan jadwal penerbangan kita, identitas penumpang, dan ada kolom dialog yang perlu kita centang (check list) jika data kita sudah siap untuk check in. Setelah kita tekan tombol check in maka jika berhasil akan muncul keterangan check in finished, otomatis boarding pass terkirim dalam email kita. Berbeda dengan web check in yang bisa memilih nomor kursi (dengan biaya tambahan), Mobile check in akan otomatis memberikan nomor kursi, tanpa memberi kesempatan kita untuk memilih nomor kursi. 


Find Flight di aplikasi Citilink iOS (dok. pribadi)

Selain untuk Mobile check in, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk memesan tiket. Cukup mudah dan cepat prosesnya seperti halnya memesan via website resmi Citilink, bahkan lebih praktis.

Selama ini maskapai di Indonesia yang punya aplikasi Mobile selain Citilink ada Garuda Indonesia, Air Asia, dan Tiger Airways ( Mandala). Lion Air kapan ya???

update: terakhir kali saat saya melakukan mobile check in dengan aplikasi ini mendapat kursi nomor 12A untuk berangkat dan 14D untuk kembali, yang ternyata dua-duanya berada di deretan pintu darurat, jadi lebih longgar ruang kakinya.

No comments:

Post a Comment