Sunday, December 3, 2017

Review Memakai Airpods Selama 2 Bulan

Airpods beserta Charging Case-nya
Pertama kali melihatnya mungkin kesan aneh yang pertama kali muncul. Ya wireless earphone besutan Apple ini memang tampil begitu ekstrim berbeda dengan produk sejenis lainnya. Airpods di awal-awal kemunculannya banyak yang meragukannya bahkan menganggapnya overprice, tapi..... Semua pandangan skeptis itu terterpis sudah. Dua kata buat Airpods, 'LUAR BIASA'!

Nggak berlebihan memang aku menyebut airpods luar biasa, bukan karena aku seorang fanboy, tapi ya memang keren abis sih. Coba aja googling di berbagai situs reviewer gadget ternama, sebagian besar menempatkan Airpods sebagai yang teratas diantara produk-produk sejenis.

Sudah sekitar 2 bulan ini aku menggunakan Airpods. Selama ini aku merasa puas, ok coba kita review satu per satu:

Pertama,  kualitas suara yang dihasilkan jernih banget. bass-nya, treeble-nya pas gitu setelannya. Performa stereonya mantap jiwa. Nggak perlu lagi diragukan lah kualitasnya. Pantas saja di awal-awal kemunculannya di pasaran, sering sekali stoknya kosong.

Kedua, Airpods dijual beserta charging case-nya yang berfungsi selain sebagai kotak penyimpanan juga sebagai baterai cadangan. Memang benar-benar produk yang dirancang untuk mobile. Selama ini jarang banget aku nge-charge karena awet banget baterai gadget ini. Aku tidak pernah ngitung persis berapa lama daya tahannya, yang aku tahu aku jarang-jarang nge-charge. Gimana nggak jarang, lha wong abis pakai langsung dimasukkan kotaknya otomatis nge-charge. Nggak pernah sekalipun aku pernah kehabisan baterai saat sedang asik mendengarkan musik. Lebih spesifiknya bisa googling review tentang baterainya yang mumpuni. Oiya satu lagi, nge-chargenya cepat banget, nggak perlu berjam-jam udah penuh!

Ketiga, Soal konektivitas nggak perlu diragukan lagi untuk gadget yang satu ini. Begitu dibuka kotaknya di dekat iPhone, iPad, ataupun MacBook langsung nyambung, aha.... nggak perlu repot-repot pairing manual. Namun, kalau kita tidak pakai gadget Apple bisa juga kok nyambung ke android, meskipun pairingnya tidak otomatis, tapi cukup cepat juga nyambungnya. Cuma kalau kita pakai Android kita tidak bisa menikmati fitur-fitur airpods lainnya seperti otomatis lagunya di-pause ketika airpods lepas dari telinga dan nyambung lagi ketika dimasukkan ke telinga lagi.

Keempat, untuk fiturnya seperti tap dua kali di airpods untuk memanggil siri ataupun untuk memutar lagu berikutnya atau pause/stop, putar lagu sebelumnya memang luar biasa canggih. Namun, aku sendiri jarang memakainya, mungkin karena selama ini menurutku dua kali tap di airpods kurang begitu responsif menurutku, kadangkala airpods tidak meresponnya meskipun frekuensinya masih banyak berhasilnya.

Kelima, Karena wireless jadi kita tidak perlu repot-repot membawa gadget kita kemana-mana ketika ingin mendengarkan musik di suatu ruangan misalnya di rumah. Untuk rumahku yang kecil, aku bisa leluasa kmana-mana baik itu di ruang tamu, di dapur, di kamar, bahkan di kamar mandi dengan pintu tertutup pun aku masih bisa asik mendengarkan musik dari Airpods tanpa terputus. Namun, kalau rumahnya besar ya ada batasan daya jangkau bluetooth-nya.

Keenam, asik buat nonton film. Maksudnya saat kita nonton film dari macbook yang kita hubungkan dengan TV kita tetap bisa menggunakan Airpods untuk mendengarkan audionya, jadi nggak ngganggu tetangga jika kita pengen denger suara yang kencang dari film yang kita tonton.

Ketujuh, selain bisa menerima telepon, airpods juga bisa kita gunakan untuk merekam suara kita. Sudah pernah kucoba saat aku buat video tutorial dengan screen recording plus kuiringi dengan rekaman suaraku melalui airpods. Hasilnya lumayan bagus, meskipun aku kurang begitu puas dengan  intensitas suaranya yang menurutku agak lemah. Namun, bagusnya noise yang sering muncul di sekitar kita dapat terminimalisir ketika merekam menggunakan airpods ini.

Mungkin itu dulu yang kuingat selama dua bulan ini menggunakan Airpods. Highly recommended to buy, tapi kusarankan ketika beli pas ada promo ya, kemarin aku beli pas ada promo jadinya sekitar 1,9 jt.

No comments:

Post a Comment