Tuesday, May 20, 2014

Review : Pengalaman Memakai Blackberry Z3 Jakarta


BB Z3 masih terbungkus rapi (dok. pribadi)
BB 'murah' itu sampai juga di kantorku. Preorder tanggal 5 Mei, setelah launching resmi tanggal 13 Mei, pesananku dikirim keesokan harinya oleh Lazada melalui jasa ekspedisi First Logistics. Jumat Sore sekitar jam 5 sore saat jam pulang kantor, akhirnya pesananku yang kutunggu datang juga, tak sabar aku mengopreknya. Ternyata cepat juga pengirimannya, padahal ketika aku mencoba melihat posisi barang yang dikirim melalui website firstlogistic, status terakhirnya sudah diberangkatkan dari sort facilities Jakarta, dan belum ada keterangan sampai di Balikpapan. 


Packaging yang kokoh (dok. pribadi)
Sebenarnya aku tidak ada niatan beli Blackberry Z3 alias BB Jakarta. Kebetulan saat asik di dunia maya kulihat iklan promo preorder BB Z3 di Lazada yang menawarkan diskon lumayan. Namun bukan itu alasan utamaku, alasan utamaku adalah bentuk BB Z3 yang kotak persegi, dengan garis yang tegas, bentuk kamera belakang dan flasnya yang kotak sehingga matching dan nggak norak. Selebihnya aku pengen nyoba aja BB karena selama ini aku fanatic dengan produk apple. Oiya, satu lagi alasannya kenapa aku berani coba-coba dengan BB yang satu ini, yaitu MURAH dan bisa dicicil 12 bulan 0%, hi hi hi.....

Dikirim oleh First Logistic (dok. pribadi)
Sesampainya di kos, langsung saja kubuka paketanku yang dikemas dengan kardus coklat oleh lazada dan ditambah karton super keras di setiap sudut kardusnya, maklum barang dalam kategori 'fragile'ini harus ada safety ekstranya terlebih kalau dikirim jarak jauh seperti ke Balikpapan lokasiku sekarang.

Bagian Belakang BB Z3 (dok. pribadi)
Akhirnya kudapatkan kotak mungil semacam kotak iPhone yang simple dan minimalis.. Penataan BB Z3 didalamnya pun mirip-mirip dengan packaging iPhone. Cuma kalau iPhone antara tutup dan wadahnya terpisah, sedangkan wadah si BB Z3 ini tidak terpisah, takut kalau dianggap nyontek Apple kelesss.... Di dalam kotak hanya terdapat handset BB Z3, charger plus kabel data, dan headset untuk dengerin musik, serta manual singkat. Kesan pertama melihat dan menggenggam handset ini adalah elegan dan mantap. Penampilannya nggak mengesankan murahan, digenggam terasa mantap. Cover belakang handset yang bertekstur seperti lapisan karet membuatnya tidak licin dan tidak panas saat digenggam. Oiya, di cover belakan bagian kanan atas ada tulisan JAKARTA, yang katanya BB Z3 dengan tulisan ini hanya dibuat terbatas sebanyak 25.000 unit dan tidak diproduksi lagi. Layar BB Z3 sebesar 5 inchi ini memang terlihat cukup bongsor dengan tingkat resolusi layar yang sudah cukup bagus dan jernih menurutku.

Berbeda dengan iPhone dengan tombol power di bagian atas kanan, si BB Z3 ini tombol powernya berada di sisi kiri atas. Kutekan beberapa detik, munculah ikon si buah berry hitam di layar. Kebetulan BB Z3 yang kubeli ini bundling dengan kartu mentari dengan bonus 10GB dan gratis BBM selama 6 bulan. Berhasil registrasi ke 4444 kulanjutkan dengan aktivasi paket bundlingnya dengan mengetik sms SuperBBMfree90K kirim ke 990. Namun, yang terjadi berkali-kali ku-sms ke 990, hasilnya nihil, tidak ada respon sama sekali. Kutelpon customer service mentari, jawabannya baru ada gangguan untuk aktivasi layanan blackberry indosat. Kutunggu keesokan harinya, tetap saja tidak bisa.

