Wednesday, December 17, 2014

Pengalaman Belanja di Bukalapak


Se-Balikpapan sudah ku-ubek-ubek untuk mencari Baterai Nokia E61-ku yang sudah ngedropan, maklum sudah 7,5 tahun usianya...... Awet ya...! Mulai dari Rapak Plaza pusat penjual handphone terbesar di Balikpapan sampai dengan Nokia Centernya (yang sudah sangat sepi, sebentar lagi tutup kayaknya...) di kompleks Pertokoan Klandasan, semuanya nihil. Hampir putus asa aku dibuatnya.... sayang banget kalau mau mem-'pensiun'- kan HP kesayanganku yang sudah menemaniku sejak mahasiswa, mengirim lamaran dan melihat info lowongan kerja saat lulus kuliah, sampai dengan perannya sebagai gadget andalanku untuk menulis di blog. Tiba-tiba saja aku ingat, "Oh, kayaknya aku pernah liat ada yang jual baterai BP-5L untuk nokia E61 ini di Bukalapak!" Segera saja kubuka Bukalapak.com.
Eh, ternyata ada bener di Bukalapak.com, nggak basa-basi langsung saja kupesan 1 buah. Entah itu ORI atau KW nggak masalah bagiku, yang penting bisa memperpanajang umur si E61-ku. Seperti mall Online lainnya, Bukalapak hanya menyediakan tempat untuk penjual-penjual menggelar lapaknya. Nah, di situ banyak penjual yang menawarkan baterai BP-5L untuk nokia 9500 dan 7710 dengan kisaran harga Rp80.000,- s.d. Rp225.000,-. Semuanya menawarkan baterai Original, entah mana yang benar-benar ORI yang pasti aku beli yang paling murah, dan pilihanku jatuh pada penjual dengan nama 'Zumacell' yang menawarkan baterainya seharga Rp80.000,-. Mengapa aku memilihnya karena selain menawarkan pengiriman menggunakan JNE, dia juga menawarkan pengiriman dengan Pos Kilat Khusus yang jauh lebih murah. Maklum posisiku sekarang ini ada di Balikpapan, yang jika menggunakan jasa JNE harus menambah ongkos kirim sebesar Rp36.000,- jauh sekali dibandingkan dengan ongkos Pos Kilat Khusus dengan tarif Rp7.700,-. Berhubung aku nggak terlalu terburu-buru untuk memakainya, kupilihlah pengiriman dengan Pos Kilat Khusus, Jelas lebih Ekonomis! Toh bisa di-tracking juga.

Bukalapak telah menyediakan berbagai metode pembayaran bisa melalui Transfer Bank Mandiri, BCA, BNI, dan BRI. Bisa juga dengan Mandiri Clickpay (charge Rp5000), BCA KlikPay (charge Rp6754), dan Cimb Clicks Niaga (charge Rp5000). Terakhir menggunakan Rekening Buka Dompet dari Bukalapak. Jelas saja aku milih metode transfer melalui Bank Mandiri yang bebas biaya.
Berhasil melakukan transfer, langsung kukonfirmasi melalui website Bukalapak.com. Setelah konfirmasi dan pembayaran sukses  diterima oleh Bukalapak, Aku langsung mendapat email konfirmasi yang menyebutkan jika pembayaranku berhasil, dan di situ juga tertera kalau penjual mempunyai waktu  4x24 jam untuk mengirimnya. Kalau penjual tidak mengirimnya, uang yang kutransfer akan masuk ke rekening Buka Dompet akun kita di Bukalapak yang sewaktu-waktu bisa kita gunakan lagi, atau kalau tidak ya bisa di-redeem /ditransfer kembali ke rekening kita. Sangat aman lah pokoknya! Nggak khawatir tipu-tipu.

Dua hari kemudian aku kembali mendapat email konfirmasi dari Bukalapak yang menyatakan bahwa barang pesananku sudah dikirim melalui pos oleh Zumacell dan terlampir nomor resi pengirimannya yang bisa ku-tracking di website PT Pos Indonesia. Pada tanggal 1 Desember aku mendapatkan email konfirmasi jika barangku pesananku telah sampai tujuan. Kebetulan saat tanggal tersebut aku sedang berada di Jakarta, dan barangnya diterima oleh Satpam di Kantorku Balikpapan. Di email tersebut aku diminta untuk melakukan konfirmasi penerimaan jika barang memang benar-benar sudah diterima, dan waktu yang disediakan adalah 1x24 jam sebelum uang pembayaranku benar-benar dikasihkan ke penjual. Kutanyalah temanku di kantor, dan ternyata benar barang pesananku sudah sampai dan segera kulakukan konfirmasi penerimaan.


Setelah kucoba baterai barunya di Nokia E61-ku, sementara ini aku puas dengan performanya. Ternyata temanku juga pesan baterai handphone-nya yang sudah menggembung ke Zumacell melalui Bukalapak.com. Dua kali aku sudah mencoba membeli barang di Bukalapak.com dan keduanya membuatku puas.




Sumber Gambar: Screenshot Transaksi di Bukalapak versi mobile dan Foto Pribadi

3 comments:

  1. Bukalapak sekarang makin berkembang pesat, lazada saja sudah kalah sekarang ya mas :)

    ReplyDelete
  2. simak juga pengalaman saya di Bukalapak :)

    ReplyDelete
  3. Sekarang sudah banyak fitur baru dari bukalapak yang pastinya mempermudah pembeli dan penjual.

    ReplyDelete