Wednesday, October 1, 2014

Pengalaman Belanja Online di Blibli.com

Ikat Pinggang Lois
(sumber: foto pribadi)
Blibli.com nama domain ini sudah sekitar 5 tahunan kita dengar di jagad maya. Grup usaha e-commerce di bawah naungan Kelompok Jarum ini semakin mengokohkan dirinya salah satu pemimpin pasar online Indonesia.

Kalau tidak salah baru dua kali aku membeli barang di Blibli. Pengalaman pertama ketika membeli merchandise vespa berupa Jam alarm meja. Meskipun saat itu ongkos kirimnya gratis (cuma nambah biaya packing Rp5000), aku tidak puas dengan lamanya pengiriman barang. Aku sudah lupa berapa lama yang pasti lebih dari seminggu. Begitu sampai barang kirimanku, aku kecewa berat, ternyata kotak merchandise vespa yang kubeli penyok-penyok, dan betapa aku nggak habis pikir ternyata packing produk dari toko online sekelas Blibli.com hanya dengan kertas coklat saja, pantas saja penyok. Meskipun jam di dalamnya nggak rusak, tapi kotak yang bagus desainnya itu dan terbuat dari semacam kaleng tebal membuatku nggak rela jika penyok.

Pengalaman keduaku ketika kemarin membeli vitamin mata yang kebetulan diskon. Kurang lebih seminggu baru sampai. Tapi bagusnya, packingnya dimasukan ke kotak kardus tebal dan dilengkapi busa-busa pelingdung benturan. Sudah cukup baguslah. Dengan kebijakan yang masih sama gratis ongkir dan hanya dikenai tambahan biaya 5000, lumayan membantu lah untuk posisiku di Balikpapan yang biasanya ongkirnya sekitar Rp30.000-an.

Masih ada satu yang kurang dari pelayanan Blibli.com. Menu tracking di website-nya seringkali kurang update mengenai posisi barang pesanan, jadi membuat konsumen sering bertanya-tanya mengenai barang pesanannya.

Blibli perlu meniru strategi Lazada yang notabene lebih muda namun sudah sanggup menyalipnya dan menjadi penguasa pasar online di Indonesia. Promo, voucher, diskon, gratis ongkir merupakan strategi ampuh memenangkan kompetisi di pasar online Indonesia, Blibli harus sadar dengan hal itu. Jika rival sudah melakukan strategi yang sama, Blibli harus mencari strategi lain yang bisa membuat loyal konsumennya.

Selama ini kucermati beberapa kelemahan Blibli.com:

  1. Barang-barang yang dijual di Blibli tidak sebanyak dan se-variatif pesaingnya.
  2. Meskipun memberikan gratis ongkir, jangka waktu pengiriman barang relatif lama, berbeda jauh dengan pesaingnya.
  3. Blibli belum terlalu serius membuat aplikasi mobile di smartphone, padahal pesaingnya sudah memandang aplikasi mobile memberikan potensi yang besar untuk menjaring konsumen muda.
  4. Blibli sebenarnya punya dukungan dana yang besar dari Kelompok Jarum, namun inovasi bisnis online-nya terlihat lambat perkembangannya bahkan terkesan stagnan.
  5. Kerjasama dengan Bank-bank penerbit kartu kredit maupun debit dan tipe pembayaran lainnya harus memberikan nilai tambah lebih pada konsumen tidak hanya berupa kemudahan dalam pembayaran melainkan diskon-diskon untuk tipe-tipe jenis pembayaran tertentu (tergantung dalam bentuk apa kerja samanya dengan bank). Misalnya dengan memakai kartu kredit dari bank tertentu dapat tambahan diskon yang signifikan. Padahal harusnya Blibli bisa memanfaatkan lebih jauh dengan unit usaha kelompok Jarum lainnya yaitu BCA, bank swasta terbesar di Indonesia.


Catatan terakhir: Bijaklah dalam membelanjakan uang Anda, apalagi belanja online yang sering bikin kalap mata. Belilah berdasar kebutuhan, bukan keinginan semata (padahal aku sering belanja online cuma berdasar keinginan, hix...).

Update: Pengalaman Terbaru Belanja di Blibli

3 comments:

  1. sama dengan pengalaman saya belanja di blibli.com beli Hp samsung J2 gold pengiriman yang terkesan lama dan menggunakan jasa pengiriman yang ecek-ecek semacam first logistik padahal bayar ongkos kirim yang express ,hampir 2 minggu barang belum sampai,padahal biasanya pengiriman reguler JNE/TIKI atau pos sampai alamat cuman 4 hri kerja paling lama.jadi kapok belanja online di blibli,di tanggal yang sama beli di mataharimall 3 hari sudah landing di rumah

    ReplyDelete
  2. Pengalaman saya belanja di BliBli adalah customer Care nya yang tidak profesional dan lambat dalam menyelesaikan keluhan pelanggan,Tidak Pro Aktif kepada pelanggan,tidak ahli dalam mengetahui kondisi,kualitas dan mutu produk.Kinerja kerja customer yang memang kurang.Kayaknya customer Care BliBli perlu pelatihan dan di Training ulang atau Manajemen di BliBli perlu di perbaiki.Nama BliBli bisa Rusak jika Customernya masih seperti ini.

    ReplyDelete
  3. Saya sangat kecewa blanja di BLIBLI.com, saya membeli Asus Zenfone 2 Laser ZE601KL Smartphone - Silver [RAM 3 GB/32 GB/Garansi Resmi]
    * Barang yang sampai dirumah tidak dilengkapi dengan ROM yang 32 GB
    * HP produk Indonesia ( Kepri, Batam), sejak kapan ASUS produk Indonesia
    * Hp sangat Ringan, kamera agak buram
    * Dasar bajingan yang jual itu, Intinya juga BLIBLI.com PENIPU

    BLIBLI.com PENIPU. SANGAT KECEWA
    Cek Screnshot:
    -http://prntscr.com/dau7g0
    -http://prntscr.com/daub4a
    HATI_HATI YA bagi yang sering blanja Online

    ReplyDelete