BB Z3 dibuka dari kotaknya (dok. pribadi)
Nggak sabar nunggu respon tidak lanjut dari indosat, aku langsung saja beli paket internet indosat seharga Rp29.900 dengan 8GB data untuk sebulan. Akhirnya bisa leluasa mencoba fitur-fitur di BB yang sebagian besar tentunya butuh koneksi internet. Ternyata, respon tindak lanjut dari indosat baru datang kemarin sore tgl 19 Mei, menginfokan melalui sms kalau keluhan saya sudah ditindaklanjuti dan diminta mencoba lagi aktivasi paket bundlingnya. namun, ketika kucoba sms lagi ke 990, keterangannya ""Simcard anda sedang active paket data". Wah payah, aku sudah terlanjur langganan paket data, baru datang nih pesan! Huh, harus nunggu satu bulan lagi baru bisa aktivasi...!

Udahlah persetan dengan paket bundling gratisan, yang penting BB baruku lancar koneksinya. Saatnya mencoba fitur-fitur BB 'murah' yang katanya nggak murahan ini. Fitur pertama yang kubuka adalah Blackberry world yang berisikan aplikasi-aplikasi BB. Segera kudownload aplikasi Kereta Api Indonesia. Adanya aplikasi ini juga lah yang menarikku membeli BB, karena PT KAI cuma menyediakan aplikasi ticketing kereta api ini khusus buat Blackberry, bukan untuk iOS ataupun Android yang jelas-jelas lebih populer. banyak testimoni saat ticketing kereta api lebaran di website KAI susah diakses, melalui aplikasi kereta api di BB ini gampang mengakses server PT KAI dan berhasil mendapatkan tiket lebaran.

Di BB Z3 ini touch screen-nya sudah cukup bagus. Tidak ada lag dalam membuka aplikasi ataupun perpindahan antar halaman layar, smooth abis udah kayak iPhone. Tidak sepereti iphone yang ada tombol home-nya baik itu fisik maupun virtual, di BB Z3 tidak ada satu pun tombol fisik di layar. Namun untuk menutup aplikasi yang sedang berjalan juga mudah, cukup menyapukan jari dari bawah layar ke atas.

Menyalakan pertama kali BB Z3(dok. pribadi)
Ini fitur yang menurutku paling krusial untuk handset touchscreen. Ketiaadaan keypad untuk mengetik mengharuskan kemampuan layar ketik virtual yang mumpuni agar si user tetap nyaman untuk mengetik. Nah, si BB Z3 ini setelah kugunakan beberapa hari, tetap saja ketika aku mengetik banyak terjadi kesalahan, tidak seperti jika aku mengetik di iPhone yang meskipun layarnya lebih kecil, tapi error pengetikannya rendah sekali. Tapi untungnya si BB Z3 mengimbangi potential error yang tinggi itu dengan menyuguhkan predictive text dalam Bahasa Indonesia yang bisa kita pilih sebelum kita sepenuhnya selesai mengetik suatu kata. Fitur Predictive text-nya BB Z3 ini juga sangat canggih, karena dia mampu belajar dan mengenali kata-kata yang sering kita ketikan, sehingga akan menjadi prioritas dimunculkan dalam predictive test. Penggunaannya sangat mudah ketika kita mengetik suatu kata, dan belum benar-benar selesai ada bermunculan banyak pilihan kata di sela-sela keyboard virtual yang diprediksi akan kita ketik. Nah, kita bisa langsung memilihnya dengan cara menyapukan jari kita dari bawah kata yang kita pilih ke atas.

Nah, satu lagi keunggulan BB Z3 ini adalah terletak pada kecepatan browser-nya. Kemarin aku test kecepatan browser safari di iPhone dengan browser BB Z3. Kubuka halaman website yang sama, dalam waktu yang sama, dengan menggunakan jaringan operator yang sama, hasilnya browser BB menang mutlak. bahkan ketika browser blackberry  kucoba satu detik lebih lambat dari safari di iPhone-pun tetap website-nya lebih cepat diakses dengan Browser BB Z3. Namun harus diakui untuk urusan navigasi browser di BB Z3 harus belajar lebih banyak dari kemudahan navigasi yang disajikan iPhone.

Saluran Radio FM (dok. pribadi)
Setelan cepat BB Z3 (dok. pribadi)
Adanya Radio FM di BB Z3 menurutku bisa menangkap sinyal cukup bagus, dengan kualitas suara yang jernih. Lumayan buat obat bengong dengerin musik plus celotehan penyiarnya. Nah, ada satu lagi fitur yang tidak kuprediksi sebelumnya, ternyata ada fitur lampu senternya. Lampu flash disamping kamera belakang bisa berfungsi sebagai senter juga dengan intensitas cahaya yang cukup terang dibanding fitur senter di ponsel lainnya. Jelas fitur ini sangat berguna, terlebih di Balikpapan yang terkenal 'hobi' mati lampu.

