Tuesday, July 8, 2014

Pengalaman Berbelanja di Tokopedia (Part 2)

Terakhir kali aku belanja di Tokopedia kira-kira lebih dari setahun yang lalu ketika membeli sebuah baby walker untuk latihan berjalan Manggala. Beberapa hari lalu, aku kembali berbelanja di Mall Virtual itu untuk membeli seperangkat mainan Lego untuk Manggala.

Pertama kali aku mencoba berbelanja online, ya di Tokopedia. Sebuah mall virtual yang menaungi berbagai toko online di dalamnya yang selama ini menawarkan keamanan dan kenyamanan berbelanja (yang menurutku cukup memuaskan). Baca ulasan saya sebelumnya: Tokopedia

Akhir-akhir ini si Manggala suka sekali nonton video Lego di Youtube. Dia senang dengan kejutan balok-balok lego yang disusun dan akhirnya jadi sebuah benda. Dia suka penasaran dengan benda apa yang terbentuk di akhir video. Aku jadi berpikir, kenapa tidak kubelikan Lego beneran ya, toh Lego adalah mainan edukasi yang merangsang kreativitas anak.

Setelah kubrowsing kesana kemari dari Blibli, Lazada, dan toko online yang khusus menjual Lego, akhirnya kupilih Lego Model City Fire Truck, yaitu seperangkat Lego yang bisa  membentuk replika mobil pemadam kebakaran. Kucari model itu di berbagai toko online, stoknya sudah habis, dan ternyata iseng liat di Tokopedia masih ada yang jual oleh Jabrick Rumah Lego seharga Rp295.000,-. Setelah ditambah ongkir ke Tulungagung totalnya menjadi Rp317.000,-. Kubandingkan dengan harga di toko online lain (meski stok habis), ternyata di Jabrick Rumah Lego menawarkan harga yang paling murah.

Transaksi di Tokopedia, kita tidak langsung mentransfer sejumlah uang ke penjual, melainkan harus ke rekening Tokopedia untuk mencegah penipuan. Kebetulan aku tidak menggunakan metode transfer melainkan menggunakan clickpay mandiri yang cukup praktis, tidak perlu konfirmasi ke Tokopedia tidak seperti jika kita transfer manual yang mengharuskan kita konfirmasi ke Tokopedia jika kita sudah mentransfer.

Usai transaksi, di inbox emailku terdapat email dari Tokopedia berisi konfirmasi order pesanan. Setelah barang dikirim oleh penjual aku juga mendapatkan email konfirmasi mengenai resi pengiriman yang bisa kita lacak melalui website kurir yang digunakan semacam jne.co.id.

Akhirnya Senin siang kemarin tanggal 7 Juli aku mendapat telpon dari istriku jika Lego pesananku sudah sampai rumah. Lumayan cepatlah, dari aku transaksi kamis 3 Juli, hanya 3-4 hari sudah sampai rumah.

Kalau kita sudah positif menerima barang yang kita pesan, maka kita bisa mengkonfirmasi jika barang pesanan kita sudah diterima di website Tokopedia yang tentunya kita harus login terbih dahulu. Disitu ketika kita sudah mengkonfirmasi barang diterima, baru uang pembayaran kita diteruskan ke penjual oleh Tokopedia. Kasihan juga kan penjualnya kalau kita menunda konfirmasi barang kita diterima. Setelah mengkonfirmasi kita juga dapat mengisi ulasan tentang penjual tersebut yang pastinya berguna bagi calon pembeli lainnya sebagai referensi jika mau berbelanja, dan jika ulasan kita positif tentunya akan meningkatkan kebonafitan si penjual.

Selalu bijaklah dalam berbelanja online!




3 comments:

  1. Belajan online jaman sekarang sudah menjadi kebutuhan pokok :)

    ReplyDelete
  2. Sistem tokopedia memang sudah baik untuk mencegah terjadinya penipuan online.. Saya juga sudah banyak melakukan pembelian barang di Tokopedia dan cukup puas karena pilihan pembayaran dan pengiriman membantu sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang betul sangat membantu sekali untuk sistem pembayarannya.. Saya sudah puluhan kali melakukan penjualan di Tokopedia..

      Delete