Monday, February 24, 2014

Pengalaman Baru Manggala

Manggala Prama Migi (dok. pribadi)
Manggala malam ini tidak bisa tidur bersama ibunya. Sejak pukul 4 pagi tadi sampai besok, Manggala harus ditinggal Nining untuk mengikuti pelatihan di Tretes, Pasuruan. Ini adalah pengalaman pertama buat Nining dan Manggala tidak tidur malam bersama.

Sejak lahir sampai saat ini, Manggala belum pernah sekalipun tidur malam tanpa ditemani ibunya. Meskipun nining banyak kegiatan di luar kota, seperti waktu ke Jogja beberapa bulan yang lalu, Manggala selalu dibawanya. Namun, hari ini terpaksa Nining sementara waktu berpisah dengan Manggala, padahal Manggala akhir-akhir ini sangat susah untuk tidur malam, apalagi malam ini tidak tidur ditemani ibunya.

Manggala kalau sedang tidur malam dan ingin netek ke Ibunya, pasti merengek bilang 'mimik....mimik....!' jika dia nggak segera direspon atau Ibunya pas tidak berada di sampingnya, maka dia tidak akan basa-basi langsung nangis sekencang-kencangnya yang sanggup membuat tetangga kanan kiri terbangun dari tidurnya, bahkan tak jarang terdengar sampai jalan raya yang berjarak kurang lebih 40 meter dari kamar Manggala.

Hari ini Manggala akan mengalami pengalaman baru dari hidupnya, yaitu belajar 'Mandiri' tidak ditemani ibunya saat tidur malam, dan otomatis dia tidak bisa netek ibunya, padahal selama ini intensitas netek dibandingkan dia minum susu formula lebih banyak neteknya.

Sampai saat ini aku belum tahu Manggala akan tidur dengan siapa, apa ditemani tantenya, neneknya, atau sama Bu Tris (sepupunya Nining yang biasa mengasuh Manggala) atau malahan ditemani ketiganya. Kami sudah was-was dan khawatir jika Manggala malam ini akan merengek terus mencari Ibunya, semoga hal itu tidak terjadi.

Ke depan tentunya Manggala akan sering ditinggal Ibunya malam hari, apalagi jika Nining besok jadi ngambil PPDS Obsgyn, pastinya akan semakin sibuk.

Andai saja aku bisa menemani Manggala malam ini.... andai....

No comments:

Post a Comment