Saturday, May 6, 2017

Angkutan Dari Bandara Juanda Surabaya ke Terminal Purabaya (Bungurasih) pp

Sudah hampir 6 tahun ini aku sering bolak-balik terbang dari dan ke Bandara Juanda Surabaya, maklum anak istriku masih tinggal di Tulungagung Jawa Timur. Sejak dulu pertama bertugas di Jakarta, kemudian di Balikpapan, selanjutnya di Pontianak, dan sekarang sudah di Jakarta lagi sudah nggak terhitung lagi berapa kali aku mondar-mandir melalui bandara Juanda Surabaya.

Nah, karena tujuan akhirku ke Tulungagung, kota kecil di Jawa Timur bagian selatan diantara KEdiri dan Blitar, maka aku harus menempuhnya dengan bus dari Terminal Bungurasih kurang lebih 4-5 jam lamanya. Ada beberapa angkutan untuk menuju Terminal Bungurasih, diantaranya taksi, ojek, maupun DAMRI. Angkutan yang terakhir inilah yang menawarkan tarif termurah.

Bus DAMRI yang ada di Bandara Juanda Surabaya berupa Bus mini dengan satu pintu. Bus ini biasanya standby di seberang pintu area kedatangan. Tidak seperti di Jakarta yang Bus DAMRI bandaranya banyak jurusannya dan harus menunggu agak lama, di Surabaya hanya ada dua jurusan Bus DAMRI bandara yaitu ke Gresik dan Bungurasih, jangan sampai keliru masuk ya..... kalau nggak yakin bisa tanya petugasnya, karena dua bus dengan jurusan yang berbeda itu biasanya berdampingan depan belakang.

Bus DAMRI jurusan Terminal Bungurasih tarifnya cukup terjangkau yaitu Rp25.000,- saja, masih jauh lebih murah daripada Taksi. Bus DAMRI ini ketersediaannya kalau nggak salah sampai pukul 22.00WIB. Nah, kalau lewat dari jam 10 malam maka tidak ada pilihan lain kita bisa naik Taksi ataupun ojek. Kalau taksi online semacam Uber sepertinya masih mendapatkan resistensi yang cukup besar di Bandara Juanda. Kalau saya sendiri karena sudah malam dan ingin buru-buru ke terminal lebih prefer ojek saja yang tarifnya sekitar Rp30ribu, bisa lebih murah kalau kita tega nawarnya, hehe.... Tapi kalau hujan ya naik taksi aja lah, tarifnya juga masih terjangkau sekitar Rp50ribu-an.

Jarak Bandara ke Terminal Bungurasih tidak terlalu jauh sekitar 10 km dengan lama tempuh jika naik DAMRI hanya sekitar 30 menit dengan lalu lintas normal. Kalau naik ojek bisa lebih cepet lagi, paling 15 menit sudah sampai terminal.

Rute sebaliknya jika kita dari dari Terminal Bungurasih mau ke Bandara Juanda bisa juga menggunakan DAMRI. Biasanya busnya ngetem di area kedatangan Bus Antar Kota. Nah, disini kita jangan sampai keliru masuk bus DAMRI, ada yang jurusannya ke Terminal 1 Juanda adapula yang ke Terminal 2 Juanda. Terminal 1 untuk yang berangkat menggunakan Lion Air, Batik Air, Wings Air, Sriwijaya Air, NAM Air, Citilink. Terminal 2 jika Anda menggunakan maskapai Garuda Indonesia, Air Asia, ataupun penerbangan internasional. Untuk DAMRI jurusan terminal 1 biasanya berada di posisi belakang, sedangkan yang jurusan terminal 2 berada di depannya dengan posisi melintang. Kalau nggak yakin, lebih baik tanya petugasnya ya, daripada keliru. Namun, kalau sudah terlanjur salah masuk bus, nggak usah khawatir, ada Shuttle Bus yang melayani pergerakan penumpang dari Terminal 1 ke Terminal 2 dan sebaliknya. Lain ceritanya kalau penerbangannya jadwalnya sudah mepet baru berabe jadinya, hehe.... Oiya, tarifnya juga sama Rp25.000,-

Sebaiknya kita menyiapkan uang pas untuk membayar sejumlah Rp25ribu biar si sopir sekaligus yang narik uang tiketnya bisa cepet selesai dan cus....berangkat. Coba kalau bisa pakai uang elektronik ya, kan nggak perlu sudah kembaliannya. Yang pasti keberadaan layanan Bus DAMRI bandara ini sangat membantuku selama ini.

3 comments:

  1. itu beneran Pak bus damri terakhir dari bandara jam 10 malam? kalo iya alhamdulillah krn nanti saya tiba di juanda skitar jam 21.25

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepengalaman saya seperti itu kalau jadwal belum berubah. Kalaupun sudah tidak ada DAMRI bisa naik ojek biasa sekitar Rp30-35 ribu atau bisa naik taksi. Kalaupun mau pakai taksi online di Juanda sepertinya masih kucing-kucingan sama petugas. Tks

      Delete
  2. pak nanti saya mau mendarat di terminal juanda.. namun saya belum pernah naik taxi ojek atau yg lainnya....sarannya mending naik apa ya mas ??

    ReplyDelete