Monday, November 24, 2014

Pengalaman Mengesankan Bersama Garuda Indonesia

"Kamu mudik naik Apa?", tanya si A kepada si B

Si B pun dengan mantap menjawab, "Naik Garuda dong....!"

Percakapan seperti itu seringkali kita dengar baik antara kita dengan teman, antar kolega kita, bahkan dalam keluarga besar kita sendiri. Aku pun sering menjadi seperti si B, setidaknya naik Garuda Indonesia seolah-olah statusku ikutan naik kelas, ha ha.....

Sumber: emarketing@email.edm-garuda-indonesia.com

Tidak hanya kesan eksklusif, melainkan juga rasa nyaman, aman dan on time itulah yang sudah menjadi mind set kita saat mendengar kata Garuda Indonesia. Pelayanan yang ramah oleh pramugari-pramugari cantik merupakan competitive advantage yang sering ditonjolkan oleh Garuda Indonesia. Wajar saja kalau Garuda Indonesia diganjar menjadi The World's Best Airline Cabin Crew Tahun 2014 versi Skytrax mengalahkan Cathay Pasific dan Singapore Airlines di peringkat kedua dan ketiga.

Garuda Frequent Flyer Saya (dok. pribadi)
Ngomong-ngomong soal pengalaman dengan Garuda Indonesia, aku sudah lebih dari lima tahun ini mondar-mandir naik Garuda Indonesia. Sudah nggak kehitung berapa kali, yang pasti aku belum pernah setahun lebih dari 30 kali, soalnya kelihatan dari kartu Garuda Frequent Flyer-ku yang warna masih setia Silver belum berubah jadi Gold, hehe....

Ketika aku memutuskan untuk membeli tiket pesawat pastinya pertimbangan nomor satu adalah faktor keamanannya. Untuk yang satu ini aku sangat percaya dengan Garuda Indonesia dimana GMF Aero Asia yang sangat berkompeten untuk melayani jasa perawatan pesawat terbang dengan standar yang tinggi menjadi salah satu anak perusahaannya. Pastinya kita nggak mau dong pakai pesawat dengan ban vulkanisir ataupun kita dengar di berita bahwa ada pesawat maskapai lokal yang bagian kecil sayapnya jatuh di perkampungan penduduk, Oh amit-amit, jangan sampai itu terjadi dengan Garuda Indonesia.

Pertimbangan Kedua adalah harga tiket. Harga tiket penerbangan saat ini tidak jauh berbeda antara maskapai yang satu dengan yang lainnya. Garuda Indonesia sebagai Maskapai Terbaik Indonesia selama ini mempunyai kesan maskapai eksklusif dengan harga tiket yang terkenal mahal. Hal tersebut tidak sepenuhnya benar, penawaran Tiket Pesawat Murah oleh Garuda Indonesia sering diadakan. Misalnya di Event Garuda Indonesia Travel Fair yang biasa digelar di Kota-kota besar Indonesia seperti yang kemarin baru digelar adalah Garuda Indonesia Travel Fair di Samarinda yang menawarkan berbagai promo diskon menarik, cashback ataupun cicilan 0% menggunakan kartu kredit Bank Mandiri dan berbagai promo menarik lainnya. Bahkan jika kita berlangganan e-mail penawaran promo dari Garuda kita sering dikirimi email pemberitahuan jika ada tiket promo, diskon, harga early bird ataupun event-event travel fair dimana banyak diskon tiket Garuda Indonesia untuk berbagai tujuan di Tanah Air maupun Mancanegara.
Iklan Garuda Indonesia Travel Fair di Samarinda (sumber: emarketing@email.edm-garuda-indonesia.com)

Aku seringkali mendapat tiket murah untuk Garuda Indonesia, bahkan lebih murah dari tiket maskapai penerbangan dalam negeri lainnya,  ekstremnya lagi malah GRATIS! Khusus tiket gratis itu, karena aku menukarkan sejumlah poin dari Garuda Frequent Flyer (GFF) dengan tiket Garuda Indonesia. Ketika itu aku menukarkannya di Kantor Perwakilan Garuda Balikpapan dengan tiket jurusan Balikpapan-Surabaya untuk penerbangan pas liburan panjang akhir Mei yang lalu. Lumayan, pas kantong cekak, pas ada tiket gratisan....... Nah untuk tiket pulangnya dari Surabaya ke Balikpapan saat itu aku mendapatkan harga promo plus tambahan diskon 10% karena aku melakukan transaksi dengan Kartu Kredit Mandiri SKYZ. Sudah dapat harga promo, dapat diskon tambahan pula... Oh senangnya.... 