Notifikasi email baru maupun update atau chat dari social media mudah diketahui dengan adanya lampu led indikator berwarna merah di bagian atas layar yang akan berkedip jika ada notifikasi baru. Ini adalah salah satu ciri khas yang dimiliki BB, yang mengingatkanku pula pada Nokia E61-ku yang begitu ada email baru masuk lampu led indikator-nya yang berada di pojok kanan atas akan berkedip.

Fungsi Senter di BB Z3 (dok. pribadi)
BB Z3 juga sudah kompatibel dengan aplikasi android. Mengingat aplikasi BB yang kurang variatif  dan lebih sedikit daripada aplikasi android dan iOS, tentunya fitur ini sangat membantu. Namun, aku sendiri kurang suka untuk memasang aplikasi android di BB-ku, toh di iPhone-ku sudah ada, karena menurutku pastinya ketika suatu aplikasi di-develop tidak dikhususkan untuk suatu device (dalam hal ini Blackberry) pasti akan semakin besar potensi keberadaan bugs, lag saat menjalankan aplikasi, error, ataupun kemungkinan diretas oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Kesimpulan dari pengalamanku menggunakan BB Z3 Jakarta selama beberapa hari ini cukup memuaskan. Dengan harga yang cukup murah dengan kualitas handset dan fitur yang tidak murahan, semoga awet nantinya seperti Nokia E61-ku yang sudah 7 tahun bulan Juni depan, ataupun iPhone 3GS-ku yang sudah lebih dari 4 tahun menemaiku sampai hari ini.

Update: Baca tulisan saya tentang: 
1. review setelah 8 bulan menggunakan BB Z3
2. Solusi Masalah Saat Update BB OS 10.3.1.1565
3. Fitur, Performa, Tampilan BB Z3 Update OS 10.3.1.1565
4. Review Aplikasi Blackberry Blend

87 comments:

  1. Ada masalah sama blackberry link-nya gak mas? BlackBerry z3 saya tidak bisa tersambung ke blackberry link, selalu ada tulisan "muat ulang" atau "reload software"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lancar-lancar saja BB Link-nya. Mungkin Mas perlu download software BB Link terbaru dari website resmi Blackberry. Terima kasih.

      Delete
  2. setahuku ada bberapa tipe BB yg cepat panas bateraiya yg merembet ke body dan komponen kayak BB apollo, bagaimana dg Z3 mas? baterainya lumayan awet?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baterainya menurutku cukup awet dan gk panas soalnya cover belakangnya dari bahan semacam karet.

      Delete
    2. Baterainya menurutku cukup awet dan gk panas soalnya cover belakangnya dari bahan semacam karet.

      Delete
    3. sy mu tanya gmn caranya menhidupkan lampu senter di bb z3 yaa...

      Delete
    4. Dari menu utama, cuma perlu menyapukan jari dari ujung layar atas ke bawah, nanti muncul banyak pilihan menu baru, tinggal pencet menu senter saja. Tks

      Delete
  3. Jd pengen nih...begitu order kok kena 2,6 ya? Sampai rumah di Pulau Belitung hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terkadang perhitungan ongkir di Lazada seringkali eror dengan nominal yang nggak wajar, tapi hanya kasus-kasus tertentu saja sih.

      Delete
  4. Anonymous8:32 AM GMT+7

    tolong dipostingkan buku panduan cara menggunakan BB Z3 biar tambah gamblang lagi. trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon maaf, setahu saya BB Z3 tidak ada buku panduannya. Terima Kasih

      Delete
  5. saya sudah satu bulan pake bb z3 kadang saya senang kadang saya sedih......

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang masing-masing HP ada plus minusnya sendiri-sendiri, dan jujur sampai saat ini saya masih lebih puas dengan iPhone lawas saya meskipun layarnya lebih kecil.

      Delete
  6. boleh saya beli BBnya mass?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh saja mas, kalau mau mampir ke Balikpapan, hehe...

