Wednesday, July 19, 2017

Cara Praktis Bayar Tagihan First Media

Setiap tanggal 15 tagihan baru langganan internetku di First Media (FM) pasti akan muncul di aplikasi My FirstMedia di iPadku. Kita juga bisa mendapatkan detail tagihan yang secara rutin dikirimkan ke email kita, meskipun tidak tepat setiap tanggal 15, untuk bulan ini malahan baru hari ini tanggal 19 Juli aku mendapatkan tagihan baru di emailku.

Yang agak surprise, tagihanku bulan ini lebih sedikit dibandingkan bulan lalu, padahal paketnya tetap sama. Nggak besar sih selisihnya cuma Rp5000,-

"Pasti ini ada kaitannya dengan metode pembayaran tagihan yang kulakukan!", pikirku saat itu.

Ternyata, setelah kubaca di detail tagihanku yang dikirimkan lewat email, untuk bulan ini tidak ada item 'Payment Charge" sebesar Rp5000,-. Lho kok bisa? Usut punya usut, bulan lalu aku bayar tagihan melalui aplikasi My First Media, dan memilih pembayaran menggunakan kartu kredit. Ternyata pilihanku tepat, pembayaran menggunakan kartu kredit langsung di aplikasi My FirstMedia tidak dikenakan biaya administrasi, lain halnya kalau kita melakukan pembayaran melalui ATm, mobile banking ataupun internet banking. Sebelum-sebelumnya aku bayar tagihan FM melalui fasilitas internet banking.

Untuk membayar melalui Aplikasi First Media, sebelumnya harus:

  1. mendownload aplikasi My FirstMedia untuk iOS ataupun android. 
  2. Kemudian klik menu "Pay Now"
  3. Muncul Pay Bill
  4. Kemudian Klik Next
  5. Pilih Metode pembayaran yang muncul, ada Visa, Mastercard, Mandiri Clickpay, DOKU Wallet, Debit Online, BNI debit online, dan OVO.
Pilihan Metode Pembayaran di Aplikasi My FirstMedia
Kebetulan aku membayar menggunakan kartu kredit Mandiri Mastercard, jadi kupilih Master Card. Selanjutnya kita diminta memilih antara DOKU dan Credit Card. Aku pilih Credit Card dan diminta untuk memasukkan nomor kartu kredit, Expiry date, dan CVV.

Jika sudah lengkap, kita klik "Pay" di bagian bawah. Pembayarannya cukup aman karena diverifikasi otomatis dengan sistem pembayaran DOKU yang akan mengirimkan OTP ke nomor ponsel kita yang terdaftar pada layanan First Media. Setelah dapat OTP, kita masukkan OTP itu ke halaman pembayaran, dan transaksi kita akan dinyatakan berhasil dan selesai. Cukup Praktis dan Aman.

Kita tidak perlu mengetikkan jumlah tagihan ataupun mencari-cari pilihan providernya (First Media)  seperti yang kita lakukan jika kita membayar tagihannya melalui ATM ataupun Internet Banking. Gratis pula biaya transaksinya. Dan Sssttt.....!!! yang penting bisa ngutang bayarnya pakai kartu kredit, hehe.....

No comments:

Post a Comment