Wednesday, January 23, 2013

Bank Mandiri, Tahu Apa yang Ku Mau

Januari 2009, aku resmi menjadi seorang pegawai salah satu Kementerian di Jakarta. Semua pegawai diwajibkan membuka rekening di Bank Mandiri, karena kebijakan di Kementerianku jika payroll pegawai harus melalui Bank Mandiri. Kolektif kami membuat rekening di Kantor Cabang Bank Mandiri Iskandarsyah, Blok M.

Di koran, di majalah, dan di televisi aku lihat iklan Bank Mandiri yang menggembar-gemborkan tentang mudahnya bertransaksi melalui internet banking. Aku masih awam dengan istilah itu. Di iklan kulihat seorang eksekutif muda menggenggam sebuah benda kecil, mempunyai tombol-tombol angka, berwarna biru, tapi yang jelas bukan handphone. Ternyata itu yang dinamakan TOKEN, sebuah alat pengacak PIN untuk transaksi melalui internet banking. Langsung saja aku tertarik untuk memilikinya, agar terlihat keren seperti para eksekutif muda, padahal nominal rekening masih sedikit lebih tinggi dari UMP DKI Jakarta 2013. Kubelilah token seharga 20 ribu rupiah, dan dijelaskan penggunaannya oleh customer service plus diberi buku panduannya.





Pertama kali aku menggunakan layanan internet banking mandiri adalah untuk mengecek saldo, maklum masih coba-coba mengenal fitur-fiturnya. Ternyata i-banking mandiri bisa juga untuk beli pulsa seluler. "Wah cocok nih kalau malam-malam kehabisan pulsa, nggak perlu bingung cari penjual pulsa!", pikirku kala itu. Sejak saat itu, aku sering membeli pulsa baik untuk handphone ataupun modem internet melalui i-banking Mandiri.


Kedua, aku menggunakan internet banking Mandiri untuk transfer antar rekening mandiri. Iuran kebersihan dan keamanan perumahan pun aku transfer ke pengurus RT melalui i-banking Mandiri karena aku tidak mau repot harus menemui pengurus RT hanya sekedar membayar iuran bulanan.  Yang pasti tentunya tidak dipungut sepeser pun biaya dari transaksi transfer antar rekening mandiri. Disamping itu, aku juga sering menggunakan i-banking mandiri untuk transfer ke bank lain melalui kliring dengan biaya sebesar 7500 rupiah kala itu, namun sejak akhir tahun 2012 sudah bisa transfer antar bank secara online dengan biaya cuma 5000 rupiah. Sungguh menghemat waktuku, daripada capek-capek ke Bank atau ke ATM hanya untuk transfer, fasilitas i-banking Mandiri ini memberi kemudahan bagi nasabahnya.


Ketiga, saat aku harus membeli tiket pesawat terbang, lagi-lagi Bank Mandiri memberikan excelent service untukku. Hampir semua maskapai penerbangan menerima pembayaran melalui fasilitas internet banking Mandiri, jadi aku tidak perlu repot-repot pinjam kartu kredit teman. Kita pun jadi lebih fleksibel menentukan jadwalnya dan tentunya harga tiket yang sesuai dengan kantong kita.


Keempat, layanan internet banking Bank Mandiri benar-benar memuaskanku. Bagaimana tidak, aku jadi lebih mudah dan merasa aman bertransaksi melalui internet banking untuk belanja online. Apalagi dengan fitur Clickpay saat ini menjadikan transaksi jadi lebih cepat, aman, dan barang pesanan pun lebih cepat sampai di tangan.


Kelima, kebetulan di rumahku menggunakan listrik PLN prabayar. Jadilah aku harus beli voucher listrik jika pulsa listriknya hampir habis. Disamping bisa dibeli melalui agen penjual ataupun di ATM, ternyata fitur internet banking mandiri menyediakan pembelian pulsa listrik prabayar. Coba kita bayangkan jika, listrik kita mati tengah malam dan lokasi ATM jauh dari rumah kita, maka akan sangat berisiko jika kita memaksakan pergi ke ATM hanya untuk membeli pulsa listrik. Lain halnya jika kita membeli pulsa listrik melalui internet banking Mandiri, pasti semua bisa dibeli tanpa kita beranjak dari tempat tidur.


Awal mula aku mempunyai token Bank Mandiri, teman-teman kantorku banyak yang bertanya-tanya. "Itu apaan Son, kok kayak kalkulator kecil?". Kujelaskan kalau itu alat pengacak PIN agar transaksi melalui internet banking terproteksi dengan tingkat keamanan yang tinggi. Kujelaskan pula segudang manfaat dan kelebihannya. Sekarang, hampir semua teman-temanku di kantor mempunyai token Bank Mandiri, yang tak lagi hanya berwarna biru, melainkan ada yang ungu, pink, dan transparan.

Internet Banking memang layanan unggulan dari Bank Mandiri yang semakin tahun semakin banyak penggunanya. Internet Banking Bank Mandiri benar-benar telah mengubah gaya hidupku menjadi lebih dinamis, efektif dan efisien.



Selain fasilitas Internet banking, Bank mandiri juga mempunyai fasilitas Mobile Banking yang aplikasinya sudah bisa diunduh untuk smartphone dengan sistem operasi iOS (iPhone), Android, dan Blackberry. Jadi kita pun bisa lebih mudah bertransaksi melalui smartphone tanpa harus menggunakan komputer desktop.



Mandiri juga menyediakan fasilitas kredit, diantaranya yang paling populer adalah Kredit Tanpa Agunan Mandiri (Mandiri KTA) dengan plafon kredit dan tenor yang fleksibel sesuai dengan kemampuan kita, serta mudah dalam proses pengajuannya. Bagi kita yang ingin membeli rumah, Mandiri menfasilitasi kita dengan Mandiri KPR dengan tenor sampai dengan 15 tahun sehingga semakin meringankan cicilan rumah kita.



Mandiri Tabungan memberikan berbagai macam fasilitas yang membuat kita semakin nyaman menjadi nasabah Bank Mandiri. ATM Mandiri yang telah tersebar luas di seluruh Indonesia, fasilitas transaksi Debit Mandiri yang sudah diterima di minimarket, supermarket, hypermarket, restoran, hingga Mall menjadikan kita tidak perlu repot-repot membawa uang tunai dalam jumlah banyak jika ingin bertransaksi. Bank Mandiri juga menawarkan Mandiri tabungan rencana yang dilindungi dengan asuransi sehingga memberikan ketenangan untuk masa depan keluarga kita.



Bagi para traveler sejati atau bagi pebisnis yang sering melakukan perjalanan bisnis dengan pesawat terbang, Bank Mandiri meluncurkan salah satu produk dari Mandiri Kartu Kredit yaitu, SKYZ Card. Kartu ini memberikan banyak manfaat, diantaranya fasilitas Free Airport Lounge di berbagai Bandara di Indonesia, poin kartu kredit yang bisa diubah menjadi air mileage berbagai maskapai penerbangan, serta asuransi perjalanan untuk tiket yang dibeli menggunakan SKYZ Card.


                                  *****Bank Mandiri, Tahu Apa yang Kamu Mau*****

(tulisan tentang Bank Mandiri ini ditulis dalam rangka ikut lomba blog Bank Mandiri, tapi gk menang, namun sayang untuk dihapus.... :-) )

2 comments: