Wednesday, September 13, 2017

Lulu Hypermarket and Department Store BSD (First Impression)

Kantong Belanja Lulu
"LULU" mendengar kata ini mungkin akan berkonotasi sesuatu yang imut, mungil, lucu. Tapi Lulu yang satu ini bukan nama anak kecil ataupun sebuah mainan, melainkan sebuah pasar swalayan terbaru yang ada di BSD.

Menempati Gedung tersendiri di Kompleks Q-Big Mall BSD, pasar swalayan asal Timur Tengah ini, tepatnya dari Uni Emirat Arab membuka gerainya yang kedua di Indonesia pada tanggal 6 September 2017 pekan lalu. Pembukaan Lulu Hypermarket dan Department Store ini mendapat antusiasme yang tinggi dari masyarakat sekitar BSD, tentunya dengan harapan mereka mendapatkan diskon yang gede saat momen pembukaan.

Tidak berkesempatan untuk datang di pembukaan Lulu, akhirnya minggu ini aku berkesempatan untuk main ke Lulu BSD, memuaskan rasa penasaranku terhadap supermarket asal negeri Arab ini. Kebetulan Lulu BSD ini lumayan cukup dekat dari rumah, jadi cukup sekitar 10 - 15 menit sudah sampai.

Berlokasi di komplek Q-Big Mall BSD, bersama dengan Informa, Ace Hardware ataupun Mitra 10, Lulu menempati ruang yang cukup luas, mungkin merupakan tenant terluas di kompleks Q-Big. Berlokasi di tempat yang strategis berada di Jalan Boulevard Barat BSD yang menghubungkan BSD dengan Gading Serpong, Paramount, dan Summarecon Serpong tentunya menjadikan keuntungan tersendiri bagi Lulu. Q-Big tidak pelit perkara lahan parkir, baik itu motor ataupun roda empat sepengamatanku cukup terakomodir, dengan luas parkiran yang lebih dari cukup.

Aneka Bunga Plastik
Saat pertama kali masuk ke Lulu, kesan pertama yang muncul adalah sama seperti hypermarket lainnya, tetapi ada yang membedakannya. Nuansa Timur Tengah dan Islam sungguh terasa. Kalau hypermarket lain ada didalamnya sering diperdengarkan lagu-lagu sebagai backsound yang membuat suasana belanja menjadi tidak sunyi. Uniknya di Lulu saat itu, bukannya aku mendengar lagu-lagu barat atau pop dalam negeri, melainkan backsound-nya adalah orang yang sedang mengaji seperti yang kadangkala diperdengarkan di supermarket-supermarket saat bulan ramadan. Bagusnya lagi, saat waktu Azan, juga diperdengarkan suara azan.

Aneka kacang-kacangan, coklat, dan permen

Sayur dan Buah-buahan segar

Aneka Jamur segar dan awetan
Ketika aku kesana, ternyata masih masa promosi atas pembukaan gerai di Q-Big Mall itu, jadi harga-harga barang yang ditawarkan banyak yang miring alias lebih murah dari supermarket lainnya, meskipun masih ada juga harganya yang mirip, sama ataupun lebih mahal dari tempat lain. Saat itu aku memutuskan beli Handuk yang lumayan cukup murah, T-Shirt beli satu gratis satu, buah-buahan yang harganya relatif murah tapi terlihat cukup segar, pasta gigi dan sabun mandi cair juga banyak promonya, sampai dengan tepung bumbu instan buy one get one, haha......

Berbagai macam produk elektronik, pakaian, sepatu, sandal dengan berbagai macam merek juga dijual di situ. iPhone, iPad, Macbook dan berbagai macam gadget dari merek lain pun ditawarkan di Lulu. Daging sapi, kerbau, ayam potong, ayam kampung juga cukup lengkap dan terlihat fresh. Begitupula dengan sayur dan buah-buahan yang cukup banyak variannya dalam kondisi yang masih fresh. Yang menarik perhatianku di Lulu BSD adalah kounter beraneka ragam kacang yang ditempatkan di toples-toples besar, berbagai macam permen kiloan yang antreanya saat itu cukup banyak.
Antrean di Kasir tidak banyak

Nah, biasanya setelah belanja yang membuat kita jengkel adalah antre di kasir, apalagi kalau yang antre barang belanjaannya sangat banyak. Di Lulu yang saat itu cukup rama, ternyata tidak ada antrean yang signifikan paling banter paling cuma 3 orang per kasir. Kebetulan saat itu aku malah nggak usah antre karena ada kasir yang kosong. Mengapa pembeli banyak tapi tidak perlu antre? jawabannya karena jumlah kasirnya yang cukup banyak dan sebagian besar dibuka. Beda halnya dengan banyak supermarket di mal-mal yang jumlah kasirnya cukup banyak, tapi tidak dibuka semua sehingga antreannya bisa-bisa saat peak time sampai hampir 1 jam. Oiya, tas belanjaan Lulu ternyata motifnya seperti pelangi yang warna-warni.

Secara umum pengalaman berbelanja di Lulu untuk pertama kalinya cukup memuaskan plus yang paling penting cukup dekat dengan rumah, hehe....

No comments:

Post a Comment