Sunday, November 10, 2019

Tutorial Cara Membuat Ketupat

Flashback ke awal dekade 90-an hampir 30 tahun yang lalu, aku diajari membuat ketupat oleh teman kantor Bapak yang sudah sepuh, kalau nggak salah Beliau bernama Pak Temon. MEngapa aku minta diajari membuat ketupa? gara-garanya karena aku diikutkan tim lomba Pesta Siaga Pramuka di SD yangmana salah satu perlombaannya adalah membuat anyaman ketupat.

Kurang puas diajari Pak Temon, Bapak pun mendatangkan mbah kakung khusus untuk mengajariku membuat ketupat, akhirnya aku pun bisa membuatnya dengan sangat piawai, bahkan hanya sekitar 2 menit aku sudah bisa menyelesaikannya.


Ketupat memang tidak kita konsumsi setiap hari. Permintaan akan ketupat biasanya meningkat tajam menjelang hari raya idul fitri atau di beberapa daerah ada yang namanya lebaran ketupat (bada kupat) yang jelas menu utamanya adalah ketupat yang biasanya dipadu padankan dengan lauk ayam opor ataupun semur tahu.

Banyak masayarakat zaman sekarang yang tidak mau repot membuat ketupat, biasanya mereka beli langsung jadi selongsong ketupat, jadi di rumah tinggal masak ketupatnya tidak repot-repot untuk menganyam janur terlebih dahulu. Bahkan kalau mau praktis sekalian sudah beli ketupat masak jadi tinggal membuat lauknya saja semacam opor.


Ada beberapa jenis bentuk ektupat, yaitu pertama yang paling populer adalah ketupat sinta, kemudian ketupat kepis, dan terakhir yang agak unik pembuatannya adalah ketupat luar.

Kalau anak-anak zaman knoe bisa nggak ya membuat ketupat? atau masih ada dalam pesta siaga pramuka ada perlombaan membuat ketupat? Entahlah.....

No comments:

Post a Comment