Wednesday, August 13, 2014

Pengalaman 7 Tahun Bersama Nokia E61


Nokia E61 (dok. pribadi)
"Hari gini masih pakai Nokia?" Mungkin itu yang sering kali kita dengar jika bicara tentang gadget-gadget terbaru dengan teman-teman kita. Pada umumnya sekarang mereka menenteng Samsung yang sudah jadi HP sejuta umat saat ini.

Kalau sekitar 4 tahun lalu masih ngehits dengan Blackberry atau bahkan satu dekade yang lalu dengan Nokia sebagai raja ponsel yang hampir tidak ada pesaing yang berarti, sekarang praktis hanya Apple yang head to head menguasai pasar ponsel global.

Nokia, sang Raja Ponsel masa silam yang terpuruk karena strategi ego-nya yang tidak peka terhadap pasar, sekarang mulai bangkit dengan jajaran Lumia dengan windows phone-nya. Namun ironisnya, Nokia bahkan sudah diakuisisi oleh Microsoft yang masih berambisi untuk menyaingi rival abadinya yaitu Apple Inc.

Kembali lagi ke statement di awal tulisan ini, siapa yang masih pakai Nokia saat ini? Jawabannya tegas, aku salah satunya. Bahkan artikel ini kutulis dengan Nokia E61 ku, HP Nokia QWERTY pertama yang berbentuk candybar. Aku cukup bangga masih memakai E61 yang sudah kumiliki lebih dari 7 tahun ini. HP yang cukup canggih di zamannya dan sering dipakai oleh para profesional muda. Keren lah pokoknya...!

Nokia seri E61 (dok. pribadi)
Umur pakai 7 tahun tentunya umur yang cukup tua untuk sebuah ponsel. Tentunya gerusan waktu tidak bisa dihindari oleh E61 sekalipun. HP-ku ini sekarang sudah ngedrop baterainya, tombol pengatur volume disamping kirinya pun sudah lapuk, mritili, dan pada akhirnya hilang tak berbekas. Tulisan Nokia di bagian atas juga telah terlepas. Casingnya pun, khususnya bagian belakang sudah sangat kusam dan catnya pun banyak yang mengelupas. Chargernya-pun sudah kuganti dengan yang baru kurang lebih setahun yang lalu. Namun anehnya bagian trackball yang sering di-review negatif karena paling cepat rusak, di E61-ku ini nggak bermasalah sampai saat ini. Dan yang paling mengagumkan adalah kualitas keypad-nya yang luar biasa bagusnya. Nyaris tak berubah sampai saat ini, padahal udah ribuan kali kugunakan untuk mengetik.

Nokia E61-ku ini juga termasuk HP yang bandel. Bagaimana tidak, sudah kecemplung di ember penuh air pun, tanpa ku 'opname' di service center, dia sembuh dengan sendirinya, cuma kujemur dan kumasukkan ke toples berisikan silica gel bekas dari kotak sepatu selama kurang lebih seminggu. Luar Biasa!

Menurut kabar yang ada di dunia maya, Nokia E61 dengan IMEI tertentu menunjukkan kalau E61 tersebut bukan buatan Cina melainkan buatan Perancis yang terkenal lebih bandel kualitasnya. Iseng-iseng ku-cek IMEI di HP-ku ini ternyata termasuk yang buatan Perancis dengan kode 00 pada digit ke 7 dan 8 dari 15 digit IMEI.

Nokia E61 ini telah menemaniku sejak masih mahasiswa sampai dengan sekarang. Dari liat informasi lowongan pekerjaan di internet melalui opera mini sampai dengan mengirim aplikasi lamaran ataupun melihat informasi kelulusan tes demi tes yang kulalui. Dari chatting dengan im+, nimbuzz, mig33, ebuddy dan aplikasi chat yang lainnya jauh sebelum era whatsapp dkk. Dari melihat informasi berita terkini dengan aplikasi Reuters mobile, Yahoo sampai dengan aplikasi push mail dari SEVEN. Entah berapa banyak aplikasi yang silih berganti ku-install dan ku-uninstall.

Aplikasi office yang sangat berguna di HP ini terutama untuk nge-blog dan adobe reader untuk membaca file-file PDF sungguh sangat membantuku. Aplikasi SMS Banking BTN juga cukup membantuku untuk menge-cek saldo di rekening BTN-ku, maklum jangan sampai kurang saat didebet untuk bayar cicilan KPR, ha ha....

Hanya satu yang kupikirkan tentang Nokia E61-ku ini, bukan cacat bodinya melainkan performa baterainya yang sudah jauh menurun, padahal dulu bisa sampai berhari-hari tidak perlu nge-charge. Sekarang kalau aku mau nelpon atau ditelpon harus buru-buru kusambung dengan kabel charger agar tidak terputus di tengah jalan. Aku mengetik artikel ini pun sambil kusambung dengan charger agar tulisanku ini tidak tiba-tiba lenyap saat aku asik mengetik.

Semoga saja segera kutemukan baterai original yang bisa memperpanjang usia E61 kesayanganku ini.

No comments:

Post a Comment