Wednesday, August 13, 2014

Pengalaman Beli Tiket Blitz Online dengan Kartu Kredit CIMB NIAGA


Antre Tiket di Bioskop? Jadi ingat dulu pernah antre tiket pengen nonton Film Laskar Pelangi di Amplaz Jogja sampai kurang lebih satu jam lamanya kaki ini menahan badan yang untungnya dulu masih kurus, he he.... Yang parahnya lagi sewaktu heboh rilis film 2012 tahun 2009 yang saat itu aku antre sampai hampir tengah malam di Pejaten Village, ternyata udah hampir sampai depan, eh abis tiketnya, sial!
Good Bye antrean keparat....! Sudah lama memang Bioskop jaringan 21/XXI punya program pembelian secara online dengan M-Tix-nya yang terkenal sangat ribet dan tidak user friendly. Blitz MEgaplex sebagai saingannya juga mengeluarkan Blitz Card yang bisa digunakan untuk membeli secara online ataupun di Blitz Machine. Si Blitz Card ini menurutku lebih simpel dari sistem M-Tix-nya Bioskop 21, namun menurutku belum efisien juga. Untungnya Blitz memberikan opsi lain untuk pengguna kartu kredit untuk membeli tiket secara online di website Blitz tentunya dengan biaya tambahan (aku lupa nominalnya) yang pasti di bawah Rp10.000,-. 

Ada lagi yang spesial dari Blitz ini, khusus pembelian dengan kartu kredit CIMB Niaga di halaman website CIMB Niaga khusus order tiket Blitz tidak dikenakan biaya tambahan sepeser pun, malahan jika kamu punya kartu kredit CIMB Niaga jenis Mastercard World / Platinum ataupun Visa Infinite / Platinum akan dapat diskon 25% dari harga normal.

Pertama kita masuk di websitenya, kita langsung disodori pilihan film, kemudian pilihan teater, tanggal dan jam. Setelah kita tekan tombol next ke halaman berikutnya, berisikan halaman sinopsis film dan pilihan tempat duduk. Dalam satu kali transaksi maksimal kita bisa membeli 4 tiket dan asiknya bisa memilih tempat duduk sesuka kita.

Pada halaman berikutnya kita diminta menulis alamat email kita ataupun Nomor HP (saya sarankan/ wajibkan untuk mengisi alamat email dengan benar dan seksama) untuk pengiriman kode booking dan passkey-nya. 

Setelah itu kita diarahkan untuk mengisi nomor kartu kredit CIMB Niaga kita, Masa berlaku kartu dan Nomor CVV (3 nomor paling belakang di balik kartu). Setelah semua data kita input, segera klik tombol Pay. Sistem pembayaran pun akan mulai bekerja. 

Jika data kartu kredit kita valid, akan segera dikirimi kode nomor verifikasi pembayaran ke HP kita yang terdaftar di sistem Bank CIMB Niaga yang akan kita masukkan ke website sebagai verifikasi validitas pembayaran kita melalui kartu kredit.

Setelah kode pembayaran kita masukkan dan di-approve oleh sistem pembayaran CIMB Niaga maka kita akan langsung mendapatkan Kode Booking dan Passkey yang juga dikirimkan ke alamat email ataupun Nomor HP kita (saat ini untuk pengiriman kode booking ke nomor HP selalu tidak ada, maka saya sangat menyarankan untuk mencantumkan alamat email dengan benar).

