Monday, March 23, 2015

Biaya Perubahan Jadwal Citilink

Pesawat Citilink di Apron Bandara Juanda (Dok. pribadi)
Ketika kita sudah jauh-jauh hari merencanakan jadwal penerbangan, tentunya kita berharap tidak ada perubahan jadwal di kemudian hari. Pesan tiket jauh-jauh hari umum dilakukan oleh para penumpang pesawat karena iming-iming harga murah yang cukup lumayan. Apalagi tiket yang sudah murah itu ditambah lagi dengan promo diskon dari merchant tertentu semacam traveloka atau tiket.com.

Nah, kebetulan sekitar minggu ketiga februari kemarin aku memesan tiket citilink untuk terbang pada tanggal 2 April dan pulang tanggal 5 April, lumayan ada libur hari jumat yang berarti bertambah panjang libur akhir pekanku, “bisa pulang ke Jawa nih, nengok Manggala!”, pikirku saat itu. Apalagi saat itu sedang ada promo diskon Rp125.800 kerja sama antara tiket.com dengan BCA dalam rangka ulang tahun BCA ke-58. Tak mau menyia-nyiakan kesempatan, kubelilah tiket dengan total harga sekitar 1,3 jutaan. Untung banget rasanya saat itu.

Tanggal 6 Maret Sore ternyata ada kabar mendadak bahwa diriku harus mutasi ke Pontianak. Ahhh Tidakkkkk…….! Aku memang sebenarnya sudah feeling mau pindah, makanya saat aku beli tiket terakhir itu rasanya gojag-gajig, beli nggak beli nggak….! Akhirnya kumantapkan beli karena ‘bujuk rayu’ diskon menggiurkan, dan kalaupun ada mutasi ya mskipun tiketnya nggak terpakai ya itung-itung syukuran. Ternyata beneran mutasi……

Agar tiketnya nggak hangus begitu saja, maka kujadwalkan ulang tiket citilink dari tanggal 2 April menjadi 20 Maret, dan dari tanggal 5 April menjadi 23 Maret. Sejak awal aku sudah tahu kalau biaya reschedule tiket citilink lumayan mahal dibanding tiket low cost carrier (LCC) lainnya. Jika Lion berkisar di rentang 100 ribuan, kalau citilink ternyata biaya dasar perubahan jadwal per tiket adalah Rp200ribu plus selisih harga beli tiket kita dulu dengan harga tiket sekarang. jadilah kemarin aku total untuk tiket pp membayar hampir 500ribu untuk biaya perubahan jadwalnya. Nggak papa lah, yang penting bisa ketemu anak istri dulu di kampung sebelum pindah tugas ke Pontianak.

Jadi sebaiknya jika membeli tiket citilink bahkan tiket garuda yang promo sekalipun paling tidak sudah punya jadwal yang fix, biar tidak terkena biaya tambahan yang gede saat merubah jadwal terbang. Memang pepatah ‘ono rego ono rupo’ jarang salah! Harga tiket murah kok minta risikonya rendah, risiko biaya mahal perubahan jadwal ya sudah sewajarnya. Kalau nggak mau terkena biaya perubahan jadwal yang jangan merubah jadwal atau beli sekalian tiket yang setidaknya kelas Y untuk Garuda Indonesia yang harganya bisa 2 kali tiket promo.

No comments:

Post a Comment