Monday, October 23, 2017

Mencoba Fitur Transfer Go Pay

Uang Elektronik milik Gojek ini memang sudah semakin familier di masyarakat, bahkan keberadaannya sudah menjadi rival berat dari uang elektronik yang dikeluarkan oleh perbankan ataupun operator seluler. Penggunaannya yang cukup masif karena sebagian besar pengguna Gojek menggunakan Go Pay sebagai alat pembayaran berbagai macam layanan yang disediakan oleh Gojek.

Nah, selain untuk alat pembayaran Go Ride, Go Food, dan Go Go yang lain, Go Pay juga mempunyai menu transfer, yaitu saldo Go Pay bisa ditransfer ke Saldo Go Pay orang lain. Tapi sebelum bisa menggunakan fitur transfer, ada beberapa langkah pendaftaran yang harus kita lalui.

Ketika kita masuk ke menu transfer di aplikasi Gojek, kita tidak bisa langsung mentransfer saldo GoPay melainkan kita harus registrasi dulu agar bisa memanfaatkan layanan itu. Kita langsung diarahkan untuk registrasi yaitu dengan mengupload foto wajah kita dan mengupload identitas kita bisa KTP, SIM ataupun Paspor.

Aku pun langsung mengupload foto selfie-ku saat itu juga. Kulanjutkan mengupload foto KTP yang masih dalam bentuk Surat Keterangan resmi dari Disdukcapil karena blangko e-KTP habis. Sesudah upload keduanya, kita diminta menunggu dalam waktu 2x24 jam untuk proses verifikasi apakah aplikasi kita ditolak atau diterima.

Setelah beberapa jam, ada notifikasi bahwa aplikasiku ditolak. Mungkin saja penolakan itu karena yang kuupload adalah surat keterangan pengganti KTP, meskipun legal punya status yang sama dengan KTP, tapi beberapa pihak masih belum bisa menerimanya, termasuk Gojek.

Tidak mau menunda-nunda, langsung kucoba yang kedua kalinya. Kali ini dengan mengupload SIM, dan keesokan harinya ternyata aplikasiku diterima dan aku pun bisa transfer saldo Go Pay. Lumayan, daripada saldoku kebanyakan dan jarang kupakai mending kutransfer ke istriku atau kugunakan untuk membayar patungan makan dengan mentransfer ke temanku yang tentunya punya akun Gojek.

Go Pay sudah bisa digunakan untuk membeli pulsa ataupun paket data. Ke depan sebentar lagi pasti akan banyak layanan yang bisa dibayar dengan Go Pay misalkan saja, token listrik, PDAM, BPJS, tiket pesawat/kereta api. ataupun bisa juga nanti Go Pay bisa transfer langsung ke rekening bank ataupun tarik tunai di ATM manapun.

Teruslah berinovasi Gojek, saya bangga kamu menjadi Unicorn asal Indonesia yang menjadi salah satu perusahaan yang mengubah dunia (peringkat 17) versi Majalah Fortune. Maju terus karya Anak Bangsa Indonesia!

No comments:

Post a Comment