Tuesday, March 10, 2015

Review: Aplikasi Blackberry Blend Menurutku

Tampilan Blackberry Blend di Desktop (dok. pribadi)
Blackberry Blend, salah satu fitur unggulan BB OS 10.3 yang memungkinkan para pengguna blackberry untuk menyinkronkan antara Blackberry dengan komputer. Kita bisa mengontrol menu Contact, SMS, Blackberry Hub, Email, Kalender, Manajer File, dan tentunya yang paling penting adalah Blackberry Message (BBM).

Bagaimana cara menggunakan Blackberry Blend? Sebelum menggunakan pastikan kita sudah mengunduk software Blackberry untuk desktop di website resmi blackberry. Software itu berisikan aplikasi Blackberry Blen, Blackberry Link, dan Device Manager. Nah, kita akan ulas yang Blackberry Blend.

Setelah kita menginstalnya, kita buka aplikasi Blackberry Blend di desktop. nanti ada pilihan menyambungkan pakai Kabel USB (kabel data), atau menggunakan koneksi WIFI. Jika menggunakan koneksi WIFI antara desktop dan handset Blackberry 10.3 harus terkoneksi pada jaringan yang sama. Aku sendiri lebih memilih koneksi dengan kabel USB lebih stabil dan praktis. Saat mengkoneksikan pertama kali antara BB dan desktop akan ada otorisasi berupa kode tertentu yang harus kita accept (klik/sentuh pilihan Ya) pada BB ataupun Komputer yang sama-sama menampilkan kode yang sama, dan Blackberry Blend pun sudah aktif.

Nah, asiknya ketika BB kita terhubung dengan komputer dan kita sedang melakukan aktifitas multitasking pada komputer kita, saat ada BBM atau email masuk kita bisa langsung bisa membukanya di komputer, sekaligus membalasnya dari komputer tidak perlu memegang BB, apalagi sampai membukanya. Jadi BBM -an bisa kita lakukan melalui komputer dengan sangat mudah dan lancar. Fitur lama yang baru-baru ini diadopsi kembali oleh Whatsapp dan dipopulerkan lagi oleh Telegram yang mengembalikan kejayaan chat melalui Komputer seperti saat zamannya MIRC, YM ataupun Gtalk.

Selain membalas emaail dan BBM, kita juga bisa mengontrol kontak ataupun kalender yang ada di handset BB. Manajer File-pun dapat mudah kita lakukan melalui dekstop dengan aplikasi ini. Keberadaan aplikasi Blackberry Blend ini sebenarnya bukan sesuatu yang benar-benar baru. Aplikasi ini mengupgrade fitur sinkronisasi dengan desktop menjadi lebih hidup melalui BBM dan Email yang 'LIVE' bisa terus digunakan langsung dari komputer. Saya akui BB cerdas mengusung membuat fresh fitur sinkronisasi yang selama ini sekedar pada fungsi manajer file.

Baca juga: Fitur, Performa, dan Tampilan BB Z3 Update OS 10.3.1.1565

No comments:

Post a Comment