Sunday, May 11, 2014

Menulis di Blog Itu Asik

Screenshot aplikasi Blogger di iOS (dok. pribadi)
Aku ingat sekitar 10 tahun yang lalu untuk pertama kalinya aku mendengar istilah Blog. Penasaran apa itu blog, aku sempatkan membeli buku panduan bagaimana menulis di Blog yang kebetulan kubeli di Toko Buku Toga Mas Jogja.

Ada 3 penyedia layanan blog gratis yang terbesar kala itu, ada Blogspot, Multiply, dan Wordpress. Dari ketiganya, aku sengaja memilih blogspot karena dalam buku yang kubeli lebih banyak membahas tentang blogspot.

Blog pertamaku adalah bercanda.blogspot.com yang mengambil tema tentang gadget. Blog itu kutulis dengan Bahasa Inggris, sekaligus sebagai saranaku untuk belajar Bahasa Inggris. Tak lupa kutautkan layanan google adsense di blogku itu dan beberapa iklan perusahaan besar kala itu seperti halnya Nokia pernah nongol di adsense blogku dengan fee per klik-nya yang lumayan, meskipun pada akhirnya aku tak pernah menarik fee dari hasil google adsense karena account adsense-ku terburu expired dikarenakan blogku yang tidak kumaintain selama bertahun-tahun. Sampai saat ini blog itu masih ada tapi sudah tidak pernah ku-update lagi.

Penasaran dengan utak-atik blog, kupelajari sedikit bahasa HTML sehingga bisa sedikit kuubah navigasi standar di blogspot. Aku membuat banyak blog dengan tema yang berbeda-beda, mulai dari tentang berita umum, saham, teknologi, olahraga, hobi, lingkungan, wisata, kesehatan, unik, dan entah tema apalagi yang sudah tidak kuingat. Blog-blog itu kutautkan satu sama lainnya sehingga seperti portal berita online semacam detikcom dengan kanal-kanal atau rubrik yang bermacam-macam.

Aku lebih banyak mengudate blog-blog itu secara mobile, dalam artian, seringkali aku mengupdatenya melalui mobile phone (Nokia E61) dengan mengetikannya dalam sebuah email lalu kukirim ke sebuah alamat email yang diberikan oleh blogspot agar bisa terupdate otomatis. Asiknya mengupdate secara online adalah ketika kita punya ide menulis sewaktu-waktu, kita bisa langsung menuliskannya di mobile phone dan dapat langsung kita kirim melalui email otomatis terupdate-lah blog kita. mobile phone yang dipakai tentunya yang enak buat ngetik semacam nokia E61 dengan tombol QWERTY yang sampai saat ini masih awet dan kugunakan untuk menulis artikel ini, meski baterainya sudah sering ngedrop (maklum sudah hampir 7 tahun usianya).

Namun, semua blogku yang membentuk semacam portal berita itu sudah lama kutinggalkan dan bertahun-tahun tidak ku-update, sehingga suatu saat ketika iseng-iseng kucek ternyata sudah dibajak oleh orang lain dengan artikel-artikel spam yang berisikan iklan yang aneh-aneh. Parahnya aku sudah lupa username dan password untuk mengedit postingan blog-blogku itu. Aku masih bisa sih membuat postingan ke blog-blogku itu tapi tidak bisa mengeditnya ketika artikelnya sudah terlanjur dipublish atau menghapus spam-spam yang ada, karena harus kulakukan dengan login terlebih dahulu ke blogger.com.

Nah, pertengahan tahun 2008 aku pun membuat blog baru beralamatkan di berteriak.blogspot.com. Mengapa kuambil embel-embel nama berteriak? Karena blog yang kubuat berisikan cerita-cerita pengalamanku ataupun uneg-uneg pribadiku. Padahal sebelumnya aku paling anti membuat blog yang berbau Personal Life.

Pertengahan Mei 2013 akhirnya aku membeli nama domain polahku.com dari IDwebhost, kebetulan pas promo saat itu hanya 60rb. Aku pun mecoba membelinya untuk masa kontrak 1 tahun. Aku pun baru saja beberapa hari yang lalu memperpanjang kontrak domain polahku.com untuk satu tahun ke depan dengan harga 95rb. Padahal dulu kalau saat beli pertama kali aku langsung beli kontrak 2 tahun cuma harus membayar 120rb. Ternyata harga domain juga naik seiring inflasi, kayak sembako aja, ha ha.....

Sebenarnya polahku.com bukan domain pertama yang kubeli. Sebelumnya aku punya domain mylovelydoctor.web.id yang sudah tidak kuperpanjang lagi karena aku jarang meng-update-nya. Dulu aku membeli domain itu hanya untuk iseng-iseng saja seharga 35rb. Blog yang kudedikasikan kepada istriku itu sudah lama tidak ku-update.

Nah mengenai asiknya menulis di blog itu ketika artikel kita dibaca oleh orang lain yang tidak kita kenal sebelumnya, dan orang tersebut memberikan komentar positif atau merasa bahwa artikel kita bermanfaat untuknya.

