Sunday, June 10, 2012

Ku Terperangah Melihat Harga Rumah Sekarang

Malam ini aku sangat terperangah ketika membaca brosur harga terbaru di GS 2. Bagaimana tidak terkejut, brosur yang kuambil saat serah terima kunci rumahku di kantor marketing GS2 kemarin baru kubuka malam ini dan isinya sungguh mengejutkan, hanya dalam waktu sekitar dua minggu harga rumahnya naik sekitar 30 juta. Wow....Fantastis! Padahal saat aku inden rumahku ini sekitar 8 bulan yang lalu harganya stagnan sampai awal tahun baru 2012.

Pada awal akhir September 2012 harga rumah tipe Violet dengan Luas Tanah 90 m2 dan Luas Bangunan 39 m2 harganya 'hanya' Rp296juta-an, sedangkan harganya sekarang sudah mencapai Rp355juta-an. Kenaikan hampir 20% selama kurun waktu 8 bulan. Untuk harga rumahku sendiri dulu aku beli dengan harga Rp381juta-an dengan LB/LT 39/135 m2. Dengan asumsi harga yang sekarang, kuhitung-hitung sendiri harga rumahku saat ini Rp454juta-an, dengan perkiraan harga tanah senilai Rp 2,2jt/m2, berarti sudah naik 19% lebih. Namun, kenaikan harga rumah di perumahanku belum ada apa-apanya jika dibandingkan dengan kenaikan harga rumah di kawasan-kawasan elit seperti halnya Alam Sutra ataupun BSD yang berdekatan dengan kompleks perumahanku.

Uang sebanyak itu jika dibangunkan rumah di kampung di Jawa pasti sudah menjadi rumah yang besar dengan luas tanah yang cukup luas tentunya. Tapi InsyaAllah tidak ada ruginya beli rumah di Jakarta, karena harganya yang naik relatif cepat walaupun dengan fasilitas pembiayaan KPR yang saat ini kujalani. Semoga rumah mungilku ini akan membuat keluargaku nyaman dan bahagia tinggal di dalamnya. Amin.

2 comments: