Sunday, May 3, 2015

Berkunjung ke Kota Buntok, Kabupaten Barito Selatan (Bagian III)

Usai Sarapan di Hotel 'Termewah' di Buntok, kami langsung menuju ke Kantor KPPN yang juga berada di Jalan Pelita Raya. Kami dijemput driver dari KPPN, Mas Junaedi. Kira-kira kami hanya satu jam di KPPN untuk berkoordinasi dengan pejabat setempat dan panitia daerah penyelenggara diklat, kemudian melanjutkan untuk survei lokasi tempat diklat yang akan kami selenggarakan. Pertama kami survei ke Aula di samping Masjid Agung yang sangat besar, sering digunakan sebagai gedung pernikahan, namun sayangnya tidak dilengkapi AC, hanya kipas angin-kipas angin besar yang tergantung di plafon dan yang terpasang di dinding kanan-kiri gedung. Untuk keperluan diklat yang pesertanya berkisar 30-40 orang, gedung ini terlalu besar, maka kami putuskan untuk tidak jadi menggunakannya. Kami pun melanjutkan ke gedung Aula Kementeriaan Agama Buntok. Ruangannya lebih kecil, ada kipas anginnya, ada AC-nya, namun AC-nya belum bisa dipakai karena daya listriknya yang masih rendah, nunggu untuk penaikkan daya. Tapi tak apa lah, masih bisa menggunakan kipas angin, semoga saja saat diklat nanti cuacanya tidak terik-terik amat.

Kendala di Aula Kemenag ini hanya satu, tidak punya banyak stok meja panjang untuk meja peserta diklat,  terpaksa kami harus menyewa. Kami pun menemui juragan persewaan tenda, meja dan kursi, Pak Piryadi namanya. Orang Kediri yang sejak tahun 70-an merantau ke Buntok, menikah dengan orang setempat. Dia mengaku pernah bergelut sebagai orang bangunan yang biasa membangun rumah alias tukang, dia juga pernah bekerja di perusahaan kayu ketika jaya-jayanya industri perkayuan di Kalimantan. Ternyata usaha persewaan meja kursi sudah dikelola oleh anaknya, dan kami pun jadi menyewa meja panjang sebanyak 13 buah dengan tarif Rp30ribu per hari selama 4 hari untuk 2 angkatan diklat, jadi totalnya kami sewa selama 8 hari, cukup murah lah.

Clear sudah kegiatan kami di Buntok, siang itu pula kami pun langsung menuju ke Kabupaten Barito Utara, tepatnya ke Kota Muara Teweh. Namun sebelumnya kami mampir dulu ke Rumah Makan yang cukup terkenal di Buntok, yaitu RM. Balangan Rif'ah yang terletak di pojok perempatan jalan Pahlawan.

Baca juga:
Berkunjung Ke Kota Buntok Bagian II
Berkunjung Ke Kota Buntok (Bagian IV)

No comments:

Post a Comment