Sunday, May 24, 2009

Racun Gadget

Mempengaruhi orang lain, apakah itu bakat terpendamku. Aku telah berhasil mempengaruhi teman2ku terutama untuk membeli gadget tertentu. Coba sekarang aku daftar beberapa keberhasilanku itu:

1. Ketika temanku si 'unyil' yang pengen ganti HP Baru meminta saran kepadaku HP apa yang bagus untuknya sesuai dengan budget yang ada. Sewaktu sekilas membaca iklan sebuah merek HP BenQ Siemens, aku langsung menyarankannya untuk membeli HP itu, dan akhirnya di beli dan ternyata dia puas dengan kualitasnya terutama musiknya dan tetap dipegang sampai sekarang. Itu kira2 terjadi pada 3 tahun yang lalu.

2. Ketika temanku si 'Oni' pengen beli HP baru yang canggih tapi masih terjangkau kusarankan di abeli Nokia E61i, ia pun membelinya walaupun belum sampai sebulan dia jual kembali, katanya sih buat beli sapi untuk investasi.

3. Teman kuliahku si Mbak 'A' pengen dengan HP nokia E61-ku, tapi berhubung sudah tidak keluar dia kusarankan untuk beli Nokia E61i. Ia pun membelinya dan dia jadi keranjingan chatting lewat eBuddy. Kabarnya sekarang dia mau beli Blackberry, nggak tau udah beli atau belum....

4. Temanku si 'T' yang sekarang lagi training di sebuah BUMN tambang batubara di Sumsel juga minta saran padaku HP apa yang cocok buatnya dan bisa internetan, email dan chatting. Kusarankan membeli Nokia E51, karena dia tidak suka HP model QWERTY yang gede. Dia pun membelinya dan sekarang dia sering chat walaupun di pedalaman Sumsel.

5. Setelah aku hijrah dari Jogja ke Jakarta untuk bekerja, kebiasaanku mempengaruhi temanku soal gadget tidaklah surut. Teman2ku di kantor pengen membeli netbook, nah disitu aku dimintain saran. Temanku di 'D' yang ingin banget beli netbook, kusaranin beli HP mininote 2140. Dia sudah mantap banget mau beli netbook itu, tapi berhubung rapelan gaji belum keluar dia menundanya. Beda lagi dengan temanku si 'R' yang pengen beli laptop yang punya fasilitas grafis bagus biar bisa main game bagus. Lalu kutunjukkan macbook apple alumunium di youtube dan website resminya, dia langsung tertarik dan mantap kalau dapat rapelan gaji mau buat beli Macbook aluminium.

6. Beda lagi dengan teman kosku Mas 'B' yang karena Laptopnya rusak dia pengen beli laptop baru. Mulanya dia minta saran padaku laptop Toshiba apa yang cocok buatnya dengan budget sekitar 10jt. Nah aku nyaranin mending daripada beli Toshiba mending beli apple macbook yang putih dengan harga 11jt-an. Dia akhirnya beli Macbook putih dan dia puas dengan performanya, Mas 'B' pun keranjingan maen game Call of Duty yang mustahil dimainkan di laptop biasa karena perlu VGA Card yang mumpuni.

7. Selain HP dan Laptop, 'pengaruh'-ku juga merambah ke dunia Modem. Nah temanku si Gendut yang pengen punya modem minta saranku untuk beli modem, kusarankan beli Modem Jump Smart atau Mobi Fren karena cepet bgt, nonton youtube nggak putus-putus. Sebelumnya dia mau beli Mobi Fren berhubung laptop Toshibanya hanya punya slot express card yang lebih pendek daripada slot PCMCI, maka beralih ke Jump Smart. Sedangkan temanku si 'H' membeli Mobi Fren karena laptop 'kuno'nya punya slot PCMCI yang cocok dengan modem Mobi.

8. Temanku si 'Mbah' dan si Gendut yang semula tidak pengen HP Smartphone model QWERTY akhirnya berkeinginan membeli HP model QWERTY kayak punyaku tapi model yang lebih baru yaitu Nokia E71. Si Gendut yang sebelumnya kekeuh untuk tidak mau membeli HP baru akhirnya tertarik dengan Nokia E71 setelah dia melihat dan memegang sendiri contoh model dari E71 di Carrefour. Mereka berdua pun berencana saat mendapat rapelan gaji mau membeli HP Nokia E71.
Aku heran dengan pengaruhku soal Gadget. Sampai2 si Gendut temanku gregetan dengan sikapku yang suka 'meracuni' teman-teman untuk membeli suatu gadget. Apa aku punya bakat marketing untuk sebuah Gadget? Padahal selama ini aku mempromosikan gadget2 itu tanpa bayaran alias gratis. Entahlah, kayaknya aku punya kepuasan sendiri jika berhasil mempengaruhi temanku untuk membeli gadget yang ideal menurutku. Memang Hobi yang aneh.......







No comments:

Post a Comment