Sunday, November 16, 2014

Pengalaman Beli Tiket Pesawat di Traveloka

Homepage mobile Traveloka (www.traveloka.com)
"Halah paling-paling kayak agen tiket online lainnya....!", pikirku skeptis melihat iklan Traveloka di televisi. Beberapa bulan berlalu tanpa sedikit pun aku berfikir untuk membeli tiket ke Traveloka. Aku masih lebih percaya kalau beli tiket di website resmi maskapai penerbangan pasti lebih murah, praktis, aman, dan terpercaya.

Suatu hari beberapa bulan yang lalu tiba-tiba temen kantor yang duduk bersebelahan denganku yang punya hobi traveling ngomong sama aku' "Eh kalau beli tiket di Traveloka ternyata lebih murah lho daripada tiket di website maskapainya...".

"Masak sih,...?", tanyaku dengan sinis.

Obrolan pun berlalu begitu saja, aku pun tak berpikir untuk membuktikan omongan temanku itu.

Tiba-tiba pertengahan Oktober lalu, aku mendadak mendapat tugas ke Jakarta. Kok kebetulan saat itu aku kepikiran omongan temanku soal Traveloka. Langsung saja kucoba untuk membuka situsnya.



Daftar Pilihan Penerbangan (www.traveloka.com)
"Wow, proses loadingnya dan waktu untuk memunculkan daftar penerbangan yang kucari dari beberapa maskapai ternyata cukup cepat. Kupilihlah untuk keberangkatan aku menggunakan maskapai Garuda Indonesia, dan baliknya menggunakan Citilink. Ternyata benar lebih murah beberapa puluh ribu dari harga resmi yang tertera di website resmi maskapainya (aku lupa berapa pasti nominal selisihnya). Pada saat yang sama aku membuka website resmi maskapainya.

"Loh, kok bisa ya?", tanyaku dalam hati dengan penuh rasa heran. "ah, masa bodoh ah... Yang penting aku dapat tiket lebih murah, lumayan selisihnya bisa nambah ongkos taksi!"

Dan yang lebih OK lagi ternyata untuk pembayarannya tidak dikenai fee apapun, termasuk penggunaan kartu kredit, padahal untuk transaksi menggunakan kartu kredit di citilink contohnya sekarang dikenakan biaya lebih 3% dari total pembelian (padahal beberapa waktu lalu masih gratis). Di beberapa website maskapai masih tetap tidak dikenakan biaya tambahan meskipun menggunakan kartu kredit.

Pembelian di Traveloka juga sangat mudah, bahkan lebih mudah dan praktis daripada membeli di website resmi maskapai. Bagaimana nggak mudah, lha wong kita nggak perlu sign up ataupun mengisi biodata yang sangat banyak, melainkan cuma mengisi Nama (sesuai kartu identitas), Nomor HP dan Email. Itu aja, sangat praktis dan hemat waktu kan.... Kita nggak perlu repot2 membuka dompet untuk mencari nomor KTP ataupun menulis alamat rumah yang biasanya tidak cukup satu baris.


Harga Resmi di website Citilink yang nampak lebih mahal (www.citilink.co.id)

Form Data Pemesan (www.traveloka.com)
Aku pun saat itu membayar melalui Kartu Kredit, maklum lah tengah bulan sudah mengempis uang di tabungan. Sangat lancar dan begitu transaksi berhasil diproses dan diterima, email dari Traveloka berisikan invoice dan e-ticket pun segera meluncur ke inbox kita.

Pengalaman pertama menggunakan Traveloka cukup mengesankan, sepertinya besok-besok kalau pesan tiket lagi, Traveloka menjadi pertimbangan utama untuk kukunjungi....

O iya aplikasi mobile Traveloka saat ini sudah tersedia di apps store Apple dan Play store Android. Sayangnya aplikasi ini tidak bisa ku-install di iPhone jadulku yang nggak support iOS 7, ya sudahlah....


Referensi:
www.citilink.co.id
www.traveloka.com

2 comments:

  1. Wah enaknya Booking Tiket ya di Traveloka .

    ReplyDelete
  2. Jelas lebih enak beli tiket online , ga ribet dan simpel , harganya pun sedikit lebih murah dari yang lain.

    ReplyDelete