Thursday, May 15, 2014

Pengalaman Berbelanja di Lazada (part 4)

Screenshot Lazada versi mobile (dok. pribadi)
Gembar-gembor launching Blackberry Z3 alias Blackberry Jakarta ternyata ampuh membuatku terpikat. Diskon besar-besar plus iming-iming bonus tambahan cukup menggoda untuk melirik produk BB yang paling up to date ini.

BB Z3 resmi diluncurkan untuk pertama kali di dunia pada tanggal 13 Mei 2014. Nah, kebetulan Jakarta mendapat kehormatan untuk tempat peluncurannya sekaligus BB ini diberi nama BB Jakarta. Sekitar setengah bulan sebelumnya bekerjasama dengan XL dan Indosat dan beberapa toko online membuka preorder dengan iming-iming diskon yang menggiurkan.

Beberapa penerbit kartu kredit pun tak mau kalah berlomba-lomba memberikan iming-iming cash back dan cicilan 0%. Dengan semua gimmick yang ada, bagaimana mungkin aku tidak tertarik ikutan preorder BB Jakarta, secara aku sudah lama nggak beli HP baru, toh harganya cukup murah apalagi setelah diskon, cashback, dan iming-iming voucher online shop.

Kucoba liat-liat di beberapa online shop yang menawarkan preorder BB Z3. Di jeruknipis.com ternyata barang yang promo sudah habis karena mungkin hanya tersedia beberapa ratus unit saja, yang tersisa hanya yang harga normal. Begitu pula di online shop lainnya. Nah, entah bagaimana aku membuka website lazada.co.id. Aku pun liat promo preorder Z3 dengan diskon 100rb dari harga normal Rp2.199.000,- namun ternyata setelah lebih detail kulihat promonya ada lagi khusus untuk pemegang kartu kredit cimb niaga ada tambahan diskon 200rb untuk 100 pembeli pertama yang akan dibuka preorder-nya tanggal 5 mei.

Sebelum pukul 01.00 WITA tgl 5 mei kusengaja bangun untuk bisa preorder BB Z3 dan menjadi 100 pembeli pertama yang bisa dapat diskon 200rb dan voucher 300rb di lazada. Kebetulan saat itu laptopku lagi rusak dan terpaksa lazada kuakses melalui iphone. Aku sengaja tidak menggunakan aplikasi lazada untuk mobile phone karena aku ingin mengaksesnya melalui versi dekstop website. Namun ternyata versi desktop lazada susah dan lambat diakses melalui iphone, kuputuskan untuk beralih ke versi mobile. Akhirnya transaksi kelar namun ada yang masih mengganjal di pikiranku, "kok aku gk bisa ngisi form cicilan ya?".

Transaksi total setelah dikurang diskon 200rb jadi Rp1.899.000,- ditambah ongkir ke Balikpapan sebesar Rp36.000, sehingga total yang harus kubayarkan adalah Rp1.935.000,-. Aku membayarnya dengan kartu kredit cimb niaga syariah dan ada sms notifikasi berhasil di HP-ku.

Yang aku herankan adalah biasanya setelah transaksi di Lazada aku mendapat email konfirmasi pesanan, namun malam itu aku tidak mendapatkannya. "Sudah nggak bisa ngisi cicilan, nggak dapat email konfirmasi, jangan-jangan orderku gagal!", pikirku.

Keesokan harinya kucoba cek lagi inbox emailku. Hasilnya pun nihil, tidak ada konfirmasi dari Lazada. Setelah kucek di status order, pesananku sudah masuk ke sistem lazada, namun yang kurang membuatku lega adalah aku tidak dapat email konfirmasi ataupun email yang berisikan kupon vouchere 300rb. Aku berpikiran jangan-jangan karena aku bertransaksi melalui website lazada versi mobile yang jadinya mungkin masih banyak error sehingga sistem lazada tidak mengirim secara otomatis konfirmasi pesanan ke emailku.

Kuhubungi customer care Lazada. Aku sedikit kebingungan, dengan instruksi mesin penjawab Lazada. Tidak ada pilihan untuk bicara langsung ke petugas costumer care!

Tak berhasil menghubungi petugas costumer care, tak habis akal kuemail di support@lazada.co.id. Untuk maslah pembayaran aku disaranin untuk menghubungi payment@lazada.co.id, dan terakhir dari payment@lazada.co.id untuk mengubah cicilan kartu kredit aku disarankan untuk mengajukan permintaan cicilan beserta mencantumkan ID Order ke cc@lazada.co.id. Kukirimlah email ke cc@lazada.co.id dengan mencantumkan ID Pesanan, Nomor kartu kredit, dan tenor cicilan. Setelah kukirim email ternyata belum mendapat respon.

Tidak mau tanpa kepastian, aku pun masih penasaran dengan opsi lain-lain yang ditawarkan di mesin penjawab costumer cara. Telpon costumer care lazada yang kedua kalinya kucoba opsi lain-lan itu, ternyata langsung terhubung ke petugas costumer care lazada. Kuutarakan maksudku tentang email konfirmasi dari Lazada yang tak kunjung datang. Si petugas berjanji akan meneruskan ke bagian terkait kemungkinan eror yang terjadi, mengenai voucher katanya juga biasanya terkirim melalui email. Aku juga menanyakan soal form cicilan yang tidak muncul di akhir transaksi. Si petugas pun menyarankan untuk mengisi form cicilan melalui lazada.co.id/cicilan

OK, masalah email konfirmasi dan voucher kuanggap beres, sekarang saatnya mengubah cicilan. Kubuka alamat lazada.co.ids/cicilan sebagaimana saran si petugas. Ternyata form cicilannya hanya berisikan pilihan 3 bulan, tidak ada pilihan 6 bulan atau 12 bulan seperti yang dipromokan lazada khusus untuk preorder BB Z3.