Nah, Kode Booking dan Passkey itulah yang akan kita inputkan ke Blitz Machine yang khusus untuk mencetak tiket dari pemesanan melalui kartu kredit.
Ada beberapa kendala yang sering muncul saat order online melalui website CIMB Niaga, diantaranya:
  1. Saat memilih Jam nonton tidak tertera waktu mana saja yang menampilkan film 2D ataupun 3D. Solusinya, sebelum kita order, sebaiknya kita lihat dulu jadwal filnya di website Blitz Megaplex untuk memastikan jam tayang mana yang menampilkan 2D atau 3D.
  2. Kadang koneksi internet terputus ataupun pembayaran gagal, maka kita seringkali mengulangi proses pembeliannya. Tapi tempat duduk yang kita pesan tadi statusnya not available dan tidak bisa kita pilih kembali. Namun, nggak perlu kecewa, ternyata itu hanya karena masih adanya bug di sitem ordernya. Kita tunggu saja 2 - 5 menit, kursi tersebut akan segera menjadi available.
  3. Seringkali konfirmasi kode booking dan passkey ke HP kita tidak ada. oleh karenanya, kita juga harus menginput email kita secara benar agar menerima konfirmasinya.
  4. Akhir-akhir ini setelah pembayaran di-approve oleh sistem, namun di halaman selanjutnya muncul keterangan terjadi kesalahan. Jangan terburu-buru menyimpulkan terjadi kesalahan, karena biasanya pembayaran yang sudah sukses otomatis mengirimkan kode booking dan passkey ke email kita. Ada jeda waktu kurang lebih 1-3 menit setelah pembayaran sukses, kita baru mendapatkan email konfirmasi dari Blitz Megaplex.
  5. Ada kejadian yang tidak pernah saya lupakan. Karena koneksi internet saya agak lemot saat itu, saat pembayaran saya sukses diterima oleh sistem, namun saya tidak mendapatkan email konfirmasi. Anehnya transaksinya di kartu kredit saya tetap tercatat sukses. Akhirnya saya komplain sampai 3 kali ke costumer care kartu kredit CIMB Niaga agar menghapus transaksi itu karena gagal. Solusinya saat koneksi internet kita lemot, sebaiknya kita tidak usah  order tiket online. Dan jika terjadi kejadian seperti saya itu, tidak perlu takut ataupun ragu untuk komplain ke Costumer care CIMB Niaga.
Beberapa kelebihan Order Online Tiket Blitz dengan Kartu Kredit CIMB Niaga:
1. Tidak perlu repot  registrasi kartu kredit kita.
2. Tidak terkena tambahan biaya, bahkan diskon untuk beberapa kartu tertentu.
3.  Tidak perlu Top Up (mengisi saldo seperti yang dilakukan pada Blitzcard ataupun M-Tix)

Saran saya untuk pengelola jaringan bioskop di Indonesia, jika ingin memenangkan persaingan di era mobile saat ini, salah satu caranya adalah semakin memperbanyak dan mempermudah alternatif pembelian tiket. Intinya mudah diakses dimana saja, tidak ribet, dan tentunya lebih efisien. Harus antre di loket bioskop sudah tidak zamannya lagi sekarang ini karena kesibukan masyarakat yang semakin tinggi dari tahun ke tahun. Sangat sayang menghabiskan waktu berlama-lama hanya untuk antre tiket. Aplikasi Mobile di Smartphone harus segera dibuat, tidak hanya sekedar menampilkan jadwal tetapi menyediakan metode pembelian tiket yang simpel dan efektif.

Baca juga: Review Kartu Kredit CIMB Niaga

Sumber Gambar: Screenshot halaman order Tiket Blitz di Situs CIMB Niaga (dok. pribadi)

11 comments:

  1. sya udah coba, tapi ttp ajah gagal yah? disitu pasti ada bacaan, tolong pentujuknya gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau boleh tahu, dalam pembelian tiket, Anda memakai Blitz Card atau Kartu Kredit CIMB Niaga? Di Blitz biasanya ada komputer yang dikhususkan untuk transaksi blitz card, adapula yang untuk mencetak tiket dari hasil transaksi melalui internet dengan kredit card. Kalau menggunakan kartu kredit CIMB Niaga, di tulisan saya sepertinya sudah lengkap. Mengenai manual petunjuk penggunaan, mohon maaf saya tidak punya...

      Terima Kasih.

      Delete
  2. wah makasih mas sony... artikelnya bermanfaat banget...lumayan besok2 kalo beli tiket online pake cc dr webnya cimb aja drpd kena tambahan 20ribuan hahahaha...

    ReplyDelete
  3. Anonymous4:26 PM GMT+7

    kalo pembelian via credit card waktu print tiket harus menunjukan credit cardnya? soalnya saya pesen pk cc sodara....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama ini saya tidak pernah diminta sekalipun menunjukkan cc. Yang penting sudah dapat booking code dan passkey, sudah bisa cetak langsung di blitz machine

      Delete
  4. alhamdulillah berhasil... artikel yang bagus, thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, senang bisa berbagi informasi....

      Delete
  5. Anonymous2:02 PM GMT+7

    halo mas, mau tanya. untuk pengambilan tiketnya menggunakan sistem cetak sendiri gitu ya? booking code dan passkey nya tidak perlu di print kan? terima kasih:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. booking code dan passkey digunakan untuk mencetak tiket di ticket machine yang ada di Blitz. Jadi nggak bisa cetak tiket sendiri.

      Tks

      Delete
  6. Anonymous1:32 PM GMT+7

    jadi setelah dapat booking code dan passkey nya yg lewat email dan hp diperlihatkan kepada petugas penjaga counter ticket nya, lalu dicetak oleh petugasnya..?? berarti harus ngantri seperti yg beli tiket manual juga klo begitu..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak perlu kita perlihatkan ke penjaga counter, cukup kita masukkan sendiri booking code dan passkey ke blitz ticketing machine yang khusus untuk mencetak tiket dari pemesanan melalui kartu kredit. Di artikel di atas sudah saya bahas juga. Terima Kasih

      Delete