      Delete
  7. ini nih, hp yang cinta indonesia dan jakarta hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. cuma pinjem nama saja sebagai salah satu strategi marketing memenangkan hati pecinta BB Indonesia. kalau komponennya sih asing punya....

      Delete
  8. Hallo, Untuk aplikasi, terutama aplikasi android di bb z3 ini apakah cuman bisa disimpan di internal, atau bisa dipindahkan ke eksternal?
    menurut anda, aplikasi yang bisa dipakai ini terlalu sedikit atau cukup untuk menyimpan aplikasi?
    thanks

    ReplyDelete
  9. *maksud saya "menurut anda, memori internal yang bisa dipakai ini terlalu sedikit atau cukup untuk menyimpan aplikasi?"

    ReplyDelete
    Replies
    1. setahu saya selama ini aplikasi tersimpan di memori internal, dan saya belum tahu caranya untuk memindahkan ke memori eksternal. Untuk saya pribadi sekitar 70 aplikasi tambahan yang saya install cukup lancar jalannya, namun memori internalnya hanya tersisa kurang dari 2 GB.

      Delete
  10. agan2 gmn cara mengatasi bb z3 yg error 0015?

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  11. klo pny ane bkn jkt edition sob,tpi cukup bangga krn udh support app android,so hamoir 80% app android bisa di install...nice smartphone

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba di-update OS terbaru Mas, BB OS 10.3.1.1565, serasa punya BB passport atau Classic. Lebih ciamik tampilan, fitur, dan performanya....

      Delete
  12. BlackBerry z3 saat buka aplikasi BlackBerry Word selalu terjadi kesalahan dan BlackBerry Word segera ditutup apa yang kurang dg settingan bbz3 ak ya, mohon yang bisa kasih solusinya dong? Treimz.

    ReplyDelete
  13. Mw tanya hasil kameranya gmn?
    Katanya kamera depannya kalau bwt foto berdua, misal foto dgn teman, posisi teman ada dikanan kita, tapi hasil kamera depan z3 posisi teman bisa ada dikiri, bner ga sich..?

    ReplyDelete
  14. Untuk kamera depan, jika motret teman kita ada di kanan, hasilnya ya tetap ada di kanan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gimana cara setingannya???
      sejauh ini si emang benar, qlo kita foto dikanan hasilny jadi dikiri...

      Delete
    2. nggak ada setingan yang aneh-aneh. memang kalau kita pakai kamera depan, kan semacam kita bercermin. Nah gambar yang ada di cermin itu (layar HP) jelas seolah tangan kanan kita jadi tangan kiri, begitu pula sebaliknya. ataupun teman kita di kanan tampak seperti di kiri kita.

      Nah, begitu jepret foto. Maka foto yang jadi kembali ke kondisi sebenarnya. tangan kanan ya tangan kanan, tangan kiri yang tangan kiri. teman di kanan ya tetap di kanan kita. Mungkin itu saja yang bisa saya jelaskan.

      Terima Kasih telah berkunjung....

      Delete
  15. hapenya bagus, saya sebenernya ingin blackberry, namun masih agak mahal dibanding ponsel tirai bambu dengan spek sejenis

    ReplyDelete
    Replies
    1. masing-masing pribadi mempunyai preferensi beda-beda mengenai smartphone. Saya Pribadi kalau harus milih untuk jenis layar sentuh lebih memilih iPhone, sedangkan yang QWERTY lebih memilih Blackberry khususnya Q10 atau Classic.

      Delete
  16. Kamera saya tidak bisa di buka,, udah di riset ulang tapi masih tidak bisa,, jawabannya "Kamera tidak bisa dimuai". Mohon solusinya gan.???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah jujur saya belum bisa bantu Mas Goziel. Semoga ada pembaca lain yang bisa membantu Mas Goziel. Terima Kasih

      Delete
    2. Mungkin perlu dicoba juga update OS terbaru BB 10.3.1.1565 Mas, banyak penambahan fitur kamera di situ

      Delete
  17. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  18. murahnya hape ini tuh berapa yah kisarannya? kira2 kalo udah ada secondnya jadi pengen coba

    ReplyDelete
    Replies
    1. harga baru garansi resmi masih sekitar 2 jutaan. klo sekennya saya kurang tahu.... yang pasti BB Z3 ini setelah saya update dengan OS terbaru jadi lebih kenceng, bagus tampilannya, dan fiturnya jadi lebih lengkap

      Delete
  19. saya baru 1 bulan pake bb Z3 knapa kamera nya udah ga bisa kebuka ya ?? distu tertulis mode flash gagal ? itu kenapa ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika ada kendala semacam itu, jika masih garansi resmi sebaiknya dibawa ke service center resmi BB entah itu TAM atau yang lain.....

