Thursday, July 17, 2014

Catatan Kecil Piala Dunia Brazil 2014

Jerman keluar sebagai Juara Piala Dunia 2014 (Dok. pribadi)
Piala Dunia 2014 di Brazil Tahun ini sudah berakhir beberapa hari yang lalu dengan kemenangan tipis Jerman 1 - 0 atas Argentina. Ada beberapa catatan kecil (versiku) untuk Piala Dunia tahun ini:
  1. Piala Dunia ini adalah yang paling tragis bagi Tim Brazil. Bagaimana tidak, sebagai tuan rumah yang digadang-gadang bisa juara di negeri sendiri ternyata Brazil harus tersingkir secara memalukan dibabak semi final melawan Jerman. Skor 7 - 1 untuk Jerman benar-benar sangat memalukan bagi Tim Samba begitu pula bagi publik Brazil yang merasa telah dipermalukan dengan sangat menyakitkan, karena itu adalah kekalahan terburuk Brazil dalam sejarah keikutsertaannya di Piala Dunia.
  2. Belum berakhir di semi final, keterpurukan Brazil semakin menjadi-jadi ketika dikalahkan Belanda 3 - 0 dalam perebutan Juara III.
  3. Si Gigi Kelinci Luis Suarez, pemain Uruguay menggigit pundak dari defender Italia Giorgio Chiellini di fase penyisihan grup yang berakibat hukuman sangat berat oleh FIFA yang dianggap sebagian pengamat terlalu berat bagi Suarez.
  4. Janji Maradona untuk menyambut Messi dengan Red Carpet jika menjadi Juara Piala Dunia akhirnya tidak terwujud karena kekalahan Tim Argentina.
  5. Saat menghadapi Tim Jerman di Final, Tim Argentina terpaksa harus menggunakan kostum tandang bukan kostum kebesaran mereka baju bergaris-garis putih dan biru langit mirip bendera Argentina. Anggapan sial jika menggunakan kostum tandang oleh sebagian orang ternyata menjadi kenyataan.
  6. Pahlawan Kemenangan Tim Jerman melawan Argentina adalah Mario Goetze, pemain pengganti berusia 22 tahun yang baru memulai debut pertama kalinya di Piala Dunia. 
  7. WAGs paling hot ternyata jatuh pada kekasih Mario Goetze si Pahlawan Kemenangan Jerman.
  8. Kostarika merupakan Tim Kuda Hitam dalam Piala Dunia 2014 ini yang berhasil memporak-porandakan Tim-Tim Besar dan berhasil sampai babak perempat final dan dihentikan oleh Belanda melalui adu penalti.
  9. Lagu resmi Piala Dunia 2014 We Are One kalah populer dengan Lagu Resmi Piala Dunia 2014 Waka Waka yang sampai dengan sekarang masih terngiang-ngiang dalam ingatan kita (saya malah nggak ngeh yang mana lagu resmi piala dunia tahun ini).
  10. Penampilan Shakira dalam penutupan piala dunia tahun ini diakui lebih memukau daripada penampilan JLo di acara pembukaan. Shakira layak disebut penyanyi spesialis Piala Dunia, karena telah menyanyikan lagu di Piala Dunia Jerman 2006, Afrika Selatan 2010, dan Brazil 2014. Apakah Shakira akan bernyanyi untuk Piala Dunia Rusia 2018? Kita tunggu saja.
  11. Penetapan Messi menjadi Pemain terbaik dalam Piala Dunia 2014 menuai kontroversi. Banyak pengamat yang menyatakan jika Golden Ball lebih berhak diberikan kepadapemain lainnya semisal Arjen Robben, Thomas Muller, atau James Rodriguez. Silver Ball Piala dunia tahun ini diraih oleh Thomas Muller, sedangkan Bronze Ball diraih oleh Arjen Robben.
  12. James Rodriguez, pemain Timnas Kolombia banyak menuai pujian dalam Piala Dunia kali ini karena aksi gemilangnya yang mampu membawa Kolombia sampai babak perempat final.
  13. Setelah Gurita 'Paul' yang berhasil memprediksi dengan tepat hasil Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan, Piala Dunia tahun ini juga punya 'peramal'yang hebat yaitu Cortana. Cortana adalah semacam asisten pribadi dalam platform windows phone dari Microsoft (kalau di iPhone adalah Siri) yang berhasil memprediksi kemenangan Jerman atas Argentina.
  14. Sebelum Penyelenggaraan Piala Dunia 2014 menuai protes besar-besaran oleh publik Brazil, karena ditengah lesunya perekonomian, Pemerintah Brazil menggelontorkan dana ratusan triliun hanya untuk membangun stadion-stadion besar dan fasilitas penunjang lainnya yang mana itu semua manfaatnya dianggap hanya sesaat.
  15. Mitos yang selama ini beredar bahwa Tim-Tim Eropa tidak akan bisa berhasil menjadi Juara Dunia jika Penyelenggaraannya di Tanah Amerika ternyata bisa dipatahkan oleh Tim Jerman.
  16. Stadion Maracana di Rio de Janeiro menjadi saksi kemenangan Tim Jerman yang kedua kalinya atas Argentina di babak Final Piala Dunia, setelah sebelumnya berhasil menundukkan Argentina di Final Piala Duni 1990 di Roma, Italia.
  17. Piala Dunia Tahun ini bertepatan dengan bulan ramadhan, jadinya sahur menjadi lebih asik dan nggak ngantuk karena dihibur dengan pertandingan Piala Dunia yang tayang pas saat jam sahur.
  18. Miroslav Klose menutup karirnya dengan cemerlang di Piala Dunia Tahun 2014 ini dengan menyandang predikat pemain yang mampu mencetak gol terbanyak sepanjang sejarah piala dunia yaitu 16 Gol, mengalahkan rekor yang dibuat oleh mantan pemain Brazil, Ronaldo. Klose juga telah mempersembahkan medali Perak pada Piala Dunia 2002 di Jepang, Perunggu di Piala Dunia Jerman 2006 dan Afrika Selatan 2010, serta Emas di Piala Dunia Brazil 2014.

No comments:

Post a Comment