Tuesday, January 12, 2016

Nasi Gandul "Romantis" Pak Sardi Khas Pati

Nasi Gandul Pak Sardi Khas Pati (dok. pribadi)
Kalau pas mudik ke Pati, nggak afdol kalau nggak makan Nasi Gandul yang rasanya ngangeni banget...... Gurih, manis, legit bercampur jadi satu. Kalau yang belum pernah mencoba Nasi Gandul, mungkin seperti perpaduan antara masakan Semur dan Rawon, atau mirip-mirip rasanya dengan nasi pindang.

Penyajiannya biasanya menggunakan piring beralaskan daun pisang, dimakan menggunakan suru (daun pisang yang dilipat berfungsi sebagai sendok).Nah, Nasi Gandul sebenarnya berasal dari Desa Gajahmati, Pati. Di Pati pun aku hanya cocok dengan Nasi Gandul "Romantis" Pak Sardi di Desa Gajahmati, tepatnya di tepi jalan Panunggulan. Menurutku rasa gurih manisnya itu pas, dan legit banget, enggak eneg, bumbunya pas. Kalau makan di situ biasanya aku habis dua porsi dengan lauk daging ataupun babat. Selain itu juga ada lidah sapi, otak, paru, maupun jerohan lainnya. Selain lauk-lauk tadi, yang patut dicoba adalah, tempe yang digoreng kering sehingga meskipun tebal tapi kemripik layaknya keripik tempe, dan nggak ada selain di penjual nasi gandul.

Nasi Gandul Pak Sardi tidak pernah sepi, apalagi saat liburan terutama libur lebaran ataupun tahun baru, dijamin membludak, susah dapat tempat duduk.





No comments:

Post a Comment