      Delete
  20. Kok BlackBerry z3 aq blur ya kalau lhat fto2 di google. Pecah gambarnya.
    Knpa tu ya.???
    Kalau sinyal gx mungkin tu.
    Knpa ya.???

    ReplyDelete
  21. Kok BlackBerry z3 aq blur ya kalau lhat fto2 di google. Pecah gambarnya.
    Knpa tu ya.???
    Kalau sinyal gx mungkin tu.
    Knpa ya.???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iy pecah mbak lia. Soalnya kan itu untuk meringankan tampilan. Coba klik gambarnya lalu pilih view image, nanti akan keluar hasil gambar dengan resolusi sebenarnya mbak lia. Mgkn itu aja yg bs sya sarankan

      Delete
  22. Gan mau tanya..Z3 saya nyemplung k air,dan skr mati total..ap mzh bza dperbaiki????
    Mksh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. harusnya masih bisa gan, segera dibawa ke service center, dan jangan mencoba untuk menghidupkannya karena bisa korslet. Tks

      Delete
  23. Mau nanya bos.. ikon aplikasi games nya kok gak ada ya bos di BlackBerry z3 saya. Ikon games berupa stik warna merah itu bos. Tolong bantuannya. Trims.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf saya belum tahu solusinya, mungkin pembaca lain bisa memberikan saran....

      Terima Kasih

      Delete
  24. bagus juga yah ,,,, jadi pingi nyoba

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya lumayan lah gan.... sudah satu tahun lebih ini Ok-OK aja....

      Delete
  25. bgmna mengatasi memori internal blackberry penuh, padahal install aplikasi sewajarnya, dan file2 ada di eksternal memori

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya cache aplikasi2 social media dan messaging yg sering bikin penuh memori. sering2 saja menghapus cache-nya semisal history percakapannya.... Untuk FB, twitter secara berkala dihapus dan diinstal ulang. Mungkin dari pembaca lain ada tips lainnya.

      Terima Kasih

      Delete
  26. ini hp terbusuk yang pernah kupakai.sering banget waktu dicharge mati sendiri gelap dan hanya ada lampu led bagian atas.setelah lama frustasi akhirnya hidup lagi,setelah itu nggak berapa lama kumat lagi.bener2 busuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah buruan dilego atau dihibahkan saja gan, keburu tambah bikin frustasi.... moga-moga segera dapat HP pengganti yang Joss....!

      Delete
  27. Bb gk bisa di sentuh dri atas ke bawah gan...tolong solusinya...tkz

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk BB OS 10 saat di menu utama seharusnya bisa di swipe dari atas ke bawah, muncul berbagai menu pengaturan cepat.

      Delete
    2. Anonymous8:48 PM GMT+7

      udah ada solusinya bro?

      Delete
  28. Sya mau tanya gan.. kalo update status di FB kan biasax ad keterngan Dikirim melalui BlackBerry smart phone gtu.. klo di z3 ku kok gak ada Ÿ̲̣̣̣̥α̇̇̇̊ά̲̣̣̣̥α̇̇̇̊ !!..? Mohon infox

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalau itu saya kurang tahu ya.... mungkin facebook sudah meniadakan fitur dari via apa status dibuat. Mungkin ada pembaca lain yang bisa memberikan informasi. Tks

      Delete
  29. Layar BB Z3 saya tdk bisa di tarik dari atas ke bawah. Sebelumnya bisa aja. Tp saya tidak tahu dimana settingnya kmbli. Mohon infonya bagi yg pernah mengalami atau yg tahu cara settingnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. seharusnya di layar menu utama bisa ditarik dari atas ke bawah. mungkin pembaca lain ada yang punya solusi. Tks

      Delete
  30. BlackBerry z3 aku kok gak bisa ngirim /menerima fail seperti video melalui media Blouthut tapi klo seperti fotho atau gambar masih bisa kenapa ya? Mohon solosinya bagi sesama z3. Terimakasih,,,,

    ReplyDelete
  31. Bb z3 saya muter video nya ngelag.... muter youtube nglag juga lambat goyang patah"... mnta solusi nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin memorinya sudah terlalu penuh, perlu dipertimbangkan untuk mengosongkan kembali memorinya atau menghapus file-file ataupun aplikasi terterntu. Tks

      Delete
  32. Proses wipe knpa kog lama banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba kartu memorinya dicabut dulu kang.....

