Saturday, November 21, 2015

Pengalaman Tukar SIM card Biasa dengan USIM card 4G LTE di Galeri Indosat Pontianak

USIM Card 4G LTE Indosat 
Beli handset 4G nggak afdol rasanya kalau nggak ganti kartu. Nah, kebetulan handset yang baru kupakai tipe simcard-nya adalah nano simcard. Daripada aku motong simcard sendiri dengan susah payah seperti yang kulakukan untuk iPad Mini mending aku langsung saja ke Galeri Indosat untuk tukar kartu nano simcard.

Awalnya agak sayang juga sih nukerin kartu yang sudah sekitar 9 tahun menemaniku di berbagai handset, tapi kalaupun mau kupotong menjadi nano simcard juga nggak memungkinkan karena jenis simcard-nya termasuk simcard jadul yang chip-nya relatif besar. Jadilah ikhlas kutukarkan simcard im3 lawasku.

Kebetulan saat ini aku berdomisili di Pontianak, nah selasa kemarin, begitu handset pesananku datang langsung saja siang sekitar pukul 13.00 WIB aku meluncur ke Galeri Indosat Jalan Ahmad Yani Pontianak, tepatnya di depan Ayani Mega Mall. Bangunan dengan dominasi cat warna kuning membuatnya mudah dikenali sebagai galeri Indosat.

Pertama kali saat datang, masih ditempat parkir, aku disambut ramah oleh Pak Satpam. Beliau menanyakan, "Kalau boleh tahu keperluannya apa mas?"

"Mau ganti nano simcard, Pak!", jawabku lugas

Si Pak Satpam agak kebingungan, mungkin dia baru denger nama nano simcard, yo wis lah......

Akhirnya aku diantar ke customer service di gedung bagian belakang, karena bangunan utama di depan sedang direnovasi.

Masuk ke ruang customer service, disambut meja satpam yang siap dengan nomor antreanya yang saat itu dijaga oleh seorang satpam yang lebih tua. Aku tidak diberi nomor antrean karena tidak perlu antre saat itu, dan aku pun menuju salah satu dari dua meja Customer Service (CS).

Disambut dengan jabat tangan ramah oleh Mas Aan yang kebetulan bertugas sebagai CS saat itu. Tanpa basa-basi langsung kuutarakan maksudku untuk menukarkan simcard lamaku dengan nano simcard.

Mas Aan meminta simcardku yang lama dan pinjam KTP-ku untuk dicek datanya. setelah dicek di komputer kemudian dia mengambil secarik form untuk menempelkan simcard lamaku dan menulis data-datanya, dan aku tinggal tanda tangan saja.

Sebelumnya sambbil dia ngecek data di komputer kutanya "Mas di sini belum ada 4G ya layanan indosatnya?"

"Awal Desember nanti launching Mas, sekarang sudah ada tapi belum stabil, Mas-nya mau sekalian ganti kartu 4G? jawabnya

"Iya sekalian saja ganti kartu 4G Mas, toh kalaupun nggak ada sinyal 4G bisa dinonaktifkan kan...?

Aku diberi simcard baru jeni USIM Card 4G LTE ukuran All in One, artinya dalam satu simcard itu bisa dipilih ukuran simcard biasa, micro simcard dan nano simcard yang semuanya sudah terpotong dengan presisi, sehingga kita tinggal butuh ukuran yang mana, tinggal copot saja. Bagus juga tuh ide dari indosat, jadi nggak perlu khusus cetak micro simcard atau nano sim card sendiri-sendiri.

Mas Aan menjelaskan kalau kartu akan aktif dalam waktu satu jam ke depan. Kira-kira mungkin hanya sekitar 5 menit aku di situ, luar biasa cepat. Puas dengna pelayanan Galeri Indosat Pontianak, dan tanpa dipungut biaya sepeser pun untuk penggantian Simcard.

Sesampainya di kantor, meskipun belum satu jam aktivasi simcard barunya, ternyata kartu nano simcard 4G LTE-ku sudah bisa aktif.

Kucobalah layanan 4G-nya ternyata wusshhhhh cepet banget loadingnya meskipun di sekitar tempat tinggalku sinyal 4G-nya hanya berkisar 2 bar. Ahay....

No comments:

Post a Comment