Saturday, December 13, 2014

NgeBlog Membuncahkan Semangatku

Screenshot blog pribadi saya (dok. pribadi)
Sudah hampir 10 tahun ini kutuliskan berbagai pengalaman dan uneg-unegku di blog. Sudah tak terhitung lagi berapa banyak akun blog yang kubuat dan tidak ku-update lagi, dan yang tersisa adalah akun blog ini yang usianya udah hampir 7 tahun namun untungnya masih ku-update rutin sampai saat ini.

Berbagai macam hal kudapatkan dari aktivitas ngeblog ini:

Pertama, bisa berbagi dengan orang lain adalah hal yang sangat menyenangkan. Seperti kata ungkapan "sebaik-baiknya orang adalah orang yang bermanfaat bagi lainnya". Begitu pula yang terjadi saat kita menulis dalam sebuah blog. Ketika kita membagi pengalaman, informasi, atau apapun itu dalam tulisan kita di blog dan dibaca banyak orang apalagi mereka memberikan komentar positif dan berterima kasih kepada kita, itu merupakan sesuatu yang luar biasa menurutku. Rasa bahagia itu otomatis muncul menyeruak ketika banyak pembaca yang mengapresiasi tulisan kita dan menganggapnya bermanfaat bahkan mampu menginspirasi. Meskipun nggak ada uang atau hadiah yang menyertai, tapi punya kesempatan berbagi hal positif melalui blog dengan orang lain tuh SENANGNYA DI SINI (sambil memegang dada kiri dengan tangan kanan). Seperti halnya saat salah satu tulisanku tentang bahaya pohon trembesi yang kuposting di media blog keroyokan terbesar di Indonesia ini menjadi Headline dan dibaca ribuan orang serta mendapat banyak komentar positif, Oh bahagianya..... (tak terukur dengan uang lah pokoknya)

Kedua, dengan menulis di blog bisa selalu menjaga semangat dan motivasiku. Saat ini aku bertugas di luar Jawa, di Balikpapan tepatnya. Sudah lebih dari 2 tahun aku berada jauh dari anak istriku di Tulungagung, Jawa Timur. Berjarak ribuan km dari keluarga tentunya membuat siapa pun akan selalu rindu, dan tak ayal bisa merontokkan semangat dalam bekerja karena kepikiran keluarga terus. Nah, dengan ngeblog aku bisa terus menuangkan berbagai pengalaman dan pemikiranku, aku punya kesibukan menulis di sela-sela waktu luangku, sehingga aku tidak terus-terusan kepikiran dengan anak istriku di kampung, dan pada akhirnya pun motivasiku dalam bekerja tetap terjaga.

Aku juga sering membuat tulisan-tulisan yang memberikan sudut pandang lain dalam hal bertugas di daerah, jauh dari keluarga, ongkos pulang kampung yang mahal yang sekiranya dapat dilihat dari sisi baiknya atau hikmahnya, sehingga ketika semangatku agak turun, aku tidak mau larut dalam keluhan-keluhan yang bisa semakin mendemotivasiku, aku pun segera membaca kembali tulisanku sendiri di blog, dan ternyata bisa membangkitkan lagi motivasiku. Sepertinya aneh, tapi begitulah adanya keajaiban dari hobi menulis.

Ketiga, karena aku punya hobi ngeblog, aku pun selalu semangat untuk mendorong teman-teman kantor agar mau ngeblog juga, dan aku selalu berusaha meyakinkan kepada mereka kalau ngeblog itu banyak manfaatnya. Akhirnya ada beberapa teman-teman kantor yang ikutan ngeblog, baik itu membuat blog pribadi ataupun lebih nyaman memposting tulisannya di blog-blog keroyokan. Aku pun yakin nanti akan semakin banyak teman kantor yang ikutan ngeblog, karena 'virus' kebaikan itu juga bisa menular lho.... Harus yakin itu.

Selain teman-teman kantor, anak-anak didikku juga kuwajibkan untuk memiliki sebuah blog, baik itu pribadi ataupun akun di blog keroyokan. Aku ingin menulis menjadi kebiasaan baru mereka bahkan menjadi gaya hidup mereka, sehingga waktu luang mereka pun bisa digunakan dengan aktivitas positif seperti ngeblog. Kompetisi-kompetisi menulis di blog juga sering kuadakan untuk membiasakan mereka menulis. tak jarang mereka juga kuwajibkan mengikuti kompetisi-kompetisi ngeblog yang diadakan oleh berbagai pihak. Jika mereka terbiasa menulis, ketika saatnya nanti mereka dihadapkan pada tugas akhir menulis laporan, skripsi, ataupun tesis dan desertasi, tidak akan kesulitan lagi menuangkan ide dan pemikiran mereka dalam bentuk tulisan. Tidak ada ceritanya lagi menulis skripsi sampai bertahun-tahun kalau data yang dibutuhkan sudah lengkap.

