Tuesday, July 7, 2015

Pengalaman Membuat Nano SimCard untuk iPad Mini Retina Display

Akhirnya sampai juga pesanan iPad Mini Retina Display yang kupesan di Elevenia setelah lebih dari seminggu kunanti. Sudah di tangan, muncul lagi persoalan yang lain. Simcard yang digunakan di iPad Mini ataupun iPad Air sudah menggunakan standar Nano Simcard, seperti halnya yang digunakan mulai pada produk iPhone 5.

Nano Simcard jelas ukurannya lebih kecil dari Micro Simcard. Berbeda dengan Micro simcard yang sudah menjadi standard simcard untuk smartphone-smartphone ataupun tablet terbaru saat ini, terkecuali untuk produk-produk besutan Apple yang sudah meninggalkan Micro Simcard beralih ke Nano Simcard. Persoalannya, nano simcard ini tidak dijual bebas di toko-toko pulsa ataupun kartu perdana di pinggir jalan, melainkan hanya di gerai-gerai resmi operator seluler saja. Hampir semua operator seluler menyediakan nano simcard yang memang penggunanya terbatas pada Fanboy Apple.

Aku memilih kartu Tri untuk iPad-ku. Kebetulan sekarang aku berdomisili di Pontianak, dan meluncurlah aku ke 3Store Pontianak di Jalan Ahmad Yani samping BRI Syariah bermaksud untuk membeli kartu perdana jenis nano simcard. Setelah sekitar 30 menit mengantri, akhirnya tiba juga giliranku.

"Mas ada nano simcard untuk iPad?", tanyaku kepada salah satu customer service-nya.

"Maaf Mas, stok nano simcard disini sedang kosong, dan kalaupun mau memotong kartu biasa, pemotongnya kebetulan rusak", jawab si Mas-nya

"O, kartu standar bisa dipotong to? bukannya yang bisa dipotong hanya untuk menjadi micro simcard ya?', tanyaku lagi.

"Lisa kok Mas!", jawabnya singkat.

"Ya udah mas, saya beli perdana kartu standar saja, nanti coba saya potong sendiri.", sahutku.

Aku pun pulang dengan perasaan kurang puas, udah jauh-jauh kusamperin, panas-panas pula pakai motor, eh hasilnya nihil juga. Kalau cuma kartu standar seharga 5000 perak, di toko pinggir jalan dekat kantor pun ada. Huh...

Sesampainya di kantor, kusamperin toko penjual pulsa sekaligus kartu perdana di sebelah kantor, kali aja punya pemotong kartu. eh ternyata nggak punya. Nggak sabar mau nyobain kartu, aku berinisiatif untuk memotongnya sendiri.

Kalau googling tutorial memotong simcard standard menjadi nano simcard biasanya memakai pola standar nano simcard di kertas kemudian kita potong kartunya sesuai pola itu. Tapi hal itu tidak kulakukan. Kupotong sedikit demi sedikit sisi simcard menggunakan cutter kemudian kucoba kumasukkan ke tray (wadah) simcard iPad. Kupotong tanpa penggaris, sedikit demi sedikit terus coba kupaskan ke tray, kuulangi terus cara tersebut sampai akhirnya pas masuk di tray, dan Voila.... bisa nyambung internet juga akhirnya.

Sedikit tips kalau motong sedikit demi sedikit, jangan sampai terpotong bagian chipnya yang kuning. Tapi lebih baik kalau bisa membeli kartu nano yang asli dari operator malah lebih bagus daripada motong sendiri yang tentunya lebih ribet dan pasti ada risiko gagal.

No comments:

Post a Comment