Wednesday, January 30, 2013

Pengalaman Berbelanja di Lazada: Gratis Ongkos Kirim! Strategi Ampuh Lazada Menjadi Raja Toko Online Indonesia

"Mas belanja aja di Lazada.co.id, gratis ongkos kirim lho...", ujar temanku 6 bulan yang lalu. Dasarnya aku suka belanja online, tahu kabar promosi seperti itu membuatku semakin antusias ingin tahu apa itu Lazada!

Aku pikir Lazada hanya semacam toko online kecil yang masih kuragukan reputasinya. Ternyata dugaanku salah, Lazada merupakan salah satu toko online terbesar di Asia Tenggara dan promosi bebas ongkir ternyata ampuh untuk menggugah naluriku belanja di toko online. Ongkos kirim memang menjadi kendala tersendiri bagi bisnis toko online, karena konsumen akan mengurungkan niat belinya jika ternyata ongkos kirimnya mahal. Lazada perlu diacungi jempol untuk strategi bisnisnya yang satu ini, mengingat kondisi geografis Indonesia yang sangat luas dan merupakan negara Kepulauan dengan aksesibilitasnya yang relatif tidak semudah di negara lain.

Barang pertama yang kubeli di Lazada saat itu adalah sepasang bantal guling merek "Dreamline" yang lumayan terkenal hanya seharga 159 ribu. Untuk mencoba pertama kali  layanan Lazada, memang sengaja kupilih produk yang tidak terlalu mahal dan kebetulan aku sedang perlu bantal guling tambahan. Kupilih pembayaran melalui transfer dari Bank Mandiri. Beberapa hari setelahnya barang pesananku pun sampai di kantor, dan cukup memuaskan kualitasnya.

Hari Senin siang kemarin,  aku iseng-iseng lihat produk-produk di Lazada.co.id, ternyata ada yang membuatku tertarik lagi. Sebuah jam alarm yang dilengkapi FM Radio digital, dan dock untuk konektivitas iPhone/iPod. Untuk transaksi kali ini kugunakan voucher 50 ribu dari Lazada karena aku langganan newsletternya melalui email dan kugunakan kartu kredit Mastercard CIMB Niaga untuk pembayarannya. Saat itu, jika transaksi hari senin ada tambahan diskon 10 % jika menggunakan mastercard untuk nominal transaksi minimal 600 ribu, dan bisa cicilan 0% selama 6 bulan jika transaksi minimal 1 juta rupiah. Namun, dikarenakan transaksiku hanya sebesar 525 ribu, jadilah fasilitas diskon tambahan 10 % ataupun cicilan 6 bulan tidak bisa kunikmati.

Sore hari saat masih ada di kantor aku ditelpon oleh customer care kartu kredit CIMB Niaga untuk memastikan apakah aku benar telah melakukan transaksi di Lazada sebesar 525 ribu. "Wah bagus juga nih kartu kredit CIMB Niaga melakukan konfirmasi kepada nasabahnya, kalau gini sih bisa memperkecil penipuan/pembajakan kartu kredit", pikirku. Memang  baru akhir-akhir ini saja aku berani bertransaksi melalui kartu kredit di internet, sebelumnya aku lebih sering menggunakan fasilitas Debit (Clickpay) Mandiri ataupun BCA.

Bangun pagi hari selasa, kudapatkan SMS konfirmasi dari Lazada jika barang pesananku telah dikirim melalui RPX dan diminta untuk men-tracking dengan kode resi yang diberikan di website RPX pada H+1. Kucek di Website ternyata sekitar pukul 11 Siang hari selasa, pesananku sudah sampai di Balikpapan dan berada di mobil pengantaran. Aku kagum akan cepatnya pengirimannya padahal di website Lazada tertera untuk pengiriman ke Kalimantan Timur antara 1 s.d. 8 hari kerja.

Usai jam kantor, sesampainya aku di kos, saat asik-asiknya bertelpon ria dengan istriku, tiba-tiba saja aku ditelpon oleh kurir RPX jika kira-kira satu jam lagi barang pesananku akan dikirim ke kantor. Usai makan malam aku mampir ke kantor yang jaraknya hanya sekitar 50 m dari kosku untuk mengambil barang pesananku.

Di tengah banyaknya keluhan di blog-blog mengenai pengiriman Lazada.co.id yang lambat, ternyata hal tersebut tidak terbukti bagiku. Layanan bebas ongkos kirim dibarengi dengan kecepatan pengiriman yang luar biasa, memang strategi marketing yang ampuh untuk menarik pembeli online sebanyak-banyaknya di tengah kerasnya persaingan bisnis toko online yang sedang membahana di Indonesia.

22 comments:

  1. lazada tu investor asing dan sampai saat ini masih rugi besar.. rata2 kepuasan konsumen lazada masih jauh dibawah rata2 dibandingkan toko online lainnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya malah baru tahu soal itu....

