Saturday, August 13, 2011

Belanja Online

Belanja Online! Udah lama kudengar istilah ini tapi baru tahun ini yang benar-benar kulakukan belanja secara online. Sebelumnya paling banter aku menelpon toko online dan memesan barang yang kuinginkan, dan diantarkan, baru aku membayarnya Cash on Delivery (COD). Tapi tahun ini sepertinya tak bisa membendung hasratku tuk belanja online dalam arti yang sebenarnya.
Tokopedia, Bhinneka, dan gramediashop adalah toko-toko online yang sudah sering kusambangi dan pastinya aku sudah pernah bertransaksi dengan mereka.

1. Tokopedia.com
Toko online ini kutemukan tidak sengaja saat surfing di dunia maya. Toko online ini merupakan 'rumah' dari berbagai macam penjual. Tokopedia disini bertindak sebagai perantara antara penjual yang sesungguhnya dengan pembeli. Jadi penjual dan pembeli dijembatani dengan website Tokopedia. Tokopedia hanya menyediakan sistem transaksi, administrasinya, dan sebagai etalase produk dari berbagai penjual. Dari pengamatanku sistem transaksi yang disediakan oleh Tokopedia sangat bagus, aman, dan memudahkan interaksi antara penjual dan pembeli.

Untuk bisa membeli barang di Tokopedia kita harus mendaftar sebagai anggota. Kita akan diminta mengisikan biodata, alamat rumah, nomor rekening bank (kusarankan lebih baik kita mencantumkan rekening Bank Mandiri atau BCA untuk memudahkan transaksi).

Tipsnya, Jika kita mencari suatu produk yang branded pastikan jangan hanya melihat di satu toko saja, tapi lebih jelilah melihat di etalase toko-toko lainnya yang ada di Tokopedia karena seringkali harganya selisih jauh meski barang yang dijual sama persis.

Ada beberapa pengalamanku yang menurutku perlu ku-share. Saat aku memesan sebuah micro sim cutter, sudah kutransfer sejumlah 130-an ribu rupiah, ternyata penjualnya sudah tidak eksis lagi. Nah, diemailku langsung mendapat konfirmasi kalau uangku sudah dipindahkan di deposit accountku di Tokopedia. Kemudian, dari depositku di Tokopedia aku melakukan withdrawal untuk mentransfer uangku kembali ke rekening mandiri. Jadi, dengan kejadian ini aku semakin yakin kalau sistem transaksi di Tokopedia menjamin pembelinya untuk tidak tertipu dengan penjual abal-abal dan tetap aman uang yang telah ditransfer, karena uang yang ditransfer tidak langsung masuk ke rekening penjual melainkan ke rekening Tokopedia terlebih dahulu.

Dalam bertransaksi di Tokopedia, aku menggunakan internet banking Mandiri, jadi transaksi yang kulakukan bisa lebih cepat di-approve pihak Tokopedia.

Nah soal cerita pembelian micro sim cutter-ku yang gagal ternyata ada hikmahnya. Setelah aku cari2 lagi penjual di Tokopedia ternyata ada penjual yang lebih murah menawarkan micro sim cutter dan dengan merek yang sama pula seharga 69 ribu dan jadi 75 ribu termasuk ongkos kirim. Wah untung yang pertama itu gagal, jadi dapet yang lebih murah, dan lebih bagusnya, penjualnya mengirimkan barangnya sangat cepat hanya satu hari sejak transaksi sudah sampai di rumah. Penjualnya juga memberikan informasi lewat sms mengenai pengiriman barang pesanananku jadinya tidak khawatir akan kepastian pengirimannya.

Oiya kita bisa memilih kurir pengirimannya, memakai JNE atau TiKi. Saat transaksi itu pula kita diminta memasukkan alamat pengiriman, bisa tidak sama dengan alamat rumah, nanti secara otomatis akan dikalkulasi oleh sistem berapa ongkos kirim yang harus kita tambahkan dalam transfer.
Aku sangat merekomendasikan Tokopedia untuk berbelanja online, tapi kita perlu jeli memilih penjual yang benar-benar menjual barang berkualitas dengan harga terbaik.

2. Bhinneka.com
Situs ini sudah kukenal sejak tahun 2005 saat aku akan membeli laptop pertamaku. Dulu aku sering menggunakan Bhinneka sebagai referensi produk-produk elektronik yang ingin kubeli walaupun aku tidak membelinya di Tokopedia.

Beberapa hari yang lalu aku membeli antivirus secara online di Bhinneka. Uang langsung kutransfer di rekening Mandiri Bhinneka. Lagi-lagi kugunakan internet banking mandiri untuk transaksi ini. Berbeda dengan Tokopedia yang menjembatani penjual dan pembeli, Bhinneka menjual barangnya sendiri. Sistem transaksinya lebih sederhana tapi tetap terjamin karena nama besar bhinneka yang sudah terpercaya dalam bisnis online. Pengiriman barangnya pun tergolong cepat yaitu dua hari setelah transaksi sudah sampai di tujuan.

3. Gramediashop.com
Situs ini kutahu dari website kompas. Terang saja karena Gramedia Shop merupakan salah satu unit bisnis online Grup Kompas Gramedia. Gramedia Shop merupakan situs yang menjual buku-buku, majalah, bahkan tiket konser. Aku sudah dua kali berbelanja melalui situs belanja online ini. Pertama aku bertransaksi dengan internet banking BNI dan yang kedua dengan internet banking BCA. Dua bank yang kusebutkan ini memudahkan transaksi di Gramedia Shop karena transfer bisa ditujukan ke rekening Kompas Cyber Media yang ada di salah satu dari kedua bank tersebut.

Untuk pengirimannya berdasarkan pengalamanku baru sampai paling cepat sekitar tiga hari sejak transaksi. Nama besar Kompas Gramedia membuatku nyaman bertransaksi di website ini, terlebih diskon 15 % untuk sebagian besar buku-buku yang dijual sangat menggodaku untuk berbelanja di situs ini.

TIPS berbelanja Online:
1. Pilih situs belanja online yang punya nama besar ataupun reputasi yang terpercaya
2. Mempunyai fasilitas internet banking dari bank-bank besar nasional sangat membantu mempermudah transaksi.
3. Cari yang menawarkan promo, diskon, dan harga terbaik, namun tetaplah bijak dalam berbelanja.

Berbelanjalah berdasar skala prioritas.
Selamat berbelanja online!














No comments:

Post a Comment