Sunday, June 20, 2010

Mimpi jadi Penulis Tenar

Menulis.....aku sekarang ini udah jarang lagi update blog2-ku. Rasanya ada yang menahan tanganku disaat aku ingin menulis. Untungnya beberapa tulisanku ternyata masih dihargai orang lain dengan diterbitkannya di buletin kantor.

Membayangkan betapa asiknya menjadi JK Rowling yang sukses dengan Harry Potternya. Tak usah jauh-jauh, penulis kita Andrea Hirata si penulis Laskar Pelangi dan berbagai sekuelnya yang laris manis sudah sepatutnya menjadi panutan bagi para penulis muda Indonesia untuk berkarya.

Profesi sebagai penulis memang belum begitu 'diakui' di Indonesia. Gengsinya masih kalah jauh dengan politisi, bankir ataupun pengacara. Banyak orang tua yang tidak menghendaki anaknya bercita-cita sebagai penulis karena dianggap kurang menjanjikan. Namun satu dasawarsa terakhir ini, stigma negatif tentang profesi penulis di Indonesia mulai terbantahkan. Banyak penulis-penulis muda Indonesia meraih penghasilan luar biasa dari buku-buku ataupun novel best seller yang mereka karang.

Pengen rasanya seperti penulis-penulis itu yang tidak dikekang oleh aturan-aturan formal yang kaku dalam bekerja tapi tetap mempunyai penghasilan yang jauh lebih besar dari rata-rata gaji profesional muda di Indonesia. Rasanya juga bangga sekali jika novel-novel yang dibuat diangkat ke layar lebar seperti Andrea Hirata dengan Laskar Pelangi, Raditya Dika dengan Kambing Jantannya atau Habiburahman El Shirazy dengan Ketika Cinta Bertasbihnya yang menjadi Box Office di Indonesia.

No comments:

Post a Comment