      Terima Kasih telah berkunjung di blog ini.

      Delete
    2. Tapi untuk area pontianak bayar ongkir lohhh

      Delete
  2. saya belanja di lazada waktu itu saya menelepon pihak rpx hari jumat saya menanyakan kapan barang saya bisa dikirm kata pihak rpx hari senin tetapi pas saya cek web prx barang sudah dikim tetpi saya tidak ada di tempat
    apa yang saya harusn lalukan ? apa barang saya akan diirim ulang atau apa gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu saat akan dikirim ke alamat saya (alamat kantor) saya ditelpon terlebih dahulu oleh kurir RPX, ketika saya tidak di kantor barangnya dititipkan ke satpam kantor.

      Delete
  3. saya baru saja telepon cust service lazada,katanya 6 hari kerja dikirim,apakah pengiriman ke jatim perlu waktu sampai 6 hari?
    Truz klo mau nyampe pasti dihub pihak eks yg kirim??

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin maksudnya maksimal 6 hari. biasanya jika dikirim oleh JNE jarang/tidak dihubungi sebelumnya. sepengalaman saya sewaktu dikirim melalui RPX saja dimana saya dihubungi oleh pihak RPX.

      Delete
  4. kalo di saya sangat mengewakan, saya pesan barang dari dua hari yang lalu dan sudah transfer tapi tidak ada kejelasan, tulisannya "Pesanan telah kami terima dan dalam proses verifikasi" :( sangat mengecewakan, komplain di FB juga sia2 saya kirim bukti transfer, gak dilihat masih ditanyai lagi, bayar lewat apa, berapa, dsb..

    di suruh komplain lewat email, eh, lama banget nggak dibales2..
    sampai detik ini saya sungguh kecewa pelayanan lazada.. :/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya baru-baru ini juga dikecewakan oleh Lazada, yang saya tuangkan di tulisan saya http://www.siwalan.com/2015/01/akhirnya-aku-kecewa-dengan-pelayanan.html

      Delete
  5. Anonymous9:26 AM GMT+7

    Saya di daerah belanja Rp2 juta ongkos kirim malah Rp 10 jutaan..ada yang salah..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sistem IT di Lazada adakalanya error seperti itu, harusnya hal itu segera menjadi perhatian pihak manajemen Lazada.

      Delete
  6. Lazada busuk barang yg saya pesan sudah dibayar hampir 1 bln barang blm dikirim,alasannya macam2!

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba di-email juga gan...dengan menyebutkan nomor order kita. Biasanya melalui email malah lebih jelas responnya daripada melalui telepon.

      Delete
  7. Anonymous3:20 PM GMT+7

    Gan mau tanya, di lazada itu ongkos kirimnya gratis apa bayar ya?

    Pengiriman Standar: Gratis
    Dapatkan pada 27 - 30 Jan 16

    itu maksudnya gimana ya gan? jadi sampe barangnya tgl segitu? atau ongkir gratis tgl segitu?

    Mohon bantuannya gan, terimakasih

    ReplyDelete
  8. Lazada sekarang gratis ongkir cuma di area Jabodetabek saja. Untuk Luar Jabodetabek dikenakan ongkos kirim. Jika ada keterangan dapatkan pada 27 - 30 Januari 2016 itu menunjukkan estimasi waktu kapan barang pesanan kita terima

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo di gresik jawa timur apa bayar...?

      Delete
    2. Jelas harus bayar kalau di luar jabodetabek

      Delete
  9. Pikir-pikir lagi dah, sebelum belanja di Lazada. Makin parah aja ongkos kirimnya. Tarif ongkir dikenakan seenak udelnya. Saya pernah pesan barang lalu saya batalkan gara-gara ongkir yang keterlaluan. Masa ke Sumatera tarif ongkirnya 71.400K untuk barang yang beratnya kurang lebih 1 kg dengan harga yang hanya lebih sedikit dari tarif ongkir. Kalau begitu mending barangnya saya beli secara offline saja. Tapi begitulah Lazada, meskipun orang-orang pada teriak komplain ongkirnya kagak wajar, tetep aja kagak ada perubahan pada sistemnya. Mana sekarang barang yang dijual kebanyakan KW-10 alias merek semoga awet semua dan abal-abal. Pokoknya parah habis. Hanya orang-orang dungu yang mau dikadalin Lazada saja yang berbelanja di online shop ini.

    ReplyDelete
  10. Makanya gan tinggal di daerah jabodetabek belanja gak ribet :)

    ReplyDelete
  11. Makanya gan tinggal di daerah jabodetabek belanja gak ribet :)

    ReplyDelete
  12. punya ku malah kirimnya salah alamat harusnya dikirim ke.Jatim malah dikirim k.Banda aceh. Padahal custom baru tapi sudah dibuat kapok dari awal

    ReplyDelete
  13. Anonymous2:59 PM GMT+7

    Tangerang dong udah ada Mal nya

    ReplyDelete