Monday, December 15, 2014

30 Hari Jelajah Negeri Cincin Api Bersama Toyota Rush


Rush, dari namanya saja sudah kedengeran garang, apalagi tenaganya. Aku memutuskan membeli Toyota Rush pada awal tahun ini karena aku yakin mobil ini mampu melibas jalanan naik turun, berliku, jalur setiap kali aku mudik ke Pati Jawa Tengah dari Tulungagung Jawa Timur melalui Ngawi, Bojonegoro, Cepu, Blora, dan Rembang yang seringkali bergelombang dan banyak lubang menganga.


Sayang sekali punya mobil yang bisa diajak asik berpetualang hanya dipakai buat ke kantor dan paling jauh saat mudik saja. Nggak mau si Rush Hitam TRD yang kubeli hanya jadi jago kandang, aku sama istri pun berencana Bulan September tahun depan kami mempunyai sebuah rencana menguji ketangguhan si Rush Hitam kesayangan kami selama satu bulan penuh dalam rangka ulang tahun pernikahan kami yang ke-4. Kami sebut rencana perjalanan kami ini "30 Hari Jelajah Negeri Cincin Api".


Kami akan membagi perjalanan kami menjadi 5 tahap, yaitu:

1. Jelajah Nusa Tenggara
Dari Jawa Kami menyeberang ke Bali, Lombok, Sumbawa, Flores, dan Alor. Spot yang tidak akan kami lewatkan pada Jalur ini adalah Labuhan Bajo, dan sejenak kami ingin mampir ke Taman Nasional Komodo.

2. Jelajah Papua dan Maluku
Dari Pulau Alor NTT kami akan melanjutkan ke Ambon, kemudian ke Pulau Seram. Dari Pulau Seram kami menjelajah Kepala Burung Papua. Dari Sorong kami berencana menuju Pulau Halmahera, Tidore, dan Ternate.
Spot yang paling pengen kulihat di rute ini adalah Gunung Gamalama di Pulau Ternate yang menginspirasi Tante Dorce menyisipkan nama Gamalama di nama belakangnya.

3. Jelajah Sulawesi
Dari Ternate kami berencana menyeberang ke Manado. Dari Manado kami menyusuri Trans Sulawesi menuju Gorontalo, Palu, Mamuju, Polewali, Pare-pare, dan berakhir di Makassar. Spot yang tidak ingin kulewatkan adalah Taman Nasional Bantimurung, surga Kupu-Kupu dengan air terjunnya yang mempesona.

4. Jelajah Kalimantan
Dari Makassar kami pun berencana menyeberang ke Pulau Kalimantan, tepatnya di Balikpapan. Dari Balikpapan kami berencana menuju Banjarmasin melalui Trans Kalimantan, lanjut ke Palangkaraya, dan berakhir di Pontianak. Di trek ini aku ingin mampir ke Taman Nasional Tanjung Puting di Kalimantan Tengah untuk melihat Orang Utan.

5. Jelajah Sumatra
Dari Pontianak kami berencana menyeberang dulu ke Pulau Bangka, lanjut ke Palembang. Dari Palembang menyusuri Pantai Timur Sumatra ke Jambi, Pekanbaru, Medan, Banda Aceh, kemudian lanjut menyusuri Pantai Barat Sumatra, melalui Meulaboh, Sibolga, Bukittinggi, Padang, Bengkulu dan berakhir di Bandar Lampung. Di trek ini aku penasaran dengan Kelok 9 di Sumatra Barat yang katanya menantang.

Perjalanan kami rencananya diakhiri dengan menyeberang ke Jawa menyusuri Jalan Daendels sambil menikmati sajian khas kota-kota sepanjang jalan 'kuno' ini sampai ke Semarang kemudian ke Solo dan berakhir di kota kami Tulungagung.

Aku yakin Rush kesayangan kami akan tetap stabil di trek mulus dan perkasa di trek neraka seperti Trans Sulawesi maupun Trans Kalimantan yang sungguh menantang. Nggak sabar nih menunggu tahun depan....


Sumber Gambar: Foto Pribadi

2 comments:

  1. Anonymous5:03 PM GMT+7

    ini beneran mo petualangan apa ikut lomba blog ya mas :)

    ReplyDelete
  2. buat lomba doang lah, hix

    ReplyDelete