Saturday, June 20, 2015

Keabadian Kenangan Melalui Sebuah Lagu

Akhir-akhir ini aku punya hobi baru, yaitu membeli lagu-lagu 'lawas' dari iTunes. Di toko musik sudah jarang ada kaset ataupun CD-nya, tapi di iTunes, hampir semua lagu dari masa-masa dijual dalam bentuk format digital.

Murah meriah, cukup dengan harga 3ribu, 5ribu, atau 7ribu per lagunya, sudah mendapatkan lagu denga kualitas suara yang tidak perlu diragukan lagi. Nggak perlu beli satu album penuh.

Mengapa aku banyak membeli lagu-lagu lama dibandingkan dengan lagu-lagu masa kini yang lagi tren. Aku dan anda juga, mungkin pernah merasakan, ketika mendengar sebuah lagu lama, langsung memori kita dipanggil kembali mengingat suatu kejadian di masa lalu. Rasanya aneh, padahal memang kenyataannya begitu.

Misalkan ketika aku mendengar lagu-nya Naff dengan Judul Terendap Laraku, memoriku langsung teringat dengan kenangan masa-masa awal kuliah pada tahun 2002-2003 dan proses kedekatanku dengan seorang wanita. Lain lagi ketika aku mendengar lagunya Sheila On 7 berjudul KITA ataupun DAN, yang langsung mengingatkanku pada masa-masa Ospek SMA. Ketika mendengar lagu Waka-Waka dari Shakira, ingatanku langsung melayang saat gegap gempita world cup 2010 Afrika Selatan dan kedekatanku dengan seorang wanita saat itu. Dan masing-masing lagu punya mampu me-recall kenangan yang berbeda-beda.

Mengapa bisa begitu? Aku mencoba mengingat-ingat kenapa bisa terjadi seperti itu. O ternyata dulu saat Ospek SMA sering diperdengarkan lagu Sheila On 7 yang KITA ataupun DAN. O... Ketika aku lagi masa awal2 kuliah dan jatuh cinta dengan seorang wanita, aku sering mendengar lagu Terendap Laraku di Radio. O saat aku sedang asik-asiknya penuh semangat menantikan pertandingan demi pertandingan piala dunia 2010 kebetulan juga lagi jatuh cinta dengan seorang gadis muda, aku sering mendengar lagu Waka-waka di TV maupun radio. Ternyata mendengar lagu berkali-kali saat suatu momen tertentu secara tidak sadar lagu itu akan meresap di alam bawah sadar kita beserta rekaman momen yang menyertainya, yang suatu saat ketika lagu itu kita dengarkan, memori kita akan otomatis mengingat kembali kenangan itu.

Ternyata, lagu-lagu itu merupakan sarana yang sangat efektif untuk mengingatkan kita terhadap kenangan-kenangan dengan detail, yang jarang kita temui jika kita mengenang sebuah peristiwa tanpa melalui sebuah lagu.

Begitulah kuasa Tuhan yang luar biasa, dari sebuah lagu saja kita bisa mengingat kenangan lama tanpa sengaja dari awal untuk mengingatnya.

Pantas saja kalau lagu-lagu itu tak lekang oleh zaman, karena menyertai banyak kenangan dari masing-masing penggemarnya.

No comments:

Post a Comment