      Delete
  33. gejala tidak bisa landscape layar z3 knp yaa gan??
    udh sering seting ulang pabrik dan reboot tetep ajj layar gk bisa landscape..,

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin ada kerusakan pada sensornya....

      Delete
  34. Cara meng update os bb z3 bagaimana ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. buka aja menu setting dan pilih menu software updates, ikuti langkah selanjutnya. Tks

      Delete
  35. BlackBerry z3 saya kok gabisa buat apa apa ya kecuali buka browser. Geser kiri ada tulisan "menyiapkan BlackBerryhub"itu gmn ya mas.?

    ReplyDelete
  36. BlackBerry z3 saya kok gabisa buat apa apa ya kecuali buka browser. Geser kiri ada tulisan "menyiapkan BlackBerryhub"itu gmn ya mas.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah saya malah baru tahu kasus seperti itu. coba di reset ulang, atau bisa ke blackberry service center atau ke Toko HP terdekat yang biasanya punya teknisi. TKs

      Delete
  37. BlackBerry z3 bisa gak sih buat video call

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau fitur video call langsung tidak ada, tapi ada kamera depan yang bisa dimanfaatkan untuk video call melalui SKYPE atau aplikasi lainnya. Terima Kasih

      Delete
  38. Pak Sony treimz atas jawabannya

    ReplyDelete
  39. Bb z3 saya kok sinyalnya ga bisa 3G yah?? Padahal di iphone saya udah 4G, kartu sama2 XL...
    Ada solusi ga yah?

    ReplyDelete
  40. kalok make BB Z3 , ngisi paketnya make paket yang mana bang? paket BB apa paket Andro ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mulai sistem operasi BB 10 (termasuk BB Z3), tidak perlu lagi menggunakan paket blackberry, bisa menggunakan paket data biasa layaknya HP android, iphone, dll. Terima Kasih.

      Delete
  41. Klo saya make simpati loop,internet yg bulanan 125 ribu dapet 16 gb.semua itu tergantung kartu dan selera masing"

    ReplyDelete
  42. Anonymous4:38 PM GMT+7

    Min , hp bbz3 , aku gak bisa nyala, udah aku charge tapi gak nyla" hp nya mati itu gara" aku buka aplikasi webtoon, terus langsung mati, tau cara buat nyalain gak min ??

    ReplyDelete
  43. so fa so good ini bb z3, tp ya namanya hybrid phone pasti ada kekurangan nya.. intinya sih klo mau lebih enak buat game ya androi ato si apel setengah... cmn jujur bb itu punya nilai prestige tersendiri... so far untuk aplikasi social media is good n aplikasi kamera not bad nah klo dh urusan game hehehe di pertimbangkan deh klo pake bb.. satu hal lg bb harus selalu uptodate firmwarenya kalo gk ya suka hang2 n lag2 gk jelas... setuju buat empu nya ini blog harus sering2 hapus cache kalo gk ya bakal ribeut alias riweuh alias gempor hahahaha... ppercayalah memakai bb ada hal yg gk bisa d gntikan, bukan urusan aplikasi tp ada experience tersendiri yang terkadang bikin sulit berpindah hati...

    ReplyDelete
  44. bagaimana cara agar layar bbz3 di sentuh tidak nyala?

    ReplyDelete
  45. kenapa bb z3 saya gamau di pencet" layarnya. cuma muncul suara aja. misalnya kalo saya pencet media nnti dia bersuara gini media loading. gitu" terus. kenapa ya?
    minta tolong bantuannya dong

    ReplyDelete
  46. Saya pengguna baru,mau tanya cara wipe bb z3,trima kasih,.

    ReplyDelete
  47. gan numpang tanya?
    agar hasil foto tidak kuning gimana?

    ReplyDelete
  48. mau tanya q pakai bb z3 knp q klo ambbil video cuma 1 detik sudah kepakai momery 3MB.. tlng bantuannya

    ReplyDelete
  49. gmn cara mengatasinya????????

    ReplyDelete