Saturday, August 22, 2015

Perbedaan Klik BCA dan Klikpay BCA

Screenshot Homepage Klik BCA
Seringkali kita bingung dengan istilah pembayaran di berbagai marketplace dengan metode klikpay BCA atau Klik BCA. Sekilas hampir sama, meskipun sama-sama merupakan layanan dari Bank Central Asia alias BCA ini dan juga langsung mendebet saldo rekening BCA, namun keduanya mempunyai banyak perbedaan.

1. Username dan Password
    Username dan password keduanya berbeda, tidak otomatis username dan password klik BCA bisa digunakan untuk klikpay BCA. Username Klik BCA otomatis diberikan oleh sistem saat awal mula pendaftaran, sedangkan passwordnya terdiri dari kombinasi angka-angka saja. sedangkan Username Klikpay BCA adalah berupa email yang kita daftarkan dan paswordnya merupakan kombinasi huruf dan angka.

2. Proses Verifikasi
Proses verifikasi terhadap setiap transaksi yang dilakukan juga berbeda. Jika Klik BCA menggunakan Key BCA (token fisik) untuk proses verifikasinya, berbeda halnya dengan klikpay BCA yang menggunakan One Time Password (OTP) yang akan langsung dikirimkan di nomor HP kita untuk kemudian diinputkan ke halaman klikpay BCA.
Screenshot Homepage Klikpay BCA

3. Fitur
Sebenarnya layanan Klikpay BCA merupakan bagian dari layanan Klik BCA yang khusus untuk memudahkan dalam pembayaran secara online. Sedangkan untuk Klik BCA lebih mencakup layanan perbankan yang bisa dilakukan secara online meliputi Transfer, Pembelian voucher seluler dsb, pembayaran berbagai macam tagihan, pembayaran e-commerce, melihat informasi rekening baik itu saldo, mutasi rekening, histori transaksi, dsb.

4. Akses
Untuk mengakses layanan Klik BCA harus login ke https://ibank.klikbca.com/ , sedangkan untuk mengakses Klikpay BCA tidak harus membuka halaman klikpay BCA melainkan biasanya ketika kita memilih pembayaran di toko online menggunakan klikpay BCA kita akan langsung di arahkan (redirect) ke halaman klikpay BCA.

5. Pendaftaran Layanan
Untuk bisa memiliki akses ke layanan Klik BCA kita harus mendaftar di ATN BCA atau cabang BCA terdekat dan mengambil Key BCA (token fisik) di bank cabang BCA yang kita pilih sebelumnya. Sedangkan untuk memiliki akses Klikpay BCA kita terlebih dahulu harus punya akun Klik BCA, dan jika sudah punya maka kita bisa segera mengaktivasi Klikpay BCA melalui halaman Klik BCA.

Keberadaan Klikpay BCA memang dirancang khusus untuk mempemudah pembayaran di berbagai toko online yang sedang menjamur saat ini, sehingga nasabah BCA tidak harus direpotkan untuk mengakses klik BCA yang terkenal ribet itu.

9 comments:

  1. nice, thanks for your info fellow nitizen.

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. sama-sama, terima kasih telah berkunjung.....

      Delete
  3. kalau mau mencari data transaksi pembayaran lewat klikpay bca gimana mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa login di halaman: http://www.klikbca.com/KlikPay/klikpay.html
      kemudian pilih menu My BCA Klikpay, pilih menu histori transaksi.

      Terima kasih

      Delete
  4. Sempat bingung apa bedanya.
    Searching di Google akhirnya ketemu artikel ini.
    Thanks.

    ReplyDelete
  5. Anonymous7:55 AM GMT+7

    Beda nya klikpay sama bca virtual account apa ya?

    ReplyDelete
  6. Kenapa yah mas, ketika saya ingin aktivasi BCA Klik Pay di Akun Klik BCA saya, trs pada menud Administrasi di klik ko yg keluar cuma bacaan Ganti Pin.. Mohon solusinya mas, terima kasih

    ReplyDelete