Sunday, February 15, 2015

Aih.... Akhirnya Aku Membeli Batu Bacan Doko

Batu Bacan disorot senter HP (dok. pribadi)
Bacan, sejenis batu akik asal Maluku Utara ini ngetren beberapa tahun terakhir ini. Konon batu ini jadi meroket popularitasnya setelah Presiden SBY mengenakan batu itu begitu pula dengan Obama.

Batu yang dianggap 'hidup' ini bisa berubah terus warnanya meskipun sudah menjadi mata cincin, Batu Bacan ada berbagai macam jenis, dan yang paling terkenal adalah Bacan Doko. Batu ini jika disorot senter atau diterawangkan ke sinar matahari akan menyeruak warna hijau menyala yang sungguh indah, terlihat serat-serat di dalam batunya. Aku kurang tahu jelas ciri-ciri lainnya, di website-website yang  mengulas tentang batu akik banyak yang mengulas ciri-cirinya, baik yang asli atau palsu, baik yang berkualitas nomor wahid ataupun yang ecek-ecek.

Nah, aku sendiri sama sekali tidak punya minat terhadap batu akik, meskipun setahun terakhir ini di kantorku sedang heboh dengan batu-batu akik. banyak teman-teman yang mebeli abtau akik, sampai Kepala Kantorku pun ikut-ikutan mengkoleksinya. Aku masih lebih tertarik dengan tanaman, gadget, ataupun aktivitas ngeblog.

Sampailah pada beberapa pekan yang lalu, tiba-tiba saja aku dikejutkan oleh telepon dari ayahku kalau Beliau lagi seneng dengan batu akik. Maklum setiap kali Beliau nongkrong di warung Kopi, teman-temannya nongkrong lagi heboh membahas batu akik. Aku terkejut, ternyata Beliau tahu juga Batu Bacan, dan anggapannya di Kalimantan harga batu-batu akik masih sangat murah.

Hampir setiap hari beliau menelpon untuk menanyakan batu Bacan. Aku diminta untuk mencarinya, aku pun berusaha menyanggupi permintaan Ayahku itu. Kebetulan salah satu satpam di kantor berjualan batu akik. aku pun minta tolong kepadanya untuk dicarikan batu bacan yang hijau kebiruan yang agak besar.

Ternyata respon dia sangat cepat, baru pagi hari aku menanyakan kepadanya, eh siangnya sudah ditunjukkan kepadaku. Kupotret batunya yang berwarna hijau kebiruan seukuran diameter uang koin 500 aluminium. tergolong lumayan besar untuk ukuran  batu akik. aku juga ditunjukkan batunya ketika diterawangkan ke sinar matahari sudah cukup menyala hijau. Jenisnya adalah Bacan Doko.

Segera kuemail foto batu itu ke Ibuku dan diperlihatkan ke Ayah. Ternyata beliau cocok, Harganya 2 juta Rupiah, nominal yang lumayan tinggi buatku. Berlian pada cicncin kawinku saja harganya cuma satu juta, eh ini batu akik malah sampai 2 juta, Nggak papalah, itung-itung biar Beliau seneng dan awet umurnya, hehe......


No comments:

Post a Comment