Aku pun berinisiatif menelpon costumer care CIMB Niaga di 14041 menanyakan mengubah menjadi cicilan. Setelah dicek ternyata transaksiku bisa diubah menjadi cicilan 12 bulan 0%. Namun saat itu aku tidak bisa langsung mengubahnya karena tagihan dari lazada belum dimasukkan ke CIMB Niaga. Beberapa hari kemudian aku pun menelpon kembali 14041 dan jawabannya berbeda. Ternyata untuk mengubah menjadi cicilan hanya bisa dilakukan atas permintaan dari Lazada.

Masih penasaran juga, aku pun menghubungi kembali pihal Lazada. Kali ini telponku diterima petugas bernama Firman. Mas Firman ini dari bahasanya yang meyakinkan sepertinya menguasai sekali tentang permasalahan yang kuhadapi, setelah kuceritakan detail permasalahanku, dia menjelaskan jika pesananku sudah masuk ke sistem. Mengenai cicilan 12 bulan 0% yang aku ajukan juga sudah masuk ke sistem lazada, dan akan segera diproses segera. Mengenai voucher 300rb akan dikirimkan, masih dipertimbangkan oleh lazada akan dikirim melalui email atau voucher fisik, masih dipilih mana yang paling aman.

Nah, kemarin dinboxku ternyata masuk konfirmasi pesanan dar lazada yang berisikan invoice, namun belum ada voucher 300rb. Ada pula email konfirmasi mengenai pesanannku yang sudah dikirim melalui firstlogistics.co.id. Barusan tadi pagi ku-track melalui website firstlogistics ternyata baru berangkat dari gudang penyortiran, mungkin lusa sudah sampai Balikpapan. Aku masih penasaran vouchernya apa include di box paket kirimannya nanti atau akan diemail setelah barang dipastikan kuterima? Update: Barang pesananku kuterima di kantor Jumat Sore selepas jam kerja tanggal 16 Mei 2014 dengan packaging yang cukup kuat dan aman untuk barang elektronik.

Ribet juga ikut-ikutan promo preorder di Lazada, tapi apakah benar demikian, atau aku sendiri yang berlebihan, terlalu khawatir yang berlebihan yang pada akhirnya membuatku repot sendiri? Yah begitulah 'seni' berbelanja di online shop, kita harus berani bertanya kalau kurang paham atau kurang sreg dengan pelayanannya.

Pastikan Bijak Dalam Berberlanja Online, khususnya menggunakan kartu kredit! (Aku sendiri masih gampang tergoda dengan bujuk rayu promo kartu kredit, hix...)

Baca juga: Akhirnya Aku Kecewa Dengan Pelayanan Lazada

13 comments:

  1. wiih, cara dapetin voucher 300rb itu gmna gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saat itu pas ada promo dari kartu kredit CIMB Niaga

      Delete
  2. berarti nyicil 12 bulan bisa mas??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau tidak salah saat-saat tertentu saja bisa nyicil 12 bulan memakai CC CIMB Niaga, seperti saat promo produk tertentu, atau event tertentu. Tks

      Delete
  3. saya belanja di lazada selalu lancar dan memuaskan.

    ReplyDelete
  4. mas mw nanya dong gmn cara x masukin id bb yg baru, coz aqw beli dari orng tpi id x uda tk hpus trus aqw masukin id bb aqw tpi kok tetep aja salah padahal bner n id ke kunci trus,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf saya kurang tahu soal itu. Tks

      Delete
  5. Ada yang tahu gak ya kok bbz3 aku terkadang menunya /layar aplikasi ngebleng, erorr alias terhenti beberapa detik. Saya mohon bila ada yang bisa ngasih solusinya dong treimz, ,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. solusinya mungkin bisa update firmware, atau kemungkinan memori terlalu full sehingga prosesor lambat bekerjanya. Tks

      Delete
  6. belanja d lazada bayar pakai cicilan kartu kredit aman ga sih??? bnrn 0% kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama ini pengalaman saya aman, asal datanya jangan disimpan di website toko online tersebut. Cicilan benar 0% dengan tenor pinjaman tergantung masing-masing bank.

      Delete
  7. Terima kasih gan telah share artikelnya. Cocok banget dibaca oleh para pecinta promo diskon lazada yang baru pertama kali mau belanja online.

    ReplyDelete
  8. Mas Sonny, thank u sharingnya, usahanya gigih sekali. Saya juga sering belanja di Lazada dan alhamdulillah selalu aman. memang belanja online itu ada seni tersendiri, dari harus jeli cari seller yang aman, liat spesifikasi barang yang jelas dan bergaransi dan yang pasti tidak malas baca rules-nya. Pastinya harus sabar juga kalau penyediaan barangnya butuh proses, karna anggapan org biasanya maunya cepat hari ini order, besok sampe.

    Boleh donk Mas bantu isi survey saya https://goo.gl/forms/cQTbzj0mFFXR6kWB3
    thank u much

    ReplyDelete