Promo Beli 2, Harga Lebih Hemat (Sumber: www.garuda-indonesia.com)
Lebih nyamannya lagi saat saya menukarkan poin dengan tiket, mbak-mbak customer service di Kantor Perwakilan Garuda Balikpapan melayani dengan sabar dan ramah meskipun saya termasuk pelanggan yang banyak tanya sana sini alias cerewet. Yang membuatku senang lagi, ternyata si mbaknya secara proaktif memberikan informasi promo-promo terbaru dari Garuda yang kebetulan saat itu ada diskon untuk transaksi menggunakan kartu kredit Mandiri. Aku yang tidak tahu promo itu, jelas merasa diuntungkan. Si Mbak bisa saja cuek tidak memberikan info promo terbaru dan aku membayar dengan harga normal, namun hal itu tidak terjadi. Ternyata tidak hanya prima pelayanannya di udara, melainkan di darat pun tak kalah prima.

Yang kusuka setiap perjalananku dengan Garuda adalah:

Pertama
Hampir seluruh penerbanganku dengan Garuda Indonesia, proses check in kulakukan melalui web check in. Selain bisa mencetak boarding pass sendiri, kita tidak perlu antre di check in counter bandara, dan tidak perlu terburu-buru ke bandara. Dengan web check in kita juga bisa memilih kursi sendiri, mau di dekat jendela ataupun di lorong. Praktis banget!

Kedua
On Time! Maskapai Terbaik Indonesia ini sudah lekat dalam ingatan masyarakat tentang ketepatan waktunya. Citra suatu maskapai yang paling utama ditentukan oleh ketepatan waktunya, apalagi buat penumpang dengan tipe sepertiku yang sangat tidak sabar jika disuruh menunggu boarding apalagi sampai delay berjam-jam.

Ketiga
Cover Majalah Colours Edisi Maret 2014
(sumber: www.garuda-indonesia.com)
Layanan Kabinnya sangat memuaskan. Pertama kali kita masuk di pintu pesawat sudah tersedia beberapa jenis koran lokal maupun nasional yang bisa kita ambil untuk bacaan selama perjalanan. Sesampainya di tempat duduk, kita juga disuguhi majalah bulanan Colours Garuda yang menyajikan eksotisme alam Indonesia dan liputan perjalanan di tempat-tempat wisata dunia.

Dengan ruang kaki yang lebih lebar dari rata-rata maskapai nasional, menjadikan duduk dalam waktu berjam-jam masih tetap nyaman. Untuk rute jarak menengah seperti Balikpapan - Jakarta yang sering kujalani, Garuda menyajikan menu makan besar. Menunya sendiri terdiri dari dua jenis berbeda. Misalnya Nasi Daging atau Pasta Ikan, Nasi Ikan atau Pasta Ayam, dan banyak lagi menu variasi lainnya. Semuanya disajikan dalam kondisi hangat, yang menurutku tetap terasa lezat, padahal berdasarkan penelitian indra perasa manusia kurang peka terhadap rasa makanan saat dalam penerbangan di ketinggian ribuan meter dari permukaan tanah. Dengan kata lain, kualitas dan citarasa makanan yang disajikan Garuda mempunyai standar yang tinggi sehingga dapat mengantisipasi permasalahan tersebut. Menurut salah satu teman kantorku yang paling membuatnya berkesan terbang dengan Garuda adalah makanannya, dia pernah berkata,"Makanan di Garuda itu meskipun porsinya sedikit tapi Ueeenak Tenan yo Mas,.......!",  jelas aku sependapat dengannya. Selain itu, di dalam kotak makanan yang dibagikan ada menu dessert-nya juga, biasanya berupa roti lembut, atau dulu pernah juga kujumpai berupa es krim ataupun potongan buah segar. Komplit lah....

Untuk minumannya tersedia mulai dari air mineral, minuman bersoda, teh dan kopi hangat, susu, jus apel, jeruk, dan jambu biji.


"Mau minum apa Pak?", dengan ramah si Pramugari menyapaku.

"Jambu pakai es ya...", pintaku dengan otomatis karena aku jarang memesan minuman jenis lain selain jus jambu biji dingin.

Ketika sudah selesai makan pun, Mbak-mbak pramugari seringkali menawari, "Mau nambah minum Pak?"

"Terima Kasih, sudah cukup.", balasku. 
Sebenarnya dalam hati aku pengen nambah, tapi berhubung aku termasuk orang yang gampang kebelet buang air kecil, aku pun membatasi asupan minumanku.

Rute-Rute Baru Garuda di Kalimantan (sumber: emarketing@email.edm-garuda-indonesia.com)
Berbeda dengan rute jarak menengah ataupun jauh yang pasti mendapatkan jatah makan besar, untuk rute pendek yang kira-kira satu jam-an waktu tempuhnya, semisal rute Balikpapan-Surabaya, atau Surabaya-Jakarta yang sering kunaiki tidak diberikan makan besar melainkan snack dan minuman, mengingat penyajian makanan berat yang tidak memungkinkan jika penerbangan hanya berkisar satu jam-an. Tapi hal itu nggak masalah bagiku.

