Tuesday, June 4, 2013

Electronic Solution Pilihanku

Screenshot Homepage Electronic Solution (dok. pribadi)
Mengapa kumemilih Electronic Solution (ES)?

Sejak aku pindah ke rumah baru pertengahan tahun 2012, hampir semua produk elektronikku kubeli dari ES. Mulai dari AC, kulkas, bahkan kompor sekalipun.

Produk pertama yang kubeli adalah AC merek Electrolux. Saat itu aku sedang jalan-jalan ke ES Poins Square di Lebakbulus. Sebenarnya aku tidak bermaksud membeli AC electrolux melainkan yang kuincar adalah AC LG dengan teknologi skin care-nya yang bisa menghembuskan udara bervitamin C (kata iklannya). Namun, saat aku melewati stan Electrolux, saat itu sedang ada diskon yang lumayan besar hampir 40% sehingga menjadi seharga 2,7jt-an yang bisa dicicil selama 6 bulan dengan bunga 0%. Lumayan lah itung-itung menyesuaikan kantongku yang sedang kempes karena terkuras ongkos KPR. Saat itu jujur, keputusanku saat itu cuma didasarkan oleh iming2 diskon besar dan merek besar electrolux yang terkenal dengan mesin cucinya seolah menyihirku untuk percaya akan kualitas merek electrolux, meskipun mereka merupakan pemain baru dalam produk AC dan belum cukup teruji. Sekarang AC electrolux yang kubeli setahun yang lalu masih berfungsi dengan baik walaupun belum pernah diservis, dicuci, ataupun ditambah freon. Pernah sekali kucuci penyaring udara di AC indoor yang baru minggu kemarin kucuci dari debu yang menutupinya.

Untuk pembelian AC di ES harga yang tercantum sudah termasuk biaya pemasangan, bracket, dan pipa AC. Namun aku masih terkena charge Rp20.000 untuk pengiriman di zona I, padahal iklannya di website dan media cetak gratis ongkos kirim. Jika stok AC-nya ada, maka akan dikirim pada waktu yang kita tentukan. Sedangkan untuk waktu pemasangan tidak bisa dalam hari yang sama dengan hari pengiriman melainkan minimum sehari sesudah pengiriman. Pengiriman dan Pemasangan dilakukan oleh tim yang berbeda. Untuk pengiriman dilakukan oleh pihak ES, sedangkan untuk pemasangan dilakukan oleh teknisi resmi dari merek yang kita beli. Oiya, untuk pemasangan AC kita perlu beli sendiri stecker (colokan) dengan ujung tiga, karena biasanya tidak ada dalam paket AC-nya. Kebetulan aku beli yang mereknya Broco karena sudah terkenal bagus kualitasnya dan cocok untuk daya AC yang relatif besar untuk mengurangi risiko leleh atau konsleting.

Produk kedua yang kubeli adalah kulkas. kulkas Panasonic yang sedang promo diiklankan di koran oleh ES, dan setelah kubandingkan harganya dengan di hypermarket, ternyata di ES paling murah. Tidak ingin ambil pusing kubelilah kulkas itu dengan cicilan 6 bulan dengan bunga 0%, dan sekarang tentunya sudah lunas, he he.....

Produk Ketiga adalah kompor gas. Aku membeli kompor gas merek Hitachi, karena ketiadaan tipe merek Rinnai yang
aku cari. Ternyata sekarang kompor gasnya agak susah keluar api otomatisnya, dan harus dinyalakan dengan korek api. Mungkin ada salurannya yang kotor atau baterai apinya yang sudah aus.

Produk keempat yang kubeli adalah AC merek Sharp tipe AH-AP5MHL seharga 3,8jutaan. Kali ini aku membelinya di ES Teraskota BSD, bukan di Poins Square seperti aku biasanya membeli. Ternyata stoknya kosong, dan jika berminat harus inden serta dijanjikan maksimal 5 hari setelah pembelian barang akan dikirim. Aku membeli tanggal 25 Mei, namun tanggal 1 Juni belum juga dikirim. Setelah kami tanyakan langsung di ES Teraskota, ternyata sebenarnya stok AC sudah ada sejak 3 hari setelah pembelian, namun entah mengapa mungkin kesalahan sistem, sampai tanggal 1 Juni belum juga dikirimkan. Akhirnya kepastiannya dikirim hari senin tanggal 3 Juni, dan tanggal 4 Juni ini AC sharp-ku sudah terpasang di kamar depan.

Nah, mengapa ES menjadi preferensiku untuk membeli barang-barang elektronik? Karena:

1. Banyak promosi dan diskon untuk barang-barang tertentu. Oleh karena itu aku selalu update diskon terbaru electronic solution yang bisa diakses melalui laman Katalogpromosi.com. Memang harga normal barang-barang elektronik di ES jauh lebih mahal daripada di toko elektronik biasa. Namun kita harus pintar-pintar mensiasati agar memperoleh harga terbaik dengan membeli saat barang yang kita incar benar-benar didiskon.

2. Pembayaran di ES sangat fleksibel dan bisa menggunakan berbagai macam kartu debit maupun kredit. Program cicilannya yang 0% dan bisa diangsur sampai dengan 12 kali untuk transaksi di atas 3 juta. Jadilah barang-barang yang kubeli itu barang-barang hasil kreditan.

3. Untuk pemasangan AC diserahkan langsung kepada teknisi merek yang bersangkutan sehingga akan lebih bagus dalam pemasangannya. Tidak asal hidup saja.

4. Display produknya begitu lengkap dan memberikan kita banyak pilihan untuk membeli.

5. Lokasinya yang berada di mal-mal menjadikanku kerap mengunjunginya. Biasanya sambil nonton, atau ke Gramedia terus mampirke ES meski sekedar cuci mata.

Aku tidak menjadi member ES dikarenakan harus membayar 100ribu. Sedangkan diskon dengan menggunakan kartu member hanya berlaku untuk produk tertentu yang belum tentu kita inginkan. Jadinya menurutku mubazir

Yang belum kesampaian adalah beli Televisi LG Smart TV LM6690 32 inch. Besok lah, kalau jadi pindah ke Jakarta.

4 comments:

  1. Anonymous2:56 AM GMT+7

    Nanya dong pak,
    saya kemarin juga beli kulkas di ES. Clearance Sale barang display, Samsung 3,4 juta
    terus janji dikirim 2 hari kemudian stelah transaksi, bener sesuai janjinya ngga ? soalnya klo dianter jam kerja drumah ngga ada orang .

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya sebelum dianter akan konfirmasi ke kita dulu kalau kita ada di rumah atau nggak. Kita juga bisa request untuk dikirimkan pada akhir pekan. Coba hubungi via telpon ES tempat Anda membeli. Tks

      Delete
  2. postingan rekayasa,harga mahal jauh dari pesaing2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih telah berkunjung.... memang tidak semua harga barang yang ditawarkan di ES lebih murah daripada toko lainnya, namun seringkali ada promo untuk barang-barang tertentu, nah itu biasanya yang saya beli.

      Saya tidak dibayar sepeserpun dan tidak terafiliasi dengan ES, artikel ini murni dari pengalaman saya yang sekiranya bisa menjadi pertimbangan pembaca. Terima Kasih.

      Delete