Sunday, June 28, 2015

Harga Domain Ternyata Terus Naik

Aku masih ingat ketika sekitar 4 tahun yang lalu ketika aku untuk pertama kalinya iseng membeli sebuah domain mylovelydoctor.web.id hanya seharga Rp35rb. Memang aku beli domain yang termurah saat itu ya (dot)web(dot)id, beda halnya yang termahal tentu saja yang berakhiran (dot)com. yang harganya kalau nggak salah sekitar Rp80 ribuan. Sampai saat ini domai web.id menjadi salah satu yang termurah dibandingkan domain berakhiran lainnya 'cuma' Rp55rb per tahun.

Sejak empat tahun ini aku selalu beli domain di IDWebhost. Perusahaan penjual domain dan hosting yang berpusat diYogyakarta ini, menurutku bisa dipercaya dengan pelayanan yang prima, meskipun menurut sebagian orang harganya relatif lebih mahal daripada yang lainnya.

Domain kedua yang kubeli adalah polahku.com dengan harga promo saat itu seharga Rp60rb untuk setahun, aku sempat nyesel nggak sekalian beli untuk beberapa tahun. Perpanjangan pertama kalau nggak salah seharga Rp90ribu, dan ternyata kemarin saat perpanjangan kedua sudah seharga Rp95rb per tahun, jadilah yang kedua ini sekalian kuperpanjang 2 tahun.

Order domain ketigaku adalah siwalan.com yang kubeli sekitar akhir tahun kemarin, kalau nggak salah harganya Rp95ribu per tahun. Aku baru membelinya untuk satun saja.

Terakhir, yang baru kubeli hari ini adalah wakilmanajerinvestasi.com seharga Rp110ribu, dengan diskon promo bulan juni ini sebesar 10% jadi yang kubayar hanya Rp99ribu. Wow, ternyata harga normal pertengahan tahun 2015 ini mengalami kenaikan Rp15ribu dari tahun kemarin, buset dah.....nggak hanya sembako yang naik terus tapi domain juga, haha......!

Sekarang bukan domain (dot)com lagi yang termahal, melainkan Top Level Domain (dot)id, yang harganya saat ini di IDwebhost seharga Rp495rb per tahun, Gila.....! Itu mah cocoknya buat perusahaan-perusahaan yang bonafit atau buat artis-artis dan tokoh terkenal, terlalu mahal buat rakyat kebanyakan seperti kita-kita ini. Aku sebenarnya juga punya domain (dot)id beralamatkan di sonyhart.id yang merupakan hadiah dari ICTWatch yang sudah setengah tahun lamanya ini belum kuaktifkan, haha..... sayangkan nanti kalau sudah kuisi konten-konten tapi nggak kuperpanjang domain yang mahal itu.

Jika kita sudah beli domain harus kita update lah website atau blog kita, sayang kan sudah beli mahal-mahal tapi nggak kontinyu di-update. Ayo menulis....!

2 comments:

  1. Dulu saya juga beli pas harga 95ribu. Sekarang saya cek harga perpanjangannnya sekitar 110ribu. Sayang tuh duit. kalau tahu bakal naik mah saya seharusnya beli untuk 3 atau 4 tahun pas masih 95ribu.

    Kira2 harga perpanjangan bakal turun gak ya? Barangkali kalau diperpanjang meped tanggal jatuh tempo harganya lebih murah?
    (kalau bisa balas di blog saya juga kang)

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya kalau harga perpanjangan pakai harga normal dan setahu saya gk pernah turun meskipun mendekati jatuh tempo sekalipun. Kalau harga domain baru biasaya bisa turun kalau pas ada promo. Tks

      Delete