Wednesday, May 3, 2017

Berlangganan Internet First Media

Sejak sekitar Bulan September Tahun lalu aku mulai berlangganan internet First Media. Ternyata kalau langganan internet dari provider First Media, tidak ditawarkan paket yang murni internet saja, tapi sudah sekaligus dapat layanan TV Kabel. Sebenarnya aku tidak begitu perlu langganan TV kabel biasanya juga nggak ditonton karena nggak sempat nonton. Jadilah aku langganan paket yang paling murah, sekaligus mau nyoba cukup stabil nggak koneksinya. Paket termurahnya seharga Rp240.900,- Nett

Di kompleks perumahanku sebenarnya sebelum First Media masuk, sudah ada terlebih dahulu jaringan Telkom dengan speedy-nya ataupun layanan indihome, tetapi karena kumerasa terlalu mahal biaya langganannya serta tidak terlalu butuh fasilitas telepon rumahnya, jadinya kuurungkan niatku untuk berlangganan indihome dari Telkom.

Pemasangannya cukup cepat, kabel sudah disediakan, tidak ada biaya pemasangan, dan sudah dilengkapi dengan berbagai piranti koneksinya seperti router wifi, modem, dll. Meskipun kecepatan paket yang kupilih paling rendah berkisar 4 Mbps dan saat tiga bulan pertama dapat bonus kecepatan 6 Mbps, saat kucoba untuk streaming di Netflix cukup lancar, begitupula dengan Youtube.

Test kecepatan internet First Media melalui speedtest.net
Beberapa bulan berjalan, aku merasakan kecepatan internetnya semakin lambat dan kadangkala eror seharian. Penggunaan internetku di rumah juga nggak masif karena aku juga masih punya dua koneksi internet mobile yang kuotanya berlebihan (nggak habis sampai masa berlaku paket hampir berakhir). Karena kondisi tersebut aku bermaksud untuk memutuskan langganan First Media.

Kuhubungi customer care First Media, kuutarakan maksudku untuk pemutusan layanan. Teleponku kemudian diarahkan ke bagian pemutusan layanan. Di bagian pemutusan layanan, aku ditanya motivasiku ingin berhenti berlangganan. si Mbak-nya menawarkan untuk diskon harga langganan selama satu tahun hanya menjadi Rp179.000 (belum termasuk pajak 10%). Aku pun tetap pada pendirianku untuk berhenti berlangganan. Belum patah semangat si Mbaknya menawarkan untuk memutuskan sementara saja, agar kalau nanti saya berubah pikiran bisa mengaktifkannya lagi, karena paketku yang sekarang ini termasuk yang paling murah dan tidak ditawarkan lagi sekarang ini. Aku pun tetap keukeuh untuk berhenti berlangganan. Akhirnya si Mbaknya pun menyerah dan berjanji nanti akan menghubungiku lagi jika teknisinya ada jadwal longgar untuk memutus layanan.

Setelah kututup telepon, aku pun jadi berpikir, "tadi si Mbaknya nawarin untuk diskon langganan ya selama setahun, kayaknya worth it juga tuh, mana ada provider lain semurah itu sudah plus layanan TV kabelnya, kuotanya unlimited, dan aku pun nggak usah repot-repot nyalain personal hotspot di HP kalau butuh layanan internet. Setelah kupikir-pikir selama beberapa jam, akhirnya aku pun memutuskan untuk tetap berlangganan dengan menerima tawaran si Mbaknya diskon langganan selama setahun. Jadinya sekarang aku hanya membayar biaya langganan Rp196.500 nett per bulan (sudah termasuk pajak).

Oiya untuk Pelanggan First Media yang akan memutuskan langganan lebih baik dilakukan sebelum tanggal 15 pada setiap bulannya, karena misal jika kita ingin memutus pada tanggal 16 maka sudah akan ada tagihan baru, dan kita diwajibkan untuk membayar tagihan tersebut sebelum memutus. Nggak nyangka mau berhenti langganan, eh malah dikasih diskon, hehe.....

No comments:

Post a Comment