Saturday, March 28, 2015

Kuliner Pontianak: PENGKANG


Pengkang (dok. pribadi)
Puas Jalan-jalan ke Singkawang dan sekitarnya, tibalah saat kami pulang. Berangkat setelah sunset dari Pantai Batu Payung atau yang lebih beken disebut dengan Pantai MiMiLand, kami melaju langsung ke arah Pontianak. Sesampainya di Jalan Raya antara Mempawah dan Pontianak, karena sudah waktunya makan malam mampirlah kami ke suatu rumah makan yang lumayan rame, lebih tepatnya Pondok Pengkang Peniti, berlokasi di Jl. Raya Peniti Luar Km. 30. Kata driver kami, masakan seafood di rumah makan ini segar-segar dengan satu menu istimewanya.

Pondok Pengkang Peniti ini salah satu rumah makan tertua di kawasan ini. Menu Khasnya adalah ketan yang membalut udang dan dibungkus dengan daun pisang, dijepit dengan bambu dan dibakar. Mirip-mirip lemper, namun ini lebih besar dan isinya adalah udang.

Disajikan dengan sambal Kepah, semacam kerang menambah nikmat pengkang yang disajikan hangat-hangat setelah dibakar. Setiap japit bambu berisikan dua buah pengkang berbentuk segitiga. Cara memakannya pun cukup sederhana, yaitu dengan mencocol pengkang dengan sambal kepah yang rasanya enak menurutku.

Nah, ini bagian yang sensitif, yaitu soal harga. harga yang tertera di daftar menu adalah Rp7000/jepit pengkang (isi 2) dan Rp25000 untuk satu porsi sambal Kepahnya. Lho kok malah jauh lebih mahal sambalnya??? Mungkin Kepahnya kali yang mahal, atau lagi sulit dicari, entahlah.....

Sambal Kepah (dok. pribadi)
Untuk menu makanan lain yang disajikan di rumah makan ini menurutku relatif mahal. Kebetulan aku pesan nasi goreng kepah, ternyata hasilnya kurang memuaskan. Kepahnya ternyata digoreng tersendiri, tidak dicampur langsung saat menggoreng nasi, rasanya pun kurang terasa kalau itu kerang plus agak alot jadinya karena digoreng. Beda banget dengan kepah yang dibuat sambal. Untuk menu-menu ikan segarnya mungkin patut dicoba, tapi ya itu tadi tergolong kurang ramah kantong sih untuk orang sepertiku yang masih termasuk kalangan price sensitive.

Jadi untuk menyantap hidangan di Pondok Pengkang Peniti, aku cuma merekomendasikan Pengkang dan sambal kepahnya. Itu hidangan otentik/khas dari rumah makan ini.

No comments:

Post a Comment