Dulu saat aku masih sering mengupdate blogku bercanda.blogspot.com yang berbahasa Inggris, kulihat banyak komentar positif datang, apalagi yang membaca dan memberi komentar berasal dari luar negeri atau bule. Memang kalau kita menulis pakai bahasa inggris, tulisan kita semakin berpeluang untuk dibaca di belahan dunia manapun.

Saat ini aku fokus dengan polahku.com yang sudah sekitar 7 tahun ini kukelola. Dulu sebelum aku membeli domain polahku.com, aku jarang sekali mengupdatenya, namun sekarang aku lebih rajin mengupdatenya karena sudah beli domain jadi sayang kan kalau disia-siakan. Nah, banyak sekali komentar yang datang di blogku ini. Rata-rata tanggapan mereka positif dan beberapa diantaranya menganggap bermanfaat artikel yang kutulis dalam blog ini. Bahagia rasanya kalau tulisan kita ternyata bisa bermanfaat bagi orang lain. Senangnya lagi kita bisa berinteraksi dengan membalas komentar atau pertanyaan mereka, meskipun kita tidak mengenal mereka. Bermanfaat bagi orang lain meskipun hanya melalui tulisan, terlebih bagi orang yang tidak kita kenal itu 'sesuatu' banget.....

Ada sedikit cerita unik tentang blog yang kutulis, ini mengenai salah satu blogku yaitu grandserpong2.wordpress.com. Aku sengaja membuatkan blog tentang perumahan di daerah Sarua, Tangerang Selatan yang kebetulan aku membeli salah satu rumah di sana. Nah, ternyata di forum warga perumahan yang tergabung dalam milis google group pernah ramai dibicarakan tentang siapa penulis blog tentang perumahan mereka. Ada yang nebak pihak developer, tapi banyak juga yang penasaran siapa sebenarnya, aku sih baca milis cekikikan aja.... Tapi lama kelamaan akhirnya mereka tahu juga. Aku memang bermaksud mempromosikan perumahan tempat tinggalku supaya banyak yang tertarik, bukan karena aku mendapat fee dari developer, melainkan agar tetanggaku semakin banyak, maklum kala itu masih banyak unti yang belum terjual, biar cepat penuh penghuninya makanya kupromosikan perumahanku itu.

Aku masih punya satu lagi blog yang kukhususkan untuk dokumentasi perkembangan rumahku, dari pembangunan pondasi, sampai jadi rumah utuh, tak lupa perkembangannya pasca kuhuni. Omahcempluk.wordpress.com. Blog-blog lainnya aku sudah lupa alamatnya dan tidak ku-update lagi.

Menulis di blog membuatku sangat lega, dan lebih bahagia lagi jika artikelku bermanfaat bagi orang lain. Salah satu artikelku tentang Tes TKD Sistem CAT di copy paste oleh seorang blogger di blognya, dia sudah minta izin melalui kolom komentar di blogku. Pada dasarnya senyampang artikelku akan lebih banyak bermanfaat dengan di-copy orang lain, aku ra popo.... asal tetap menyebutkan sumbernya. Alhamdulillah bisa lebih bermanfaat...

Berbeda ketika dulu artikelku tentang Selokan Mataram yang di-copy paste tanpa izin oleh seorang blogger. Menulis dengan buah pikiran sendiri adalah jauh lebih bagus daripada menjiplak artikel dari orang lain hanya demi menaikkan traffic kunjungan ke blog atau website pribadinya.

Salah satu blog favoritku adalah blognya Mbak Margareta Astaman yang dulu sewaktu dia masih kuliah di NTU Singapore beralamat di margarittta.multiply.com yang sekarang sudah bermetamorfosis ke alamat margarita.web.id yang mungkin dikarenakan multiply yang sudah bangkrut. Bahasa penulisannya itu blak-blakan, sedikit sarkastik, tapi jujur dan bisa membuatku terbahak-bahak sendiri di kamar. Yang dia tulis itu sebenarnya hal-hal yang ringan dan umum namun seringkali tidak diangkat dalam sebuah tulisan. Itulah ciri khas Mbak Margie yang sepertinya masih menjomblo sampai saat ini (peluang buat yang masih jomblo, he he....).

Blog lain yang akhir-akhir ini seting kubaca adalah blognya Pak Guntur Gozali yang beralamatkan di gunturgozali.com. Beliau yang sudah berumur di atas 50 dan tentu banyak sekali makan asam garam kehidupan menuliskan berbagai pengalaman hidup dan karir dengan bahasa yang mudah dipahami, mengalir, dan enak sekali dibaca, padahal baru sekitar satu tahunan ini beliau mulai menulis di blog. Namun yang pasti intisari tulisannya itu yang paling kusuka, dan sering kujadikan bahan pengajaran buat siswaku.

Menginspirasi Orang Lain dan Sarana Ekspresi Diri, itulah Kekuatan sebuah Blog!

Ayo Menulis.... !

3 comments:

  1. Replies
    1. Betul memang asik....
      Terima Kasih telah berkunjung....

      Delete
  2. Asik kalo ada ide yg bisa dijadiin artikel hehe

    ReplyDelete