Senang rasanya bisa berbagi kebiasaan positif dengan orang lain.

Keempat, Saat ini banyak lomba-lomba blog yang diselenggarakan oleh berbagai institusi pemerintah ataupun swasta. Hadiahnya pun sangat menggiurkan, mulai dari emas, uang tunai, tiket pesawat, sampai dengan voucher belanja menjadi iming-iming lomba blog itu. Nah, kebetulan pernah beberapa kali aku menjadi pemenangnya. Rasanya bahagia sekali, bukan semata-mata karena hadiahnya, melainkan pengakuan atas tulisan kita itulah yang menjadi kebanggaan tersendiri, dan membuat semangat menulis kita semakin membuncah dan menular ke energi positif kita untuk bekerja semakin meningkat. Hal itu sudah kubuktikan sendiri, kemarin tanggal 11 Desember 2014 kebetulan aku mengisi acara di suatu instansi pemerintah di Nunukan Kalimantan Utara, daerah perbatasan dengan Malaysia. Perjalanan yang panjang dan melelahkan untuk menuju kesana sempat membuat semangatku agak menurun. Namun malam sebelumnya, tepatnya tanggal 10 Desember 2014 ketika aku masih menyiapkan materi di kamar hotel untuk acara keesokan harinya, iseng-iseng kubuka pengumuman lomba blog yang kuikuti, dan SURPRISE ternyata aku menjadi salah satu pemenangnya dengan hadiah uang tunai satu juta Rupiah, Aku merasa senang sekali dan seketika itu pula rasa capek yang menggelayut di badan sirna tak berbekas. Semangatku berkobar dan rasa percaya diriku memuncak seketika untuk tampil keesokan harinya.

Kelima, orang seringkali antusias menulis ketika baru pertama kali mempunyai blog, namun tak jarang setelah tahun kedua, ketiga, bahkan baru beberapa bulan, blognya sudah tidak pernah di-update lagi. Agar tidak terjadi seperti itu, kita perlu memperbanyak dan mempertajam ide menulis dengan mengasah kepekaan terhadap lingkungan sekitar kita. Menulis artikel tidaklah melulu harus artikel yang mampu memotivasi, menginspirasi ataupun bombastis beritanya. Dengan menulis pengalaman kita misal dalam berbelanja online, membeli tiket pesawat, menggunakan jasa perbankan, atau hal-hal lain yang dekat dengan keseharian kita, bisa dijadikan topik yang menarik dalam menulis. Pengalaman-pengalaman dalam melakukan keseharian kita seringkali menjadi hal yang bermanfaat ataupun menjadi referensi bagi orang lain (pembaca) sebelum melakukan sesuatu. Dalam komentar-kkomentar di blogku ini sering kutemukan komentar yang menyatakan terima kasihnya kepadaku, padahal aku menganggapnya itu cerita biasa,  eh ternyata berguna bagi orang lain. Alhamdulillah....

Keenam, mendapatkan uang dari aktivitas ngeblog adalah sesuatu yang bukan mustahil didapatkan. Adsense dan affiliate merupakan dua mekanisme kita mendapatkan pundi-pundi dari aktivitas ngeblog. Aku sendiri sudah merasakan senangnya mendapat uang dari iklan di blog. Ketika tiba-tiba saja di rekeningku mendapat transfer uang, meskipun nominalnya tidak seberapa paling tidak menambah semangat kita untuk senantiasa meng-update artikel di blog kita.

Ketujuh, salah satu bagian dari blog yang kusenangi adalah bagian komentarnya. Karena bagian ini membuat sebuah blog menjadi hidup, seperti sahut-sahutan pedagang dan pembeli di pasar. Aku merasa jika artikelku di komentari apakah itu positif ataupun negatif, saya harus berterima kasih pada komentator-komentator itu yang mana bisa membuatku tambah bersemangat menulis artikel-artikel baru yang lebih bagus dan menarik.

Bisa Berbagi pengalaman dan sesuatu yang bermanfaat melalui tulisan di Blog merupakan amal jariyah tersendiri bagi kita. Nikmati, syukuri, dan lihat apa keajaiban yang terjadi nanti....

4 comments:

  1. Jadi ikutan semangat buat comment. Semangat update blog nya yah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima Kasih semangatnya Mas Sandhi.....

      Delete
  2. selamat semoga update terus..!!

    *jadi inget blog pertamaku yang di banned wordpress, hiks...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Mas Bimakuru....

      Delete