Thursday, January 11, 2018

Lika-Liku Pengajuan Kartu Kredit BCA

Sudah punya banyak kartu kredit kok masih aja pengen ngajuin kartu kredit baru! hal itulah yang kulakukan. Saat ini aku punya empat kartu kredit yang aktif dari Mandiri, CIMB Niaga, dan BNI. Nah, beberapa bulan lalu aku mengajukan kartu kredit BCA, belum afdol kayaknya kalau belum punya kartu kredit BCA, haha......

Aku sudah pernah beberapa kali mengajukan kartu kredit BCA, tapi semuanya berakhir tanpa kejelasan status, alias gagal. Entahlah kenapa, padahal sudah kulengkapi semua persyaratan, BI checking-ku juga bersih, pendapatan juga Alhamdulillah tidak masalah, aku juga sudah lama punya rekening BCA. Aku sempat berpikir, "Ada calon nasabah potensial kok disia-siakan, aneh BCA ini!"

Menurut beberapa temanku memang mengajukan kartu kredit BCA tidak semudah mengajukan kartu kredit lain. Nah, akhirnya beberapa bulan lalu aku iseng-iseng mengajukan aplikasi online melalui situs resmi layanan aplikasi kartu kredit BCA di eform.klikbca.com/applycc. Kulengkapi kolom isian, kulampirkan secara online beberapa dokumen yang diperlukan, dan terakhir aku diminta mencetak sebuah form untuk kutandatangani dan dikirimkan balik ke BCA.

Progress pengajuan kartu kredit juga bisa kita pantau di situs tersebut. Dalam proses verifikasinya aku ditelpon oleh petugas BCA untuk mengkonfirmasi beberapa dataku. Beberapa minggu kemudian, aku ditelpon lagi oleh pihak kartu kredit BCA, bahwa akan ada kurir yang membawa form yang harus kutandatangani, mungkin karena form yang kucetak yang seharusnya kutandatangani dan  kukirim balik ke BCA tidak kunjung kukirim, akhirnya mereka berinisiatif untuk mengirimkan kurir untuk langsung mendatangiku. Diinfokan pula, aku diminta untuk melampirkan pula surat keterangan penghasilan. Namun, karena aku tidak punya surat keterangan penghasilan, dan males minta ke bagian keuangan, aku pun hanya melampirkan screenshoot mutasi transaksi di rekening bankku terkait dengan payroll-ku yang menunjukkan gaji dan tunjangan bulanan yang aku terima, dan ternyata mereka mau menerimanya.

Beberapa minggu kemudian aku mendapatkan SMS bahwa pengajuan kartu kreditku diterima, dan kartuku akan segera dikirimkan maksimal dalam 7 hari kerja. Tidak sampai 7 hari kerja, kartu kredit BCA sudah kuterima. Aku apply untuk dua jenis kartu kredit yaitu BCA Everyday card dan BCA VISA Batman. Kartu ternyata tidak dikirimkan bersamaan. Yang dikirimkan terlebih dahulu adalah kartu BCA Everyday, dan yang VISA Batman dikirimkan beberapa hari kemudian. Hal itu sempat membuatku resah, jangan-jangan yang kartu VISA Batman tercecer entah dimana, atau pihak BCA lupa mengirimkannya. Namun, setelah kukonfirmasi ke Halo BCA ternyata memang VISA Batman akan dikirimkan terpisah beberapa hari kemudian.

Oiya, untuk satu tahun pertama ternyata ada promo gratis biaya tahunan. Namun, untuk tahun-tahun selanjutnya kalau kita ingin dihapuskan biaya tahunannya, kita perlu menelpon ke costumer service kartu kredit BCA.

Baca juga: Apply Kartu Kredit BCA Dapat Voucher Blibli Rp500 ribu!

1 comment:

  1. Mau tanya kalo waktu itu dikasih jatah limit perbulan nya berapa ya? Dan untuk dokumen yg di print lalu di tandatangani sebenarnya dikirim ke kantor BCA mana? Apa yg tertulis di kertas nya ya?

    Makasih sebelumnya nya :)

    ReplyDelete