Berikutnya adalah entertainment flight. Naik Garuda Indonesia sekarang nggak perlu takut mati gaya sekalipun di kelas ekonomi. Kita dengan mudah menikmati hiburan dari layar LCD di depan kursi kita masing-masing yang berisikan berbagai macam tayangan, mulai dari film-film Box Office, film terkini, film-film Jepang, Korea, Cina, ataupun film-film lokal. Tayangan komedi sampai dengan liputan daerah-daerah wisata ada semuanya di layar sentuh yang kira-kira selebar 8 inch. Perjalanan yang membosankan selama kira-kira 2 jam dari Balikpapan ke Jakarta pun tidak terasa, tahu-tahu pramugari mengumumkan kalau pesawat sudah siap mendarat.

Entertainment Flight di Kelas Ekonomi Garuda Indonesia (Sumber: www.garuda-indonesia.com)

Sepanjang perjalanan, aku jarang tidur di kabin. Selain membaca majalah ataupun nonton film, aku punya hobi mengamati gerak-gerik sang pramugari. Bukan karena mataku yang hobi jelalatan, tapi ingin membuktikan kalau keramahan dan pelayanan pramugari Garuda Indonesia memang jawaranya di dunia penerbangan. Ternyata dugaannku sama dengan kebanyakan orang yang biasa menggunakan jasa Garuda Indonesia untuk perjalanannya. Dimulai dari senyum ramah mengembang ketika penumpang memasuki pintu pesawat, gesit membantu penumpang yang kesulitan menaikkan tasnya di bagasi kabin, dan tanggap dengan memberikan mainan kepada penumpang anak-anak ataupun selimut kepada ibu-ibu yang kedinginan.  Ketika menyajikan makanan pun sekiranya ada penumpang yang tertidur, mbak pramugari berusaha membangunkan dengan suara yang halus, kalau pun terpaksa si penumpang tidak bangun maka meja kecil di sandaran kursi di depan si penumpang dibukakan dan diletakkannya makanannya di situ. Dalam menyajikan makanan dan minuman, para pramugari tersebut lumayan cepat dalam menyajikan, sehingga penumpang tidak terlalu lama untuk menunggu. Dan yang menarik dari pramugari Garuda Indonesia adalah pakaiannya yang elegan dan bernuansa Indonesia banget. Rambut mereka pun ditata dengan disanggul modern simpel sehingga uraian rambut mereka tidak mengganggu dalam menyajikan makanan dan meminimalisir potensi rambut mengenai wajah penumpang.

Senyum Ramah Pramugari Garuda Indonesia (Sumber: www.garuda-indonesia.com)
Pengalaman saya yang sangat berkesan dengan pelayanan Pramugari Garuda Indonesia adalah ketika saya dari Jakarta menuju Balikpapan membawa TV LED 19 inch yang saya bawa masuk ke kabin. Ada kekhawatiran saya, "Jangan-jangan TV ini tidak diperbolehkan masuk kabin. Jangan-jangan TV ini nanti tergencet dengan barang-barang penumpang lain di bagasi kabin..." Ternyata segala kekhawatiranku itu hilang seketika, saat tiba-tiba seorang Pramugari menyapaku,

"Maaf pak, barang yang dibawa itu monitor ya?"

"Iya betul Mbak!', jawabku lugas

Langsung saja saya masukkan ke bagasi kabin, dan si mbak pramugari dengan sigap langsung menutup bagasi itu yang di dalamnya hanya ada TV dan tas bawaanku saja, sehingga tidak tergencet dengan barang-bawaan penumpang lainnya. Aku merasa terkejut  dan tentunya sangat puas saat itu. Ternyata sang pramugari juga peduli dengan barang bawaan penumpangnya. Ini salah satu bukti bahwa Garuda Indonesia telah menerapkan service excellent dengan sangat baik, tidak sekedar keramahan ataupun pelayanan  standar yang bisa diprediksi melainkan sudah sampai tahap surprising bahkan unbelievable (tahapan tertinggi dalam tangga kepuasan konsumen), yang mana si pelanggan merasa terkejut dan tidak pernah membayangkan sebelumnya mendapatkan pelayanan  sebaik  itu. Wow!

Garuda Indonesia, dengan pencapaianmu kini dan pelayananmu yang senantiasa prima, aku yakin tahun depan kamu bisa jadi The World's Best Airline.

Sumber Gambar:
1. Foto Dokumentasi Pribadi
2. www.garuda-indonesia.com
3. E-mail dari Marketing Garuda Indonesia (emarketing@email.edm-garuda-indonesia.com)


1 comment:

  1. Garuda memang pelayanan sangat excellent begitu juga dengan harga tiketnya.. thks for your sharing views

    ReplyDelete