Wednesday, August 9, 2017

Puas Beli Furnitur Berkualitas di Informa

Informa di Living Plaza Bintaro (dok. pribadi)

"Nak, besok kalau mau beli furnitur beli yang terbuat dari kayu jati, pasti awet bisa sampai anak cucu buyutmu!" Itulah 'wejangan' dari kebanyakan orang tua yang fanatik dengan furnitur berbahan baku kayu jati kepada anak-anaknya. Wejangan seperti itu tanpa kusadari menancap dalam mindset-ku tentang furnitur. Tapi ternyata zaman berubah lebih cepat dari yang diperkirakan. Hutan jati semakin sedikit, apalagi setelah penjarahan hutan jati diawal-awal era reformasi dua dekade lalu, harga kayu jati sekarang sudah sangat mihil...... kalaupun ada furnitur kayu jati yang harganya terjangkau, kebanyakan terbuat dari kayu jati muda yang kualitasnya rendah.

Sekitar 5 tahun yang lalu aku mulai menghuni rumah baru di kawasan Tangerang Selatan. Rumah baru belum afdol kalau tidak diisi yang serba baru termasuk furnitur. Salah satu furnitur yang ingin kubeli saat itu adalah lemari pakaian. Aku pun teringat dengan INFORMA. Entah mengapa pikiranku saat itu tertuju dengan Informa, mungkin karena sebelumnya aku pernah mampir di Informa cabang Bintaro  dan terkesan dengan display lemari pakaiannya yang besar-besar dan terkesan moderen elegan.

Suasana di gerai Informa Living Plaza Bintaro (dok. pribadi)
Nah, lemari pakaian yang kutaksir saat itu adalah jenis lemari dua pintu sliding yang terbuat dari papan partikel (particle board). Kok aku bisa tertarik dengan lemari yang terbuat dari papan partikel ya, padahal sejak kecil di rumah aku terbiasa dengan furnitur-furnitur yang terbuat dari jati yang kokoh tak terkecuali lemari pakaian. Namun, setelah aku tinggal di ibukota, mindset-ku tentang furnitur berubah. Tidak semua furnitur yang terbuat dari papan partikel itu ringkih, mudah rusak, dan terkesan murahan. INFORMA-lah yang mengubah cara pandangku terhadap furnitur.

Berbagai macam Furnitur di Informa Bintaro (dok. pribadi)
Dengan nama besar Informa, aku yakin kualitas produknya sangat terjamin sekalipun furniturnya terbuat dari papan partikel. Akhirnya saat itu kumantapkan hati membeli lemari yang terbuat dari particle board seharga sekitar Rp7 juta, angka yang menurutku cukup besar saat itu. Herannya kok aku berani beli furnitur di Informa ya, padahal setiap bulan aku dibebani untuk membayar cicilan KPR.

Ternyata Informa menerima pembayaran menggunakan  'Kartu Setan'....... ! What!

Eh nggak  Kartu Setan ding, tapi 'Kartu Malaikat'!

Entahlah apa julukannya boleh sebut Kartu Setan, boleh sebut Kartu Malaikat, yang pasti Kartu itu adalah Kartu Kredit yang menurutku sangat bermanfaat asal kita nggak pernah nunggak tagihan. Asyiknya lagi bayarnya bisa diangsur 12 kali, jadi nggak terasa nyicilnya.

Bisa mengajukan kredit di Informa (dok. pribadi)
Tahun demi tahun berlalu, tak terasa sudah empat tahun lebih lemari itu tetap berdiri kokoh di kamarku. Tidak ada indikasi melengkung, dimakan rayap, apalagi terkena jamur. Alhamdulillah, ternyata nggak percuma beli furnitur di Informa, barangnya terbukti berkualitas membuatku semakin mantap jika berbelanja furnitur lagi di informa. Aku jadi teringat cerita teman kantorku yang beli lemari pakaian dari kayu jati dengan harga hampir dua kali lipat dari lemari yang kubeli di Informa, ternyata setelah beberapa lama dipakai, daun pintu lemarinya agak melengkung sehingga agak susah dibuka. Sangat berbeda dengan lemari yang kubeli dari INFORMA, hanya dengan satu sentuhan jari saja bisa kugeser dengan mudah, kalau orang Jawa bilang mak tlenyer...... saking mudahnya dan smooth nggak seret. Usut punya usut yang kasus lemari pakaian temanku itu ternyata kayu jatinya bukan jati tua, melainkan jati muda yang kualitasnya kurang bagus, sehingga daya kembang susutnya masih tinggi yang mengakibatkan mudah berubah bentuk. 

Sudah hampir 5 tahun lemari yang kubeli di Informa masih bagus (dok. pribadi)
Beli furnitur kayu jati kalau nggak bener-bener terbuat dari jati tua itu menurutku mending beli furnitur papan partikel yang berkualitas. Kayu jati bisa disebut tua dan berkualitas jika dipanen pada umur 70 s.d. 80 tahun, busyet dah, lama bingits....! Nah, daripada ketipu beli furnitur kayu jati abal-abal, mending yang jelas-jelas berkualitas seperti furnitur di INFORMA meskipun terbuat dari papan partikel.


Yang membuatku semakin yakin akan kualitas furnitur yang dijual di Informa adalah tahan rayap dan tidak terpengaruh kondisi ruang yang lembab. Aku tinggal di daerah Tangerang Selatan yang tanahnya merah dan banyak sekali terdapat rayap tanah, tak jarang rumah rayap menyembul dari sela-sela nat lantai dan merembet ke furnitur ataupun kusen-kusen kayu. Namun, anehnya si rayap ataupun jamur kok enggan menjamah lemariku itu ya?


Berbagai Macam SofaBed di Informa (dok. pribadi)
Jadi sekarang kalau mau beli furnitur, coba mampir dulu di INFORMA. Dilihat dulu, diraba dulu, dirasakan dulu, kalau perlu dicium dulu bau furniturnya, hehe....... Rasakan bedanya, pasti kepincut untuk membelinya.

No comments:

Post a Comment