Monday, August 12, 2013

Pengalaman Tambah Daya Listrik PLN Gratis

Senin, 29 Juli kubaca berita di detik.com jika PLN mengadakan promo gratis biaya tambah daya sampai dengan 31 Agustus 2013. Tertarik dengan promonya, tanpa basa-basi langsung kutelpon contact center PLN di 123. Aku ingin menambah daya listrik di rumah yang semula 1300VA menjadi 2200VA.

Oleh petugas contact center, aku ditanya lokasi rumah, besaran penambahan daya yang diharapkan. Rumahku yang sudah memakai listrik pintar pra bayar, untuk penambahan daya ini tidak dikenakan biaya, kecuali diwajibkan untuk membeli token perdana minimal seharga Rp5000,-. Kuputuskan untuk memilih token seharga Rp50.000,-. Setelah data-dataku dikonfirmasi kembali, si petugas memberiku nomor registrasi yang mana aku diharuskan membayar biaya token sebesar 50rb melalui ATM Mandiri, BCA, atau BRI dengan masuk ke menu non tagihan listrik (non taglis).

Aku berpesan kepada si petugas jika di rumah pada jam kerja (hari senin s.d. jumat) tidak berada di rumah, jadi aku pesan agar petugas PLN-nya datang hari sabtu atau minggu saja. Nomor HP-ku kemudian dicatat, dan sang petugas contact center mencatat special request-ku dalam order penambahan daya. AKu juga diminta untuk menyerahkan fotokopi KTP pada petugas yang datang nantinya. Sang petugas juga tak lupa untuk mengingatkanku agar tidak memberikan tips kepada petugas yang akan menambah daya demi terciptanya PLN yang bersih.

Usai semua proses pemesanan tambah daya, aku langsung meluncur ke ATM Mandiri untuk mentransfer token sebesar 50rb melalui menu non taglis. Namun setelah kucoba berkali-kali, ternyata transaksinya tetap dinyatakan gagal. Aku langsung beralih ke ATM BCA, dan akhirnya berhasil juga.

Hari Rabu Sore 31 Juli, sepulang dari kantor tiba-tiba aku mendapat telepon dari orang tak dikenal. Ternyata aku ditelpon oleh petugas dari PLN yang akan menambah daya listrik. Si petugas bilang jika dia sudah berada di depan rumah di Tangerang Selatan, padahal hari senin sudah kuwanti-wanti kepada petugas call center untuk memberitahukan agar pelaksanaan penambahan dayanya dilakukan di hari Sabtu atau minggu saja. Kemudian kuberi penjelasan kepada si petugas yang sudah terlanjur datang ke rumah agar datang kembali pada hari sabtu, dan dia pun menyetujuinya.

"Ternyata cepat juga pelayanan PLN, cuma lewat telepon sudah ditanggapi dengan sangat cepat!", pikirku saat itu. Hari Sabtu, 3 Agustus 2013 si petugas datang lagi dan mengubah daya listrik di rumah menjadi 2200VA dengan mengganti MCB pada KWH Meter.

Aku memutuskan untuk mengubah daya listrikku yang lebih tinggi agar besok-besok tidak perlu repot-repot lagi mengurus tambah daya, disamping faktor gratisnya itu, he he.... padahal utnuk saat ini daya 1300VA sudah sangat mencukupi, tapi siapa tahu beberapa tahun mendatang kebutuhan listrik rumah tanggaku semakin tinggi. Selisih Tarif antara 1300 VA dengan 2200VA juga tidak begitu signifikan hanya Rp25,- per Kwh setelah kenaikan tarif dasar listrik tahap IV bulan Oktober 2013 nanti.

Kesimpulannya: Cukup mudah dan praktis untuk tambah daya. Hanya 5 hari bahkan sebenarnya bisa cuma 2 hari sudah tertangani. Dan yang paling penting, GRATISSSSSSSS!

2 comments:

  1. Di bogor petugas pemasang nakal mas..yg pas pasang meteran sy petugas pemasang ditelepon sama calo, calo mau kasi harga 1,1 juta untuk pemasangan daya tertentu..oleh petugasnya suruh minta 1,5 juta ke konsumen biar bisa bagi2 uang..itu pembicaraan lewat telepon

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk tambah daya ataupun pasang baru sebaiknya menghubungi langsung pln terdekat atau lebih praktis menghubungi contact center PLN di 123 agar lebih jelas dan transparan besaran tarifnya. Jika petugas pemasang minta bayaran segitu bisa Bapak laporkan ke contact center PLN. Biasanya tarif pemasangan ataupun tambah daya dibayarkan melalui transfer ATM ataupun bayar langsung di kantor PLN.

      Delete